8 Ide Desain Loteng Rumah Lengkap dengan Tangganya

Sepertinya tidak banyak pemilik rumah yang tahu bahwa loteng rumah bisa disulap menjadi ruang menarik yang bisa difungsikan. Jadi nantinya, ruang-ruang di rumah Anda benar-benar bisa dimanfaatkan / difungsikan sepenuhnya sehingga tidak ada satupun ruang yang ‘menganggur’. 

Jika Anda belum memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana sebuah loteng bisa menjadi ruangan yang nyaman, menarik, dan berfungsi dengan baik, maka cek informasi berikut.



Deskripsi tentang Loteng Rumah

Istilah loteng ternyata berasal dari kata "lauteng" yang merupakan bahasa Hokkian, yang jika diterjemahkan secara harfiah bermakna “bagian paling atas dari sebuah bangunan”.

Loteng memang berada di bagian atas rumah tepatnya di antara atap dan langit-langit. Karena berada persis di bawah atap, maka loteng memiliki sudut miring di bagian atas mengikuti bentuk atap rumah yang kebanyakan model atap perisai dan pelana, khususnya di Indonesia. 

Jika Anda masuk ke area loteng, maka Anda akan melihat kayu-kayu besar berjajar yang merupakan kasau (rangka) rumah yang sekaligus berfungsi sebagai penopang genteng. Nah, untuk menciptakan suasana ruang yang terang biasanya atap loteng ini diberi skylight sehingga cahaya bisa masuk ke dalam ruangan.

Baca juga: Harga Atap Kaca Skylight

Tips Mengubah Loteng Rumah Menjadi Tempat yang Menarik




Secara konstruksi, loteng biasanya tidak difungsikan / dibiarkan kosong karena area ini cenderung gerah, sehingga kurang nyaman jika digunakan. Mungkin yang sering diaplikasikan pada loteng adalah untuk menaruh tandon air karena ketinggiannya cukup untuk meningkatkan debit tekanan air dari toren agar dapat menyalurkan air ke tempat tujuannya, misalnya ke kran, wastafel, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips mengubah loteng di rumah Anda menjadi ruangan yang bisa difungsikan yang tidak hanya sebagai tempat untuk diletakannya toren air.

1. Ubah Langit-langit Menjadi Lantai

Jika loteng akan difungsikan, sebagai ruang apapun itu, maka Anda pastinya akan masuk atau bahkan melakukan sejumlah aktivitas di dalam loteng. Artinya, Anda akan menginjakkan kaki di langit-langit atau plafon Anda. 

Agar langit-langit ini kuat menopang tubuh Anda dan juga sejumlah barang atau furniture yang akan Anda masukkan ke loteng, maka Anda perlu mengganti plafon dengan dak / lantai cor. 

Tapi untuk menutupi permukaan dak yang kasar dan kurang estetik, Anda tidak harus memasak keramik, cukup tutupi dengan vinyl yang lebih ringan dan mudah dipasang.

2. Perhatikan Konstruksi Atap

Sebelum membuat dak atau mengubah bagian apapun di area loteng, Anda harus terlebih dulu memastikan konstruksi atap rumah Anda cukup kuat dan jarak antara lantai loteng dengan atap rumah cukup nyaman jika ruang ini difungsikan. Jadi jangan sampai ruangannya terlalu sempit atau pendek.

Umumnya, jarak antara plafon rumah dengan genteng adalah sekitar 1 meter, jadi area loteng Anda memiliki ketinggian 1 meter. Tapi jika ingin membuat ruangan di loteng, setidaknya Anda harus memiliki ketinggian loteng 2-3 meter agar saat berjalan tidak menunduk.

3. Pasang Insulator

Salah satu cara untuk menyiasati hawa panas atau gerah di area loteng adalah memasang insulator. seperti polyurethane, glass wool, atau aluminium foil. Anda bisa pasang insulator tepat di bawah genteng agar panas matahari bisa terserap insulator dan tidak langsung masuk ke loteng. 

Lalu agar bagian genteng tidak tampak dari dalam loteng, maka setelah insulator tadi Anda bisa memasang papan-papan kayu atau material penutup atap lain yang bisa membuat loteng Anda memiliki atap/plafon.

4. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Harus Bagus

Agar tidak pengap, Anda bisa menambahkan jendela di area loteng atau juga memasang AC jika memungkinkan. Bersamaan dengan ini, pencahayaan alami juga dibutuhkan agar loteng tidak terlalu gelap, misalnya dengan menambahkan skylight (jendela atap).

