Coil Baja Ringan Galvalum: Pengertian, Fungsi, Ukuran, dan Harga

Coil baja ringan atau galvalum digunakan untuk berbagai keperluan dalam konstruksi pembangunan. Material ini banyak dipilih karena memiliki kelebihan dibandingkan material lainnya. Memangnya, apa fungsi dari baja ringan? Berapa ukurannya? Berapa harga dari material bahan baku baja ringan itu?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilihnya. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang coil galvalum baja ringan dengan membaca artikel di bawah ini!




Apa Itu Coil Baja Ringan?


Apa yang dimaksud dengan baja ringan? Baja ringan atau coil galvalume merupakan salah satu bahan material yang memiliki peranan penting dalam konstruksi bangunan. Bahan baku baja ringan tersebut juga disebut dengan istilah CRC (Cold Rolled Coil).

Baja ringan atau coil galvalume terbuat dari beberapa bahan baku yaitu alumunium (55%), seng/ zink (43,4%), dan silikon (1,6%).

Kandungan unsur aluminium yang tinggi membuat baja ringan lebih awet dan tahan terhadap korosi atau karat. Selain itu, meskipun ringan dan tipis, jenis material yang satu ini tetap memiliki karakteristik kuat dan kukuh

Oleh karena itu, baja ringan sering digunakan sebagai pengganti baja konvensional untuk pembuatan rangka atap bangunan. Baja ringan juga dapat digunakan sebagai pengganti kayu dalam struktur rangka bangunan.

Baca juga: Ini Alasan Rangka Baja Ringan Mampu Menopang Atap genteng dengan Baik dan Kokoh!

Proses pembuatan baja ringan dilakukan dengan metode continuous hot dipped. Saat ini metode tersebut juga dikenal dengan nama NOF (Non Oxides Furnace). Hasilnya berupa baja ringan dengan kualitas tinggi dan harganya pun ekonomis.


Fungsi Coil Baja Ringan



Coil galvalume sebagai bahan baku baja ringan memiliki banyak fungsi atau kegunaan. Memangnya, apa saja fungsi dari bahan baku baja ringan atau coil galvalum? Berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan dari coil galvalume, yaitu:

1. Dapat Digunakan sebagai Rangka Bangunan

Coil baja ringan dapat digunakan sebagai bahan baku baja ringan yang cocok untuk rangka bangunan. Hal ini karena baja ringan kuat, kukuh, dan awet. Baja ringan juga tahan terhadap serangan rayap, jamur, dan anti karat.

Baja ringan dapat berfungsi sebagai konstruksi bagian atap maupun struktur penopang bangunan lainnya. Besarnya gaya tarik baja ringan sekitar 650 hingga 920 MPA, membuat baja ringan mampu menopang beban struktur bangunan.

2. Dapat Diolah Menjadi Berbagai Variasi Produk

Fungsi lainnya dari coil galvalume adalah sebagai bahan untuk membuat berbagai variasi produk lainnya. Beberapa contoh produk yang dibuat dari coil galvalume adalah canal-C, profil hollow, rng, spandek, genteng metal, bondek, dan lain sebagainya.


Ukuran Coil Baja Ringan


 

Coil baja ringan memiliki bentuk umum berupa gulungan. Namun, setelah diolah menjadi baja ringan bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung penggunaannya dalam struktur bangunan. Berikut ini ukuran dari baja ringan berdasarkan jenis atau kegunaannya, yaitu:

1. Baja Ringan Reng




Jenis baja ringan yang satu ini digunakan untuk penahan genteng atau tumpuan seng di atap. Bentuknya menyerupai trapesium tipis, tetapi memiliki daya tahan yang kuat. Secara umum baja ringan reng memiliki dua ukuran yaitu baja ringan reng kecil dan besar.

Ukuran baja ringan reng kecil yaitu 48 x 30 x 600 mm. Sementara itu, baja ringan reng besar memiliki ukuran 58 x 30 x 600 mm.


