Manfaat Besi Sesuai Jenis Produknya

Manusia dalam menjalani kehidupannya tidak bisa terlepas dari besi. Sebagai contoh, pemanfaatan besi di berbagai perusahaan manufaktur yang hasil produksinya digunakan oleh masyarakat seperti komponen untuk mendirikan bangunan.

Besi berperan penting untuk penulangan beton dan struktur konstruksi lainnya. Dari industri konstruksi saja sudah sangatlah beragam manfaat besi yang disesuaikan jenis besi yang ada. Belum dengan industri-industri lain seperti otomotif, perkapalan, dan lain-lain. 


Jenis besi dalam industri konstruksi dapat dibagi berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Dalam hal ini memang penting untuk mengenal terlebih dahulu jenis-jenis besi sehingga semakin banyak dipetakan manfaat besi dalam proses konstruksi bangunan. 


Ini Lho Jenis Produksi dan Manfaat Besi Untuk Bangunan!


Besi adalah logam yang keras dan kuat serta banyak sekali manfaatnya, misalnya sebagai bahan pembuat senjata, peralatan atau mesin, untuk kebutuhan konstruksi bangunan, dan sebagainya. 

Secara khusus, akan kami jelaskan beberapa jenis besi yang secara umum banyak digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Apa saja jenis dan manfaat besi untuk dunia konstruksi? Temukan jawabannya di bawah ini.



1. Sekrup dan Baut

Sekrup dan Baut

Di dalam pekerjaan konstruksi, sekrup dan baut merupakan dua elemen penting yang tidak bisa dipisahkan, terutama dalam konstruksi baja ringan. 

Sekrup adalah sebuah batang logam besi berukuran kecil yang memiliki ulir pada bagian batangnya.  Bagian ulir tersebut akan mampu menghasilkan daya ikat yang kencang dan kuat dengan baut yang dipasangkannya. 

Sekrup dan baut digunakan secara bersama-sama yang difungsikan untuk menggabungkan dua objek atau lebih secara bersama-sama. Dengan kata lain, kedua elemen ini digunakan untuk mengencangkan sambungan secara tidak permanen, yaitu sambungan yang dapat dibongkar-pasang.


2. Paku

Paku



Paku adalah logam besi keras yang pada bagian ujungnya berbentuk runcing sehingga mampu menyatukan dua benda dengan tujuan berbagai kebutuhan. Mulai dari konstruksi gedung tinggi, jembatan, hingga pembuatan furniture seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya membutuhkan paku.


3. Besi Beton

Besi Beton Bertulang

Jika diperhatikan hampir semua bagian dari struktur bangunan membutuhkan jenis besi beton ini. Manfaat besi beton sendiri umumnya sebagai tulangan pada pondasi bangunan yang kemudian disebut beton bertulang. 

4. Besi Siku

Besi Siku Berlubang

Besi siku atau juga dikenal l-bracket adalah batang besi berpenampang siku di mana membentuk sudut 90 derajat. Penggunaannya sangat jamak dijumpai pada konstruksi tangga, menara pemancar/radio, rak buku, rangka billboard (baliho, megatron, dll.); dan sebagainya. 

5. Besi Wide Flange

Manfaat Besi Wide Flange

Besi wide flange atau disingkat WF merupakan besi dengan kandungan karbon sehingga sering disebut juga sebagai baja wide flange. Baja WF ini memiliki kuat tekan dan tarik yang bagus. Selain itu, baja wf juga memiliki ketahanan terhadap segala suhu.

Meskipun baja WF ini memiliki struktur kepadatan yang tinggi, bobotnya tidak terlalu berat. Manfaat besi WF adalah membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat, kokoh dan pengerjaannya pun menjadi lebih efisien.



6. H-beam

Manfaat Besi H-Beam


Sesuai dengan namanya, besi H-Beam berbentuk balok menyerupai huruf H dan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan hot rolled. Dalam proses pembuatannya menggunakan cenai panas yang kemudian di-pelat lalu dilakukan pengelasan.

Adapun perbedaan baja WF dan H-Beam bisa dilihat dari fungsinya. Fungsi dari H-Beam ini banyak dimanfaatkan untuk pekerjaan proyek konstruksi gedung tinggi dan juga jembatan. Dan besi H-Beam ini digunakan sebagai pasangan dari baja profil WF ketika pemasangan tiang struktur gedung.


7. Besi UNP dan CNP



Kedua jenis besi ini dikenal sebagai besi kanal, yaitu besi kanal U dan besi kanal C. Untuk Besi UNP memiliki bentuk huruf U yang bagian atasnya terbuka dan besi CNP memiliki penampang yang menyerupai huruf C. 

Besi kanal U biasa digunakan sebagai balok penutup pada atap serta penopang pada dinding. Sedangkan besi kanal C ini banyak dimanfaatkan untuk konstruksi besi pada rangka atap dan rangka lainnya. 

Itulah ulasan mengenai manfaat-manfaat besi dalam dunia konstruksi. Dalam manfaat besi menurut sains, besi dan berbagai jenis logam lainnya adalah material yang jika dipanaskan akan mencair dan apabila didinginkan akan membeku, sehingga besi selanjutnya dapat diubah ke dalam berbagai bentuk untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia, sesuai dengan inovasi yang mereka kembangkan. 

Dari besi, manusia bisa membuat perkakas rumah tangga, mobil, kereta api, kapal laut, dan bahkan pesawat terbang.

Semua jenis besi bangunan yang telah disebutkan di atas memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama, yaitu agar konstruksi yang dibangun bisa berdiri kokoh. 

Sebenarnya masih banyak lagi komponen atau material konstruksi yang terbuat dari besi seperti pintu besi, engsel, kusen besi galvanis, dan lain sebagainya.

0 Response to "Manfaat Besi Sesuai Jenis Produknya"

Post a Comment