Ini Lho Ukuran Besi CNP, Fungsi, Keunggulan dan Harganya!

Pekerja konstruksi dituntut untuk mengetahui ukuran dari material yang akan digunakan dan sekaligus jumlah yang dibutuhkan. Termasuk ukuran besi CNP yang akan menjadi tema pembahasan pada artikel di bawah ini.

Besi CNP juga dikenal dengan sebutan Kanal C, C-channel, atau Profil baja C karena memiliki bentuk yang menyerupai huruf C. Profil baja ini memiliki banyak sekali fungsi tergantung ukuran besi CNP itu sendiri. Namun umumnya Kanal C ini banyak digunakan sebagai rangka atap bangunan. Selain itu, besi CNP ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan pagar, dudukan penutup atap bangunan, elemen arsitektural, dan rangka kanopi untuk carport mobil.

Berapa harga dari jenis besi tersebut? Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang jenis besi yang satu ini, maka simak langsung informasinya di dalam artikel ini! Pastikan untuk membaca artikel hingga selesai agar mendapat informasi lengkap!



Apa Itu Besi CNP?


Besi kanal dibutuhkan dalam pembangunan berbagai jenis konstruksi bangunan. Terdapat dua jenis besi kanal yang digunakan yaitu besi kanal CNP dan besi kanal UNP. Seperti apa jenis besi kanal CNP?

Besi CNP merupakan jenis besi kanal yang terbuat dari besi plat atau plat coil. Bahan utama tersebut berupa lembaran galvalum atau baja yang memiliki lapisan chrome.

Proses pembentukan dan pembuatannya menggunakan metode cutting atau bunding, sehingga memiliki bentuk menyerupai huruf C. Proses pembuatan jenis besi ini juga memanfaatkan berbagai teknologi canggih. Hasilnya tentu saja berupa CNP yang berkualitas dan kuat.

Rincian proses pembuatan CNP dimulai dari pemotongan plat besi, kemudian proses pembentukan besi hingga presisi dan seusai ukuran yang diinginkan. Proses akhirnya berupa finishing atau pendinginan besi.

Besi kanal CNP umumnya memiliki ukuran panjang 6 meter dengan ketebalan yang berbeda-beda.


Fungsi Besi CNP


Jenis besi kanal yang satu ini memiliki fungsi sebagai penguat suatu konstruksi. Selain itu, jenis besi ini dimanfaatkan dalam bidang otomotif dan bidang industri. Berikut ini informasi lengkap tentang fungsi-fungsi atau kegunaan dari besi kanal jenis CNP, yaitu:


1. Rangka Atap

CNP digunakan sebagai rangka atap suatu konstruksi bangunan. Misalnya, gedung, gudang, pabrik, dan berbagai jenis bangunan lainnya. Jenis besi ini dipasang seperti dua sisi samping segitiga sebagai penopang atap.

2. Penutup Dinding

Selain digunakan pada rangka atap, CNP juga dapat digunakan sebagai penutup dinding. Jenis besi ini akan tampak seperti logam pada dinding.

3. Balok Dudukan Penutup Atap

Balok dudukan penutup atap atau biasa disebut purlin juga dapat dibuat dari CNP. CNP dipilih sebagai purlin karena kuat dan mampu menopang beban benda yang ada di atasnya, seperti atap.

4. Pagar Bangunan

Selain untuk atap dan dinding, CNP juga dapat dimanfaatkan sebagai pagar suatu bangunan. Umumnya, pagar yang dibuat dari jenis besi ini adalah pagar yang tinggi.

Tentunya pagar dari jenis besi ini sangat cocok sebagai pagar pengaman bangunan. Hal ini karena pagar besi seperti ini kuat dan kokoh serta tidak mudah rusak.


Keunggulan Besi CNP


CNP memang sering digunakan sebagai salah satu bahan konstruksi bangunan. Jenis besi ini sering dipilih karena memiliki bayak keunggulan atau kelebihan. Apa saja kelebihan dari CNP? Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan jenis besi kanal yang satu ini, yaitu:


1. Kuat dan Kokoh

Keunggulan utama yang dimiliki CNP adalah karakteristiknya yang sangat kokoh dan kuat. Hal ini karena jenis besi ini terbuat dari berbagai material, seperti campuran karbon, nikel, alumunium, kromium, dan berbagai material kuat lainnya.

