6 Perbedaan Carport dan Garasi: Ini Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing!

Memiliki mobil berarti pemiliknya juga harus mempersiapkan tempat untuk mobil tersebut baik itu dalam bentuk carport ataupun garasi. Kebanyakan carpot dan garasi digunakan secara sinomim karena memiliki fungsi yang hampir sama. Padahal ada beberapa perbedaan carport dan garasi yang sebaiknya Anda ketahui.

Antara carport dan garasi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, sebelum membangun tempat parkir di rumah, sebaiknya ketahui dulu perbedaan carport dan garasi agar tidak menyesal kemudian.

Carport



Perbedaan Antara Carport dan Garasi


Dalam jenisnya, garasi dan carport dua-duanya dapat diistilahkan sebagai garasi. Namun, untuk membedakannya digunakan penyebuatan garasi hunian yang menyatu dengan rumah dan garasi carport yang terpisah dengan bangunan rumah. 



Carport memiliki keunikan dan perbedaan yang signifikan dari garasi. Berkut ini selanggkapnya 6 perbedaan carport dan garasi yang bisa dijadikan pertimbangan ketika ingin membuat tempat parkir mobil:

1. Definisi

Garasi mobil adalah tempat untuk menyimpan mobil yang dapat menghindari pencurian atau melindungi mobil dari terik matahari, hujan lebat atau embun di malam hari, sehingga dapat melindungi mobil dari asam yang terkandung di dalam embun.

Sedangkan carport adalah sejenis garasi namun terpisah dari hunian utama dengan struktur atap, namun tidak dilengkapi dengan penutup dinding secara penuh.


2. Ukuran Standarnya


Sejatinya ukuran carpot dan garasi tidaklah jauh berbeda. Pada umumnya ukuran carport yaitu lebarnya 3 meter dan panjangnya 7 meter atau bahkan lebih besar sesuai dengan kebutuhan pemilik kendaraan. Demi keindahan biasanya di sekitar carport akan ditambahkan taman atau beberapa tanaman.

Sedangkan garasi umumnya memiliki ukuran lebar 2,5 meter dan panjang 5 meter untuk kendaraan yang memang memilki ukuran tidak terlalu besar. Untuk kendaraan yang berukuran besar umumnya carport memiliki ukuran 3 x 6 meter. Ukuran ini bisa lebih besar lagi tergantung dengan jenis mobil dan juga rencana untuk menampung berapa mobil. 

Sebagai contoh, untuk dua mobil yang tentu saja membutuhkan ruangan garasi 2x lipat lebih besar dari ukuran standar. Hal ini pun juga berlaku sama untuk ukuran carport.

3. Struktur Pembangunan

Selanjutnya yang membedakan antara carport dan garasi dapat dilihat dari struktur bangunannya. Carport dibuat untuk melindungi kendaraan dari hujan ataupun terik panas matahari. Struktur dari konstruksi carport lebih simpel jika dibandingkan dengan garasi.

Struktur untuk membangun carpot adalah berupa kanopi empat tiang, tanpa konstruksi dinding atau salah satu atau dua bagiannya menggunakan konstruksi dinding.


4. Biaya pembangunan

Jika dilihat dari segi biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya, garasi terbilang lebih mahal dibandingkan dengan carport. Contohnya untuk membangun garasi satu akses keluar masuk kendaraan dan satu akses pintu masuk ke dalam rumah, Anda perlu menyiapkan budget mulai Rp10 juta. Anda juga perlu menyiapkan dana untuk pelaksanaan pekerjaan lantai dan/atau juga konstruksi atap atau dak beton.

Sedangkan untuk harga sebuah kanopi atau pun pembuatan dak beton carport, Anda hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta tergantung dengan material pembangunan dan ukuran yang Anda pilih.


5. Unsur atau Modelnya


Garasi memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan tujuan pembangunannya. Beberapa model atau jenis garasi yaitu sebagai berikut :

  • Garasi Underground

Garasi jenis ini diperuntukkan untuk memarkir mobil atau kendaraan jenis lain ke basement atau ruang bawah tanah. Garasi ini biasanya menggunakan pintu otomatis yang memang dipertuntukkan beberapa kendaraan mewah. 

  • Garasi Lantai Dua

Garasi ini dibangun di lantai dua sedangkan ruangan lainnya berada di lantai satu. Konsep garasi ini cocok diterapkan pada rumah di kawasan perbukitan.

  • Garasi dengan Pintu Kayu

Sesuai dengan namanya, garasi ini memiliki pintu yang berbahan kayu sehingga memiliki nilai artistik tersendiri.


Baca juga: Ukuran Garasi Mobil dan Ide Desainnya


Sedangkan carport memiliki jenisnya masing-masing yaitu sebagai berikut :


  • Carport dari bahan beton cor

Sesuai dengan namanya, carpot ini dibangun dengan beberapa atap rangka besi dan kemudian pada bagian atapnya dibuat dak beton yang menyatu dengan bagian ujung atap rumah.

  • Carport dengan kanopi

Carport dengan atap kanopi merupakan carport yang paling populer di Indonesia. Selain proses dan pebuatannya yang mudah, kesan artistiknya juga sangat terlihat mewah. Bahan yang bisa digunakan untuk carpot jenis ini adalah polikarbonat, spandek, kaca, dan lain sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Trimdek dan Spandek
 

    6. Kelebihan dan Kekurangan


    Baik carport maupun garasi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh, mobil yang diparkir di dalam garasi lebih minim kerusakan pada bagian body-nya karena garasi mampu melindungi seluruh bagian kendaraan dari udara lembab ataupun dari panasnya terik matahari. Selain itu, garasi juga melindungi kendaraan dari pencurian dan perusakan. 

    Berikut ini lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan antara carport dan garasi yang tersajdi dalam bentuk tabel:


    Tabel Perbedaan Carport dan Garasi Berdasarkan Kelebihan dan Kekurangannya

    Carport

    Garasi

    KELEBIHAN

    1.Dapat menampung banyak mobil

    2. Banyak variasi

    3. Terbuat dari beberapa bahan yang diambil dari alam.

    4. Dapat dilakukan pencucian mobil secara langsung di carport

    1. Terlindung dari hujan maupun panas terik sinar matahari

    2. Lebih aman dari risiko tindakan pencurian

    3. Multifungsi, dapat digunakan untuk bengkel, mengerjakan berbagai proyek termasuk pengecatan, pengerjaan kayu, dan perakitan.

    4. Ruang yang tersisa dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti sepeda atau mesin pemotong rumput. 

    KEKURANGAN

    1. Terpisah dari bangunan utama

    2. Carport melindungi kendaraan sampai taraf tertentu dari cuaca buruk, tetapi tidak melindungi kendaraan dari pencurian atau vandalisme.

    3. Biaya murah, cukup dengan membuat konstruksi kanopi

    1. Pengap udara

    2. Lebih sempit

    3. Membutuhkan bahan material pintu atau paagr yang cukup besar sebagai keluar masuk kendaraan.

    4. Lebih mahal.


    Perbedaan carport dan garasi yang paling mencolok adalah garasi memiliki pintu pengunci, sedangkan carpot hanya terbuat dari kanopi dan terbuka lebar. Jadi, garasi memiliki privasi dan keamanan yang lebih. Jika hal ini menjadi pertimbangan Anda, maka garasi adalah pilihan yang tepat. 

    0 Response to "6 Perbedaan Carport dan Garasi: Ini Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing!"

    Post a Comment