5. Akses ke Loteng

Agar mudah untuk naik turung dari dan ke loteng, maka Anda perlu memberikan akses berupa tangga dengan ukuran, bahan, dan posisi yang bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan di bawah loteng.

6. Furniture Fit in

Jika nantinya ruangan di loteng sudah siap, pilihlah furniture dengan ukuran dan bobot yang ideal dan sebaiknya menggunakan furniture multifungsi mengingat area loteng yang tidak seluas ruangan lain di dalam rumah.

Ide Desain Tangga Loteng dari Kayu


Terkait dengan akses menuju loteng rumah, berikut adalah beberapa contoh ide tangga untuk loteng yang terbuat dari kayu yang bisa Anda tiru:

1. Desain Tangga Loteng Tidak Makan Tempat

 


Anda bisa menempatkan tangga di sudut ruang agar tidak memakan tempat dan menganggu aktivitas di ruangan bawah loteng. Anda bisa meniru model tangga sebelah kiri untuk memaksimalkan sudut ruang dan terlihat estetik, atau juga mencoba desain tangga sebelah kanan yang lebih simpel.

Baca juga: Model Tangga Rumah Minimalis dan Modern

2. Tangga Loteng Lipat



Ide desain tangga yang satu ini sangat minim tempat karena bisa dilipat saat tidak digunakan. Jika ruangan di bawah loteng Anda sempit atau kebetulan menjadi akses jalan, maka Anda bisa coba ide ini.

3. Tangga Loteng Model Spiral



Tangga loteng dari kayu dengan desain spiral juga bisa dicoba karena bisa menghemat ruang namun tetap optimal digunakan. Tapi biasanya desain ini lebih sulit dibuat daripada tangga lurus. Anda dapat mengkombinasikan tangga besi dengan bahan kayu sehingga tampilannya akan lebih menarik.

4. Tangga Loteng Melayang atau Floating Stairs


Jika ingin desain yang lebih unik sekaligus estetik, Anda bisa coba desain anak tangga seperti gambar di atas yang sekilas terlihat seperti melayang dan tidak beraturan. Untuk kenyamanannya, perhatikan juga ukuran dan juga jumlah anak tangga yang dipasang. Lengkapi dengan railing untuk keamanan pengguna.


Ide Model Loteng Minimalis

Jika tertarik untuk memanfaatkan loteng menjadi ruang yang bisa difungsikan namun belum memiliki ide yang tepat untuk menjadi ruang apa, berikut beberapa inspirasinya:

1. Loteng Dijadikan Kamar Tidur yang Nyaman 




Anda bisa mengubah loteng menjadi kamar yang nyaman bahkan lengkap dengan kamar mandi dalam seperti pada gambar di atas. Bagian atap tampak diberi skylight agar loteng tidak gelap dan beberapa lampu kecil juga ditambahkan untuk mempercantik atap.

Baca juga: Ide Desain Kamar KPop Kekinian

2. Ide Loteng Dijadikan Ruang Kerja 



Jika ketenangan dalam bekerja sangat Anda butuhkan, maka Anda bisa mengubah loteng menjadi ruang kerja yang nyaman dengan menambahkan meja kerja, kursi, rak buku, kursi baca, dan sedikit sentuhan alam dengan menambahkan tanaman hijau dalam vas.


Baca juga: Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah

3. Ide Desain Loteng Dijadikan Ruang Yoga 




Apakah Anda suka yoga? Maka lakukan kegiatan yang membutuhkan ketenangan ini di loteng yang sudah disulap menjadi ruang olahraga bertema rustic.

4. Ide Desain Loteng Dijadikan Perpustakaan


Jika koleksi buku Anda sudah sangat banyak dan tidak ada lagi tempat di ruang kerja atau kamar tidur, maka Anda bisa memanfaatkan loteng menjadi perpustakaan pribadi yang tenang dan nyaman.

Ubah loteng rumah Anda menjadi ruangan yang bisa dimanfaatkan seperti beberapa contoh di atas agar tidak ada lagi bagian rumah yang kosong dan bahkan dengan beberapa furniture serta penataan yang tepat, ruang kecil ini bisa menjadi tempat yang nyaman sekaligus eye catching. 

0 Response to "8 Ide Desain Loteng Rumah Lengkap dengan Tangganya"

Posting Komentar