2. Pemasangannya Mudah Dilakukan

CNP juga termasuk jenis besi kanal yang mudah dipasang karena berbentuk seperti huruf C. Karakteristik tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pembangunan suatu konstruksi bangunan.

3. Tahan Terhadap Karat dan Rayap

Selain kuat dan kokoh, CNP juga merupakan besi yang tahan karat karena terbuat dari material berkualitas. Selain lebih tahan karat, CNP juga anti atau tahan terhadap serangan rayap.

4. Awet atau Tahan Lama

CNP yang memiliki karakteristik kuat, kokoh, tahan karat, dan anti rayap membuat jenis besi ini tahan lama. Tentu saja konstruksi bangunan yang memanfaatkan jenis besi ini akan lebih awet dan tahan lama serta dapat digunakan hingga berpuluh-puluh tahun.


Jenis Ukuran Besi CNP



Besi CNP memiliki ukuran standar panjang 6 meter. Namun, panjang dan ukuran besi dapat dibuat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Berikut ini beberapa jenis besi kanal CNP beserta ukuran dimensi dan beratnya, yaitu:

1. Besi Kanal CNP 60

Ukuran besi kanal jenis CNP 60 adalah 60 x 30 x 10 x 1,6 mm dengan berat kurang lebih 9,76 kg.

2. Besi Kanal CNP 75

Ukuran besi CNP 75 adalah 73 x 35 x 15 x 1,6 mm dengan berat sekitar 12,4 kg. Selain itu, ada juga yang memiliki ukuran 75 x 45 x 15 x 1,6 mm dengan berat 13,92 kg. Sementara besi dengan berat 19,5 kg memiliki ukuran 75 x 45 x 15 x 2,3 mm.

3. Besi Kanal CNP 100

Ukuran besi kanal jenis CNP 100 adalah 100 x 50 x 20 x 2,3 mm dengan berat 17,5 kg dan 24,4 kg. Sementara itu, ada juga yang memiliki ukuran 100 x 50 x 20 x 3,2 mm dengan berat kurang lebih 33 kg.

4. Besi Kanal CNP 125

Ukuran besi kanal jenis CNP 125 adalah 125 x 50 x 20 x 2,3 mm dengan berat 27,1 kg. Ada juga yang memiliki ukuran 50 x 20 x 3,2 mm dengan berat kurat lebih 36,8 kg.

5. Besi Kanal CNP 150

Ukuran besi CNP 150 adalah 150 x 50 x 20 x 2,3 mm yang memiliki berat 29,8 kg. Sementara itu besi dengan berat 40,6 kg memiliki ukuran 150 x 50 x  20 x 3,2 mm.


Harga Besi CNP


Berapa harga CNP? Jenis besi ini memiliki harga yang cukup variatif. Biasanya tergantung dari jenis ukuran besi CNP dan mereknya. Harga tersebut juga ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya, kualitas besi, berat, dan lain sebagainya. Semakin besar dan berat ukuran besi CNP, tentu saja harganya akan semakin tinggi atau mahal.

Rata-rata harga besi CNP di pasaran adalah Rp 100.000 hingga Rp 900.000. Misalnya, CNP 60 dengan ukuran 60 x 30 x 10 x 1,6 mm dijual dengan harga Rp 76.000 hingga Rp 100.000. Sementara, CNP 150 ukuran 150 x 50 x 20 x 2,3 mm dijual dengan harga Rp 544.000 hingga Rp 700.000.


Karakteristik dan beberapa kelebihan yang dimiliki besi CNP membuat jenis besi ini digunakan untuk berbagai keperluan dalam suatu konstruksi bangunan. Ukuran besi CNP juga sangat beragam dan tentunya memiliki harga yang berbeda-beda tetapi tetap terjangkau.

0 Response to "Ini Lho Ukuran Besi CNP, Fungsi, Keunggulan dan Harganya!"

Post a Comment