2. Baja Ringan Jenis Hollow




Baja ringan jenis hollow pada umumnya dilapisi dengan aluminium dan zink agar lebih kuat dan awet ketika digunakan. Jenis baja ringan yang satu ini sering ditemui sebagai material untuk pemasangan plafon bangunan.

Selain ringan dan kuat, baja ringan jenis hollow jug anti rayap, anti korosi, dan tidak dapat merambat api. Baja ringan hollow biasanya dapat ditemui dalam beberapa ukuran, yaitu:

  • Hollow 20/40 tebal 0.35-0.5 mm
  • Hollow 40/40 tebal 0.35-0.5 mm
  • Wall Angle tebal 0.35-0.5 mm ukuran 20x20 mm dan 30x30 mm
  • Angle Clip tebal 1.2 mm
  • ROD tebal 5 mm dan 6 mm


Secara umum, ukuran baja ringan Hollow juga dibedakan menjadi dua, yaitu:


  • Hollow model 2x4 dengan ukuran 15x30x0.3 panjang 4 meter
  • Hollow model 4x4 dengan ukuran 30x30x0.3 panjang 4 meter

3. Baja Ringan Jenis Kanal C





Baja ringan kanal C dapat digunakan untuk konstruksi bangunan kuda-kuda, atap, tiang dengan beban tidak berlebihan, dan lain sebagainya. Ukuran ketebalan baja ringan kanal C sekitar 0.6 hingga 1 mm. Sementara itu, lebarnya bisa mencapai 75 mm dengan tinggi 7 mm.

Berikut ini beberapa jenis ukuran baja ringan kanal C, yaitu:


  • Ukuran 5x35x1 mm dengan panjang 6 m
  • Ukuran 5x35x0.65 mm dengan panjang 6 m
  • Ukuran 5x35x0.70m dengan panjang 6 m
  • Ukuran 5x35x0.60 mm dengan panjang 6 m


4. Baja Ringan untuk Kuda-kuda





Baja ringan yang digunakan sebagai kuda-kuda suatu konstruksi bangunan memiliki ukuran yang beragam. Baja ringan dengan ketebalan 0.75 mm dapat digunakan untuk konstruksi kuda-kuda dengan jarak 80 cm hingga 1,2 meter.

Sementara itu, baja ringan dengan ketebalan 1 mm dapat digunakan untuk kuda-kuda yang memiliki jarak 1 hingga 1.6 meter.


Harga Coil Baja Ringan



Berapa harga dari coil galvalume di pasaran? Harga coil baja ringan atau coil galvalum cukup bervariasi. Harga tersebut ditentukan oleh banyak faktor, seperti ukuran, kualitas, tempat jual, dan lain sebagainya.

Berikut ini informasi tentang harga coil galvalum sebagai material bahan baja ringan berdasarkan ukuran ketebalannya, yaitu:



No.

Ukuran Ketebalan

Harga per Kilogram

1.

Coil Galvalum 0.30 mm

Rp20.400

2.

Coil Galvalum 0.35 mm

Rp20.600

3.

Coil Galvalum 0.40 mm

Rp20.800

4.

Coil Galvalum 0.45 mm

Rp21.000

5.

Coil Galvalum 0.50 mm

Rp21.200

6.

Coil Galvalum 0.55 mm

Rp21.400

7.

Coil Galvalum 0.60 mm

Rp21.600

8.

Coil Galvalum 0.65 mm

Rp21.800

9.

Coil Galvalum 0.70 mm

Rp22.000



Harga coil galvalum tersebut tentu saja bisa berbeda-beda ketika Anda membelinya di toko yang berbeda. Namun, tetap pastikan bahwa Anda membeli baja ringan di tempat terpercaya agar mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Coil baja ringan sebagai bahan baku pembuatan baja ringan dapat digunakan untuk konstruksi struktur bangunan, baik sebagai rangka atap maupun rangka penopang. Harga baja ringan tersebut sangat tergantung dengan jenis dan ukurannya yang juga bervariasi.

0 Response to "Coil Baja Ringan Galvalum: Pengertian, Fungsi, Ukuran, dan Harga"

Post a Comment