6 Rekomendasi Model Tangga Besi Indah dan Menarik

Membangun rumah tingkat dengan dua lantai bisa dijadikan pilihan yang pas. Pastinya untuk mewujudkan hal ini, kamu perlu elemen penting seperti tangga untuk naik dan turun lantai. 

Dalam memilih model, bahan dan ukuran tangga, kamu tentu tidak dapat sembarangan menentukannya karena ini sangat berpengaruh terhadap kenyaman, keamanan dan tentu saja keindahan dalam rumah nantinya. Salah satu model tangga yang bisa dijadikan pilihan adalah tangga besi atau juga dikenal tangga trap.

Tangga trap yang terbuat dari bahan material besi atau stainless bisa dijadikan sebagai alternatif untuk kamu yang sedang merenovasi atau membangun rumah desain minimalis.

Tangga besi ini dikatakan minimalis karena bentuknya yang minimalis. Rangka tangga ini umumnya terbuat dari besi UNP atau besi WF.



Keunggulan Tangga Besi

Sebelum membahas mengenai pilihan model dari jenis tangga besi, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan kamu untuk memilihnya ataukah tidak. 

Model tangga besi ini semakin banyak diminati karena memiliki banyak keunggulan atau kelebihan tersendiri. Berikut ini sejumlah kelebihan tangga besi dibandingkan dengan tangga kayu atau tangga beton:


  • Tidak mudah keropos
  • Mudah untuk didesain menjadi tangga dengan bentuk yang beraneka ragam dan sangat indah
  • Banyak pilihan warna cat yang bisa digunakan
  • Kuat

Kelemahannya: besi memiliki sifat korosif sehingga mudah mengalami karatan. Untuk mengatasinya cukup ditambahkan pelapis anti karat sebelum pengecatan. Lapisan anti karat tersebut akan menjadikan  cat semakin lengket sehingga cat tidak mudah mengelupas. 

Selain itu, anti karat yang diaplikasian pada tangga besi akan mampu memberikan perlindungan penuh sehingga tangga besi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.



6 Model Tangga Besi yang Recommended untuk Hunianmu

Untuk memudahkan kamu yang ingin membuat berbagai jenis tangga, baik untuk kebutuhan rumah, kantor dan lainnya, kami hadir demi memudahkan kamu dalam pembuatan tangga yang berkualitas dan pastinya yang sesuai dengan keinginan kamu. 

1. Tangga Besi Melayang 

Desain tangga besi melayang ini memang unik dan menarik. Anak tangga dibuat seperti melayang, sementara itu hand railingnya didesain minimalis seperti tidak saling terhubung dengan struktur rangka tangga yang lain. 

Tangga besi melayang ini sangat cocok diterapkan pada hunian bergaya rustic atau juga untuk bangunan industrial. 

2. Tangga besi lurus, 

Tangga besi model lurus merupakan desain tangga yang dibuat menerus dari bawah ke atas tanpa adanya belokan. 


Model tangga besi lurus ini bisa diaplikasikan untuk indoor ataupun outdoor. Kamu membutuhkan area yang cukup luas untuk mendirikan tangga jenis ini, karena sifatnya yang lurus dari atas ke bawah.


3. Tangga besi L

Tangga besi ini mirip tangga lurus yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan tetapi pada ketinggian tertentu didesain berbelok arah sehingga menyerupai huruf L.

Tangga besi L ini banyak digunakan untuk menuju lantai loteng atau jemuran pada hunian minimalis modern.

Baca juga: Desain Tangga Loteng Rumah dari Kayu


Tangga besi model L ini tentunya tidak akan menyebabkan makan tempat. Untuk menghemat biaya pemasangannya, kamu bisa memasang hand rail (pegangan rambat) pada satu bagian saja. Sedangkan bagian lannya cukup menggunakan dinding pembatas. 

4.  Tangga Besi Multiplek

Tangga besi kombinasi multiplek ini merupakan perpaduan antara rangka tangga besi dengan anak tangga yang berbahan kayu. Jadi desain tangga besi kombinasi kayu ini akan semakin memperindah interior bangunan rumah kamu. 

Dengan adanya ornament kayu pada tangga besi tersebut membuat bangunan akan lebih nampak homey dan hangat. Selain itu, kesan minimalis dan klasik juga akan semakin nampak jelas mendukung konsep ruangan yang ada.




Jenis kayu yang biasanya dikombinasikan dengan rangka tangga besi adalah multiplek berkualias. Kayu multiplek ini difungsikan sebagai anak tangga, sementara pada bagian railing dan rangkanya memakai bahan besi atau stainless. 




Sebagai tambahan informasi, multiplek merupakan bagian dari jenis triplek namun terbuat dari material kulit kayu yang disusun serta direkatkan dengan cara berlapis-lapis. 

Agar kuat, dalam proses pembuatannya multiplek harus dipress dengan mesin khusus sehingga teksturnya semakin rapat, tahan air dan memiliki daya tahan yang cukup baik untuk dijadikan alas pada anak tangga. 


5. Tangga Besi Spiral 

Tangga besi spiral atau juga tangga putar ini juga cukup banyak dipilih sebagai penghubung antara lantai bawah dan lantai atas pada sebuah bangunan. 


Tangga besi putar ini banyak ditemukan pada rumah dengan luas terbatas. Biasanya model tangga seperti ini banyak dipakai dan diletakkan di luar ruangan. 

Karena terbuat dari material besi, tangga spiral yang diletakkan di luar ruangan ini akan lebih tahan terhadap berbagai risiko kerusakan.


6. Tangga Spiral Kombinasi Besi dan Kaca Transparan



Tangga spiral besi pun juga bisa dikombinasikan dengan kaca sebagai anak tangganya. 

Tangga spiral kombinasi besi dan kaca ini merupakan salah satu model tangga masa kini yang cukup unik dan menarik. 

Penerapan model tangga spiral besi kombinasi kaca ini dapat memberi kesan estetik pada sebuah hunian. 

Pada hunian yang bergaya modern, tangga spiral kaca transparan ini sangat cocok digunakan. Material kaca digunakan untuk anak tangga. Dan sementara itu pada bagian railingnya dapat menggunakan rangka besi atau stainless.

Jenis kaca yang digunakan untuk tangga spiral ini tentunya menggunakan kaca khusus yang kuat sehingga tetap aman terjaga.


Biaya Pemasangan Tangga Besi Minimalis


Harga tangga besi tentunya tergantung pada model, ukuran, dan bahan yang diinginkan. 

Sebagai informasi tangga besi minimalis biasanya dihargai Rp 800.000 sampai Rp. 1.200.000 per meternya. Dengan harga yang relatif murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati manfaat dari tangga besi dengan berbagai model.

Adapun harga tersebut biasanya menggunakan spesifikasi besi seperti berikut ini:

Material :

  • Bingkai Holo, 4×6 cm,
  • Pijakan Holo 4×4 cm,
  • Besi siku dengan Pijakan Tangga Bordes tebal 2,4mm dan berjarak kurang lebih 28 cm x 60 cm.


Setelah mengetahui beberapa model tangga besi masa kini yang banyak digunakan dan cukup popular di dunia konstruksi, apakah ada salah satu yang membuat kamu tertarik untuk memilikinya? Untuk kamu yang ingin memiliki tangga besi dengan kombinasi bahan lainnya seperti kombinasi kayu atau kaca tidak perlu bingung, karena sekarang ini banyak sekali jasa pembuatan pagar, tangga, atap, hingga plafon berbahan besi.

0 Response to "6 Rekomendasi Model Tangga Besi Indah dan Menarik"

Post a Comment