Ide Keramik, Desain dan Ukuran Garasi Mobil untuk Berbagai Kendaraan

Membuat garasi mobil merupakan kewajiban bagi setiap pemilik rumah yang memiliki mobil, terlebih di wilayah perkotaan. Jangan sampai, kamu mempunyai mobil tapi tidak mempunyai garasi yang akhirnya parkir mobil di pinggir-pinggir jalan yang tentu saja mengganggu para pengguna jalan, bahkan bisa membahayakan mereka. 

Lalu, bagaimana solusi untuk rumah yang memiliki luas tanah yang sempit? Temukan jawabannya di sini, dengan menyimak ulasan berikut mengenai sejumlah ide desain garasi mobil minimalis beserta ukurannya.



Pilihan Keramik Garasi Mobil

Meskipun hanya digunakan untuk mengamankan mobil dari cuaca luar, garasi mobil perlu dibuat senyaman mungkin, termasuk dalam hal pemilihan lantai keramiknya.

Pemilihan keramik pada garasi harus mendapatkan perhatian khusus. Pilihlah keramik yang kuat karena lantai garasi akan menahan beban mobil selama mobil tidak digunakan untuk keluar. Kualitas keramik yang bagus dan memiliki kekuatan yang baik akan tidak mudah mengalami keretakan. Dengan begitu, biaya pemeliharaan garasi akan dapat ditekan.

Selain kekuatan mutu keramik, keramik yang dipilih haruslah memiliki pori-porin yang kecil agar tidak mudah menyerap sisa oli bekas yang berceceran di lantai. Kamu akan lebih mudah membersihkannya sehingga lantai akan tetap terlihat bersih.

Selanjutnya pilihlah keramik yang memiliki permukaan yang bertekstur kasar. Hal ini bertujuan untuk menghindari permukaan lantai yang terlalu licin (unpolished). Jika tidak terlalu yakin, kamu bisa berkonsultasi dengan penjual keramiknya terkait dengan model keramik garasi yang paling tepat.

Beberapa rekomendasi keramik garasi mobil adalah merek Roman, Gemilang Emerald, Oscar, dan lain sebagainya. Jangan lupa memilih warna keramik yang tidak terlalu cerah karena garasi mobil ini mudah kotor.

Baca juga: Perbedaan Carport dan Garasi: Ini Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing

Ide-Ide Desain Garasi Mobil Minimalis

Terdapat berbagai macam desain garasi mobil yang bisa kamu pilih. Mulai dari garasi mobil untuk luas yang terbatas hingga desain garasi untuk lebih dari satu mobil. 

Diskusikan dengan pasangan untuk pemilihan desain garasi. Pastikan pemilihan desain memperhatikan tampilannya agar terlihat harmoni dengan bagian ruangan lainnya. Berikut ini adalah 5 ide garasi mobil yang menarik perhatian:

1. Garasi Mobil Minimalis yang Terkoneksi dengan Pintu Belakang Rumah

Desain garasi mobil yang pertama adalah garasi yang terkoneksi dengan pintu untuk masuk ke dalam rumah. Desain ini sangat cocok untuk kamu yang lebih memilih privasi sehingga terhindar dari pandangan luar rumah baik ketika masuk maupun keluar rumah.

2. Garasi Tanpa Pagar


Berbeda dengan desain garasi mobil yang pertama, model desain ini meniadakan tembok penghalang, sehingga terbuka lebar dan mudah dilihat oleh pandangan luar. Kelebihan dari desain ini adalah bangunan rumah akan terlihat lebih luas.

Desain yang satu ini cocok untuk kamu terapkan pada lingkungan rumah yang aman biasanya di wilayah desa atau kampung. Atau bahkan, desain ini juga bisa diaplikasikan untuk wilayah perumahan yang mempunyai petugas keamanan 24 jam sehingga terhindar dari kemungkinan tindakan pencurian. 

3. Garasi Mobil Tepat di Bawah Balkon (Untuk Rumah Minimalis 2 Lantai)



Desain garasi ini sangatlah cocok untuk diterapkan pada rumah berlantai dua. Keunggulan dari desain ini adalah memanfaatkan space atau ruang di bawah balkon yang masih kosong sehingga lebih bermanfaat. Jadi, penghuni tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk mendirikan garasi mobil secara khusus, seperti tidak perlu membeli carpot sebagai atap garasi. 

Desainnya yang minimalis dan modern sangat layak diterapkan pada zaman seperti sekarang ini. Sederhana, modern, dan ekonomis, bukan?


