10 Desain Balkon Rumah yang Menarik Baik Lokal Maupun Luar Negeri

Penggunaan balkon rumah dalam dunia arsitektur sudah ada sejak dahulu dan dibuat di antara jendela dengan pagar, minimal fasad muncul. Balkon merupakan ruang terbuka dalam hunian yang berada di permukiman atau bangunan vertikal yang dapat difungsikan sebagai taman, tempat menjemur baju, tempat bersantai dan lain sebagainya. 

Umumnya, balkon lebih mirip seperti teras namun tidak digunakan untuk menyambut tamu. Banyak juga yang mendesain balkon untuk ditanami tanaman sehingga nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, balkon biasanya tertutup atap. Tapi tidak sedikit juga desain balkon yang beratapkan terbuka.



10 Desain Balkon Rumah yang Menarik Lokal dan Luar Negeri


Lalu, desain balkon rumah apa yang cocok untuk hunianmu? Simak berbagai desain balkon rumah berikut dan tentukan desain balkon rumah paling tepat untuk rumahmu!

Saat ini semakin banyak desain balkon yang bisa diaplikasikan pada sebuah hunian, dari mulai tipe balkon konvensional yang memiliki lantai dan juga railing, dan balkon tipuan yang berfungsi sebagai elemen dekoratif saja karena hanya berupa railing namun sebenarnya tidak bisa dipijak dan juga tidak memiliki lantai.


Desain Balkon Melingkar



Desain balkon yang pertama adalah railing balkon yang dibuat melingkar setengah lingkaran. Kontur balkon ini hadir dengan membingkai dek depan rumah di lantai dua atau lantai tiga. Biasanya balkon ini langsung mengarah ke ruang kamar tidur. 

Detail balkon melingkar ini didesain ke arah klasik yang semakin memperindah kesan mahal untuk eksterior rumah klasik nan mewah.


Desain Balkon Rumah Portico



Desain balkon rumah portico populer di negara-negara Eropa, seperti di Italia. Konsep desain balkon ini bisa kita temukan pada arsitektur Yunani kuno seperti pada bangunan kekaisaran dan kuil-kuilnya.

Dengan gaya arsitektur Yunani kuno membuat desain balkon ini pun banyak diimplementasikan pada hunian bergaya klasik dan rumah mediterania yang mewah.

Biasanya tidak ada perabotan yang diletakkan pada area ruang balkon portico karena pada dasarnya portico hanya berfungsi sebagai dekorasi eksterior sebuah bangunan. 

Pada bangunan modern, konsep balkon portico masih sering diterapkan dengan desain yang sederhana, tanpa ukiran-ukiran khas arsitektur klasik dan juga tinggi kolom yang relatif lebih rendah. Desain balkon portico juga dapat diaplikasikan pada rumah dengan gaya minimalis.

Desain Balkon Rumah Modern Minimalis 




Konsep balkon minimalis ini terbuat dari bahan kayu solid dengan warna putih yang sangat cocok untuk rumah dengan gaya modern. Selain itu pada bagian dinding balkonnya diaplikasikan warna-warna yang netral pula seperti hitam, akan memberikan tampilan sederhana, bersih dan segar pada hunian di era modern ini.

Dengan dekorasi yang polos, balkon ini mampu menimbulkan kesan minimalis pada hunian. Oleh karenanya tak heran jika desain balkon ini menjadi pilihan favorit bagi beberapa kalangan.


Desain Balkon Rumah Bernuansa Kayu




Jika Anda menginginkan tampilan balkon yang natural, Anda dapat memilih kayu sebagai bahan material pagar. Tampilan seperti ini akan terlihat klasik ala rumah betawi.

Tambahkan lampu dinding untuk menambah nuansa Jakarta tempo dulu. Anda dapat meletakkan coffee table dan kursi duduk sebagai tempat bersantai dikala pagi hari atau sore hari menjelang waktu magrib setelah penat seharian bekerja di kantor.


Desain Balkon dengan Pagar Kaca

Via www.glass360.co.uk


Desain railing balkon berbahan kaca mempunyai beberapa keunggulan, seperti akses pemandangan lebih maksimal, perawatannya lebih mudah, lebih bersih dan instalasi pemasangannya juga mudah.

Balkon rumah satu ini memiliki konsep terbuka, tanpa atap. Struktur dari balkon dengan pagar kaca ini berada di luar dinding bangunan namun menempel pada struktur utama. 

Desain Balkon Rumah Porch



Rumah dengan gaya arsitektur porch memiliki desain balkon yang paling konvensional. Desain balkon rumah porch ini merupkan desain yang paling mendekati dengan balkon-balkon tradisional dari gaya arsitektur rumah di Indonesia, seperti yang ada pada rumah adat betawi dan juga rumah tradisional Jawa Tengah.

Konsep balkon ini langsung terhubung dengan ruangan dalam sehingga ketika sekat ruangan antara bagian dalam ruangan dan balkon dibuka maka keduanya bisa langsung terhubung. Dan tentu saja, akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul keluarga besar.

Desain balkon rumah porch biasanya berukuran lebih luas jika dibandingkan dengan desain balkon portico modern. Anda dapat melengkapinya dengan urniture atau perabot seperti kursi ataupun coffee table sebagai ruang bersantai di kala pagi atau sore hari.


Desain Balkon Rumah Dengan Taman 




Untuk mengurangi pencemaran udara Anda dapat menambahkan tanaman pada area balkon. Dengan penambahan unsur tanaman ini tentu akan menambah kesegaran udara di sekitarnya. Selain itu, warna-warni dari bunga tanaman juga akan menambah keindahan tampilan rumah itu sendiri.



Desain Balkon Rumah Mediterania




Rumah bergaya mediterania biasanya dilengkapi dengan balkon yang bersifat terbuka dengan dinding tebal sebagai pelindung panas di siang hari, tetapi tetap hangat di malam hari. Bahan-bahan yang digunakan pada rumah mediterania ini, termasuk pada bagian balkonnya, yaitu menggunakan bahan material yang bersifat alami, seperti tanah liat dan bebatuan alam terutama pada bagian dindingnya.

Desain Balkon Rumah dengan Pagar Melengkung




Pagar pada desain balkon ini berbentuk persegi panjang, namun besi tempa yang digunakan sebagai tiang-tiangnya memiliki desain melengkung. Model balkon ini cocok sekali untuk hunian bergaya klasik.

Pagar balkon yang unik ini sukses membuat tampilan rumah semakin estetik.

Desain Balkon Rumah yang Terhubung Kamar Tidur




Sebagian orang memilih untuk menempatkan balkon dengan terhubung langsung kamar tidur. Posisi balkon ini biasanya berada di lantai 2 atau lantai 3 sehingga ketika bangun pagi hari pemilik rumah langsung dapat menikmati suasana udara pagi yang segar. 


Itulah kesepuluh desain balkon rumah yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk mendesain balkon yang unik dan nyaman. Dengan desain balkon yang nyaman tentu saja akan membuat Anda lebih betah berada di area rumah tanpa harus mencari ketenangan ke tempat lainnya guna menghabiskan waktu.

0 Response to "10 Desain Balkon Rumah yang Menarik Baik Lokal Maupun Luar Negeri"

Post a Comment