Spesifikasi Ukuran Besi Siku, Jenis, dan Kegunaannya

Besi siku atau juga dikenal L-bracket adalah batang besi berpenampang siku. Diproduksi dengan ukuran sudut 90 derajat membuat besi siku ini menjadi salah satu struktur penyangga ataupun elemen penguat atau penstabil pada berbagai macam konstruksi.

Besi siku memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan tujuan penggunannya. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sering kali dapat kita jumpai berbagai konstruksi berbahan besi siku. Baja profil siku ini sering ditemui pada struktur rangka batang (truss) atau strukur ringan lainnya, bukan sebagai kolom dalam suatu bangunan.


Kegunaan Besi Siku


Sebelum beranjak ke ukuran besi siku, sebaiknya kamu ketahui dulu kegunaannya dalam bidang konstruksi. Besi siku tidak hanya digunakan di lingkungan rumah tinggal, akan tetapi juga dibutuhkan di bangunan komersial, sebagai contoh untuk pembuatan pagar besi, gerbang, dan konstruksi tangga; konstruksi menara pemancar/radio/penyangga tangki air; rangka reklame atau billboard, teralis jendela; rangka rak buku, rak minimarket, rak etalase; dan sebagainya.

Konstruksi Rangka Penyangga Tandon 


Rangka Rak dari Besi Siku


Spesifikasi dan Ukuran Besi Siku


Besi siku (angle bar) adalah material logam besi atau plat besi yang dibentuk menyiku dan dilapisi dengan lapisan anti karat. 

Ukuran besi siku diproduksi dengan panjang standar 6 meter per batangnya. Namun, untuk ukuran lebar penampang dan ketebalan besi siku diproduksi lebih bervariasi. Adapun ukuran penampang besi siku yang tersedia yakni 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Sedangkan untuk ukuran ketebalannya berkisar 1,4-3,4 mm.

Misalnya, besi siku dengan penampang 50×50 mm dengan beberapa ketebalan mulai dari 2,2 mm, 2,4 mm, 3,2 mm, dan 3,4 mm.

Besi siku memiliki daktilitas yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan di berbagai konstruksi umum. Meskipun demikian, baja profil siku ini urang mendukung apabila digunakan untuk konstruksi yang terlalu berat.

Jenis Besi Siku

Besi siku ini memiliki berbagai model yang cukup beragam dan dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Hal ini tujuan agar para penggunanya dapat memilih dan menyesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyeknya. Inilah 3 jenis besi siku dan fungsinya yang berbeda, yaitu:


1. Besi Siku Sama Sisi



Untuk jenis besi siku yang pertama adalah siku sama sisi. Sesuai dengan namanya baja profil siku ini mempunyai panjang yang sama pada sisi-sisinya. Sebagai contoh, ukuran besi siku sama sisi adalah 40 mm x 40 mm atau 4cm x 4cm yang artinya kedua sisinya memiliki panjang 2 cm. Adapun panjang per batangnya 6 cm. 

2. Besi Siku Berlubang



Jenis besi siku selanjutnya adalah baja profil siku berlubang. Hal ini dikarenakan pada sisinya mempunyai lubang dengan fungsi tersendiri. Lubang tersebut biasanya digunakan sebagai tempat perekat baut, sehingga ketika dipasang dapat dihubungkan dengan bahan lainnya. Misalnya baja profil siku yang digunakan untuk pembuatan rak minimarket ataupun rak buku.

3. Besi Siku Tidak Sama Sisi



Dan yang terakhir adalah baja profil siku tidak sama sisi. Seperti namanya, jenis besi siku ini memiliki panjang sisi yang berbeda. Sebagai contoh ukuran besi siku tidak sama kaki adalah 100 mm x 75 mm, 125×75 dan 150×90.


Kelebihan dan Keunggulan Besi Siku


Besi siku memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini adalah kelebihan besi siku yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis besi lainnya.

  • Kokoh dengan Daktilitas Tinggi

Meskipun berbentu plat besi, baja profil siku ini memiliki daktilitas yang tinggi. Daktilitas merupakan kuat tahan dari sebuah logam besi apabila diberikan beban tarik.

Dengan demikian, besi siku ini tidak mudah memuai sehingga ukurannya tidak akan bertambah atau menyusut ketika mendapatkan beban tarikan.

  • Material Serbaguna

Baja profil siku ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam proyek, baik untuk konstruksi struktural maupun arsitektural, dari interior hingga eksterior. Karena fleksibilitasnya, besi siku ini mudah dibentuk dan diaplikasikan.

Besi siku juga dapat beradaptasi menjadi material struktural, seperti kerangka tangga, kerangka pintu, pagar rumah, teralis jendela, dan furniture lain yang bergaya industrial.

  • Anti Karat

Keunggulan baja profil siku yang lain adalah sifatnya yang anti karat. Dalam proses produksinya, bahan dasar besi siku ini dilapisi dengan pelapis anti karat.

Itulah mengapa besi siku ini sering dipilih untuk digunakan sebagai struktur konstruksi luar ruangan seperti rangka menara pemancar/tandon, gerbang, pagar dan lain sebagainya. Meskipun demikian, sebaiknya tetap berikan pelapis anti karat setelah pekerjaan selesai, terutama pada bagian setiap ujung besi siku yang terpotong dan lubang bautnya.

0 Response to "Spesifikasi Ukuran Besi Siku, Jenis, dan Kegunaannya"

Post a Comment