4. Garasi Multifungsi



Artinya garasi ini bisa digunakan untuk ruang "serba guna". Biasanya orang-orang memilih desain ini dikarenakan lahan yang sempit. Ketika mobil dipakai untuk keluar rumah, ruangan ini bisa disulap menjadi ruang tamu atau bahkan toko lho.

5. Garasi untuk Dua Mobil

Kebutuhan jumlah mobil pada setiap keluarga tentunya berbeda-beda. Untuk mereka dengan anggota keluarga yang masing-masing memiliki mobilitas yang tinggi kadangkala tidak cukup dengan hanya mempunyai satu mobil. 

Oleh karenanya, bagi kamu yang memiliki kendaraan lebih dari satu, misalkan dua, maka desain garasi mobil ini mungkin bisa dijadikan inspirasi.

Sejumlah ahli arsitektur menyampaikan bahwa ukuran garasi mobil untuk 2 mobil bisa dibuat dalam bentuk persegi dengan panjang 6 m, dan lebar 6 m, sementara tingginya bisa disesuaikan dengan tinggi kendaraan yang memiliki ukuran paling tinggi. 

Dengan adanya ruang lebih pada garasi ini membuat penghuni lebih leluasa ketika ketika ingin membuka pintu depan dan pintu belakang.


Ukuran Garasi Mobil untuk Berbagai Kendaraan


Setiap rumah tidak selamanya memiliki space yang cukup besar untuk membuat garasi. Inilah mengapa berikut akan dibahas ukuran garasi mobil yang paling ideal.

Pada dasarnya, membuat ukuran garasi mobil dengan menyesuaikan ukuran mobil itu sendiri tidak ada masalah. Namun, ada baiknya untuk memberikan space yang cukup sehingga pengguna dapat dengan mudah memarkir mobilnya dan goresan antara mobil dengan tembok pada bangunan garasi dapat dengan mudah dihindari.

Adapun ukuran umum dari kendaraan roda empat adalah sebagai berikut:

1. Mobil kecil dan sport:

  • Lebar: 1,5 – 1,8 meter
  • Panjang: 4,3 – 4,9 meter
  • Tinggi: 1,2 – 1,5 meter

 Jadi, ukuran garasi mobil yang ideal untuk mobil sport adalah kisaran 2,7 m x 6 m.


2. Van dan SUV:

  • Lebar: 1,8 – 2,1 meter
  • Panjang: 4,9 – 5,8 meter
  • Tinggi: 1,5 – 1,8 meter

Jadi, ukuran garasi yang cocok untuk jenis kendaraan ini adalah berukuran 3m x 6m.

3. Mobil besar dan mewah:

  • Lebar: 1,8 – 1,9 meter
  • Panjang: 4,9 – 5,5 meter
  • Tinggi: 1,4 – 1,5 meter
Jadi, ukuran garasi mobil untuk mobil mewah sebaiknya 3m x 6,4m.

Sementara itu berikut ini adalah tahapan dalam menentukan ukuran garasi mobil:

1. Mengukur Kebutuhan Dimensi Garasi

Tujuan dari langkah ini adalah memastikan ruangan garasi cukup untuk memudahkan mobil keluar dan masuk. Tak cukup hanya itu, pastikan dimensi garasi yang akan dibuat memberikan akses untuk membuka semua pintu mobil serta membuka dan menutup pintu garasi.

Jadi, untuk menentukan ukuran garasi mobil yang ideal maka kamu ukur terlebih dahulu dimensi mobil ditambah dengan ruang gerak yang cukup ketika pintu mobil dibuka ataupun ditutup.

2. Menghitung Dimensi Garasi

Langkah kedua atau terakhir untuk membuat ukuran desain garasi mobil adalah dengan memberi jarak 70-80 cm lebih panjang dari dimensi mobil. Misalkan, sebuah mobil memiliki pxlxt berturut-turut 4,2 m; 1,7 m; dan 1,7 m, maka panjang garasi mobil tersebut minimal harus 5 m dengan lebar minimalnya adalah 2,5 m. Sedangkan tinggi garasi dapat dibuat setinggi 2,5 meter hingga 3 meter. 

Sekian penjelasan mengenai pilihan keramik garasi mobil, desain minimalisnya, dan ukuran ideal dari sebuah garasi mobil. Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi di DKI Jakarta dan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan telah mewajibkan bagi para pemilik mobil untuk memiliki garasi sendiri. 

Selain sebagai bentuk taat pada pemerintah, dengan adanya garasi akan membuat usia kendaraanmu menjadi lebih panjang. Hal ini dikarenakan mobil akan terhindar dari tetesan embun atau air yang dapat menyebabkan proses pengkaratan.

0 Response to "Ide Keramik, Desain dan Ukuran Garasi Mobil untuk Berbagai Kendaraan"

Post a Comment