Yuk Kenali Desain Rumah Mediterania Mulai dari Eksterior hingga Lanskapnya!

Rumah Mediterania umumnya berlantai satu dengan beratapkan genteng merah yang miring. Namun, tidak sedikit darinya yang berlantai dua dengan warna genteng abu-abu. Rumah mediterania ini tergolong ke dalam tipe rumah dengan harga di atas rata-rata lho.

Dengan gaya arsitektur Eropa yang bersejarah, rumah bergaya Mediterania mengingatkan kita semua tentang tempat-tempat yang berada di tepi pantai dengan bermandikan sinar matahari. 

Eksterior rumah meditarania yang elegan sering menampilkan elemen seperti lengkungan pada pintu masuk, jendela, ataupun pada bagian serambi. Selain itu, dinding plesteran pada rumah meditarania sangatlah khas dengan dilengkapi ruang outdoor pada bagian dalamnya. Gaya arsitektur rumah ini memanglah menarik dan sangat menginspirasi untuk diaplikasikan di berbagai belahan dunia, tidak hanya dari negara asalnya saja.


Apa itu Bangunan Mediterania?

Rumah meditarania umumnya memiliki jendela berukuran besar. Rumah-rumah ini mencapai titik kepopulerannya pada tahun 1920-an dan 1930-an, khususnya di California dan Floria, di mana kemudian menjadi gaya rumah yang populer hingga saat ini.

Wilayah Mediterania sangatlah luas, meliputi tiga benua sekaligus, yaitu Eropa, Asia, dan Afrika Bangsa Spanyol pada saat itu datang ke wilayah Amerika Serikat, tepatnya di Florida pada abad ke-16 ketika menduduki wilayah kolonialisasinya tersebut. Jadi, meskipun populer di Amerika arsitektur ini dikenal dengan arsitektur Mediterania.

Rumah bergaya mediterania banyak dipengaruhi oleh arsitektur Spanyol dan Italia, serta negara-negara Eropa lainnya, termasuk Prancis, Portugal, dan Yunani. Dengan penekanannya pada kehangatan dan penonjolan pada bagian luar ruangan, estetika ini sering dikaitkan dengan kekayaan dan gaya hidup santai. 


Eksterior Rumah Mediterania



Rumah Mediterania bervariasi dalam gaya tergantung pada pengaruh arsitektur tertentu, tetapi banyak dari rumah-rumah ini menampilkan elemen eksterior yang serupa. Karakteristik khasnya adalah pada bagian jendela dan pintu yang melengkung, detail besi tempa, genteng tanah liat, dinding plesteran, dan ruang tamu outdoor yang luas. 

Beberapa fitur eksterior rumah Mediterania yang khas ini, termasuk bahan plesteran dan atap, dimaksudkan untuk membantu menjaga rumah ini tetap sejuk di iklim yang panas dan cerah.

Rumah-rumah Mediterania sering didesain dengan fasad yang luas dan simetris, tetapi gaya arsitektur ini juga dapat diaplikasikan pada struktur bangunan yang lebih kecil. 

Beberapa bagian bukaan melengkung di bagian depannya menciptakan selasar yang menawarkan keteduhan dan menyambut udara sejuk ke dalam rumah.


Rumah Mediterania Modern dan Mewah



Rumah mediterania umumnya menampilkan kesan kuno, namun tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan gaya modern nan mewah. 

Terinspirasi dari lanskap Tucson, eksterior rumah mediterania modern ini menggunakan batu kapur dan plesteran dengan ubin atap terakota yang overgrouted untuk memberi tampilan Italia yang otentik. Namun, palet warna eksterior yang tajam dan jendela berjajar rapi dengan bingkai hitam ramping memberi rumah Mediterania modern keunggulan yang kontemporer.


Outdoor Ruang Tamu Rumah Mediterania




Ruang tamu di luar ruangan memainkan peran kunci dalam denah rumah Mediterania. 

Ciri khas dari rumah Mediterania yang satu ini didesain untuk dijadikan tempat pertemuan bagi keluarga dan teman. Tanaman yang rimbun akan memberikan nuansa yang sejuk pada area ini. 

Untuk keamanan dan kenyamanan, ruang tamu ini harus dirawat dan dibersihkan tiap harinya.


Lanskap Rumah Mediterania

Via bhg.com


Lanskap atau taman yang indah dan semarak akan menambah daya tarik pada rumah Mediterania.

Taman-taman didesain dengan tampilan yang kontras, seperti dedaunan hijau pada dinding batu alam atau tanaman merambat dan melebar pada bagian pagarnya dengan potongan yang rapi. 

Sebuah taman yang dilengkapi dengan jalan akan mampu menambah keindahan rumah dengan gaya Mediterania ini.

Baca juga: Jenis Lanskap, Perencanaan, dan Pengelolaannya

Rumah Mediterania Bergaya Italia

Via bhg.com


Terinspirasi oleh arsitektur Italia, rumah bergaya Mediterania ini menerapkan gaya otentik dengan keanggunan sederhana. Genteng tanah liat, lengkungan besar, dan campuran batu dan plesteran memberikan kesan eksterior dengan tampilan Italia klasiknya. 

Lengkungan pada pintu dan jendela dipalikasikan tidak hanya pada bagian luar rumah, namun juga bagian dalamnya. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan sejarah kejayaannya dengan cara yang anggun.


Rumah Mediterania Colorful

Via trendey.com


Rumah Mediterania biasanya menampilkan warna eksterior netral yang hangat, tetapi juga dapat menampilkan warna yang lebih cerah seperti biru, orange, bahkan merah muda. 

Selain plesteran, atap, dan pintu, lanskap juga merupakan menjadi eksterior yang didesain dengan warna-warni yang yang cerah. 

Penghuni memilih memperindah bagian balkon, teras, dan bagian ekterior lainnya dengan komposisi warna cerah.


Rumah Mediterania Spanyol

Via behr.com


Rumah bergaya Mediterania dengan gaya arsitektur Spanyol ini biasanya menampilkan bentuk yang rapi dan atap yang rendah. Bagian jendela rumah mediterania Spanyol dihiasi dengan detail besi tempa.

Seni arsitektur bangsa Spanyol umumnya didesain mengarah untuk menghadap sinar matahari (sunloving) sehingga intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah cukup.


Dinding Plesteran Rumah Mediterania



Plesteran bangunan mediterania memiliki karakteristik yang mudah dikenali, yaitu tebal baik dinding bagian luar maupun bagian dalam. Dinding tebal pada rumah ini dirancang agar mampu menahan panas di siang hari sehingga interior rumah tetap sejuk di iklim yang hangat. Dinding rumah bergaya Mediterania ini umumnya berplesteran putih bersih, krem, atau pink.

0 Response to "Yuk Kenali Desain Rumah Mediterania Mulai dari Eksterior hingga Lanskapnya!"

Post a Comment