Yuk Ketahui Ukuran Carport 1 dan 2 Mobil Untuk Menciptakan Keamanan Bersama

Carport merupakan salah satu area terpenting di suatu rumah, karena di area ini penghuni rumah biasanya memperbaiki bahkan mencuci kendaraan. Maka dari itu desain ukuran carport harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Ukuran standar carport dan garasi tidaklah jauh berbeda, yang mana tergantung dengan jenis mobil yang akan diparkir. Berbeda dengan garasi, carport cenderung lebih terbuka dan tanpa dilengkapi dengan pintu pengunci sehingga ukuran panjang dan lebarnya lebih leluasa untuk menentukannya.

Bahkan jika carport-nya di perumahan model cluster yang tanpa pagar dan satu sisinya taman, maka penentuan ukurannya sangatlah gampang dan sederhana, cukup dengan menyamakan akses keluar masuk ke rumah sama dengan ukurannya dengan area masuk-keluar mobil.



Pentingnya Membangun Carport

Banyak masyarakat di kota besar yang memiliki kendaraan pribadi roda empat dengan kecanggihan teknologi yang mumpuni namun tidak memperdulikan area parkir di rumah. Mereka tidak membuat area khusus untuk menyimpan mobil di garasi atau carpot.

Fenomena ini menjadi masalah serius bagaimana bisa seseorang memiliki mobil namun tidak memiliki garasi atau carport untuk difungsikan sebagai area parkir di rumahnya. Fenomena ini merupakan pemandangan umum di kota besar ketika melihat mobil-mobil pribadi yang masih mulus dan bagus namun diparkir atau diinapkan di bahu jalan. Beberapa diantaranya diberikan penutup cover mobil dan lainnya hanya dibiarkan begitu saja. 

Mental para pemilik mobil yang demikian sangat merugikan banyak pihak, mereka menggunakan bahu jalan raya yang notabene adalah fasilitas umum malah justru digunakan untuk kepentingan pribadi. Seharusnya mereka memikirkan berapa sebenarnya ukuran carport sehingga mobil yang dibelinya bisa masuk ke dalam area rumah.

Keberadaan carport sendiri amatlah penting, yaitu untuk meyimpan mobil agar terhindar dari cuaca terik matahari ataupun air hujan yang dapat merusak body kendaraan. Dibandingkan harus memarkirkannya di bahu jalan yang sangat berisiko terkena vandalisme ataupun pencurian.

Jenis dan Model Ukuran Carport Mobil

Idealnya ukuran carport itu sama dengan ukuran standar garasi. Sebagai gambaran utama, ukuran minimal panjang carport adalah 5 meter dan lebarnya 2,9m. Ukuran ini dapat digunakan untuk memarkir mobil jenis Toyota Avanza, Honda Mobilio atau Daihatsu Terios.

Namun, bagaimana jika yang diparkir lebih dari 1 mobil? Nah berikut ini penjelasan model ukuran carport mulai ukuran 1 mobil, 2 mobil, dan desain carport minimalis.


1. Ukuran carport 1 mobil



Rumah tipe 21 pun sebenarnya sudah bisa menyediakan untuk area carport. Karena rumah tipe 21 ini ukurannya sangat pas-pasan jika dibuat area khusus carport, maka pertimbangkan beberapa aspek, seperti ukuran mobil yang akan digunakan, ketinggian, ruang gerak mobil, dan jarak amannya.

Berikut ukuran standar carport untuk 1 mobil yang bisa Anda jadikan patokan:

Ukuran

Keterangan

Lebar

2-3 meter

Panjang

5-7 meter

Tinggi minimal atap carport

2,5 meter

Jarak aman dengan dinding/pembatas samping

0,75 - 1 meter

Kemiringan lantai

1-2,5% ke arah depan

Jalur ban mobil (jika diperlukan)

0,5 - 0,75 meter

Ruang gerak di depan dan belakang mobil

0,75 m



2. Ukuran carport 2 mobil



Jika Anda memiliki area luas tanah bangunan rumah yang luas, tidak ada salahnya jika memiliki 2 mobil atau bahkan lebih. Untuk ukuran carport 2 mobil, Anda tidak cukup hanya mempertimbangkan jarak aman antara mobil dengan dinding pembatas, namun juga harus memperhatikan jarak antara mobil. Jika jarak antara 2 mobil terlalu dekat, maka ketika Anda membuka pintu mobil dapat saja kejadian akan menabrak mobil sebelahnya.

Nah, berikut ini standar ukuran carport 2 mobil yang aman dan nyaman:

Ukuran

Keterangan

Lebar

5 - 6 meter

Panjang

5-7 meter

Tinggi atap carport

2,5 meter

Jarak aman dengan dinding/pembatas samping

0,75 - 1 meter

Kemiringan lantai

1-2,5% ke arah depan

Jalur ban mobil (jika diperlukan)

0,5 - 0,75 meter

Ruang gerak di depan dan belakang mobil

0,75 meter


3. Ukuran carport minimalis




Pembangunan carport minimalis dapat disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah, terutama bagian fasad-nya. Jangan sampai desain carport minimalis bertolak belakang dengan konsep exterior rumah.

Desain carport minimalis ini biasanya tidak menggunakan tiang atau pilar. Jadi, kanopinya langsung dipasang ke dinding rumah. Dengan ini, ukuran carport minimalis akan terlihat lebih lega.

Tentu saja untuk membuat carport dibutuhkan tenaga ahli untuk pemasangan kanopi, pekerjaan lantai, dan lain sebagainya. Jangan sampai carport yang Anda bangun cepat rusak, tidak aman untuk mobil, dan tidak cukup untuk mobil yang Anda miliki.

0 Response to "Yuk Ketahui Ukuran Carport 1 dan 2 Mobil Untuk Menciptakan Keamanan Bersama"

Post a Comment