Ukuran Karpet Sajadah Masjid, Model, dan Harganya

Karpet masjid merupakan elemen yang mampu memperindah tampilan indoor ruang masjid. Selain agar ruangan masjid tampak selalu bersih, sajadah masjid yang menutupi lantai ini juga berfungsi memberikan kenyamanan bagi jamaah yang sedang beribadah. Namun sayangnya pengurus masjid banyak yang tidak mengetahui ukuran karpet sajadah masjid. Padahal untuk menciptakan shaf atau barisan salat yang pas, dibutuhkan pengetahuan ukuran standar karpet masjid yang ada di pasaran.

Biasanya masjid dipasangi karpet sajadah pada urutan shaf pertama dan kedua. Sayangnya ukuran karpet sajadah dengan ukuran shaf yang dibuat berdasarkan ukuran keramik ini tidak sesuai sehingga membuat shaf pada urutan ketiga memiliki ukuran yang lebih sempit. Hal ini tentu membuat kurang nyaman bagi para jamaah.

Untuk itu, penting sekali kepada dewan kepengurusan masjid (DKM) mengetahui ukuran karpet sajadah masjid sebelum memerintahkan kontraktor mengerjakan pekerjaan lantai.



Kegunaan Karpet Masjid

Keberadaan karpet sajadah masjid memang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya berguna sebagai alas salat saja, karpet tersebut juga sering digunakan untuk kegiatan masjid lainnya, seperti ceramah atau pengajian, akad nikah dan berbagai acara lainnya. Pada kegiatan acara tersebut, karpet sajadah masjid memiliki fungsi yang sama sebagaimana karpet pada umumnya, yaitu digunakan sebagai alas duduk yang melindungi dari dinginnya lantai keramik ataupun granit.

Kegunaan lain dari karpet masjid dengan ukurannya yang memanjang dapat digunakan untuk membantu jamaah meluruskan shaf salat. Karena dalam salat, lurus dan rapatnya shaf merupakan kunci kesempurnaannya.

Berbeda saat setiap jamaah membawa sajadah masing-masaing, umumnya akan terjadi shaf yang renggang karena ukuran sajadah tiap jamaah berbeda.


Perbedaan Karpet Masjid dan Karpet Lantai Biasa


Karpet sajadah masjid merupakan karpet khusus dengan potongan dan model khusus untuk beribadah. Perbedaan karpet masjid dan karpet pada umumnya cukup signifikan. Dari segi ukuran dan motifnya, karpet masjid cenderung polos dengan ukuran yang memanjang untuk memudahkan jamaah membentuk shaf yang rapi.


Pilihan Jenis Motif dan Warna Karpet Sajadah Masjid

Umumnya warna karpet sajadah masjid adalah merah, biru, dan hijau. Motif karpet masjid kini cenderung polos. Banyak masjid yang memutuskan untuk memilih model yang satu ini karena dengan motif polos jamaah akan lebih khusyuk.  

Sementara itu ada beberapa bahan yang umumnya digunakan untuk memproduksi karpet sajadah, yaitu di antaranya adalah:

1. Karpet Masjid Polypropylene

Jenis karpet masjid yang pertama ini adalah karpet sajadah yang terbuat dari bahan polypropylene. Dengan bulu-bulu sintetisnya, karpet masjid ini jadi lebih terasa halus pada kulit sehingga membuat nyaman bagi jamaah yang sedang i'tikaf atau menjalankan salat.

Jenis karpet masjid berbahan polypropylene ini perlu mendapatkan penanganan khusus saat membersihakannya agar warnanya tidak mudah luntur.

2. Karpet Masjid Wol

Model karpet masjid selanjutnya adalah karpet dengan bahan dasar woll. Karpet sajadah masjid ini cukup populer karena banyak digunakan di masjid-masjid yang dilengkapi dengan AC. 

Karpet masjid ini akan memberikan rasa hangat saat bersentuhan dengan kulit sehingga sangat pas apabila dipakai pada ruangan yang bersuhu dingin. Selain itu karena berbahan wol yang memiliki bulu-bulu halus, karpet masjid ini juga aman bagi anak-anak atau orang dengan kulit sensitif. 

Kelebihan lain dari jenis karpet masjid ini adalah tidak mudah kusut dan jauh lebih awet karena mudah dibersihkan.


3. Karpet Masjid Nylon

Karpet masjid berbahan dasar nylon ini memiliki ketebalan yang bervariasi. Bahan nylon yang digunakan membuat karpet ini tidak mudah terlipat atau bergeser. Karena bahannya yang termasuk halus dan lembut, membuat jamaah bisa merasa lebih nyaman saat berada di atasnya.


Ukuran Standar Karpet Masjid



Dari segi ukuran di Indonesia, karpet sajadah masjid standarnya memiliki lebar 1 meter sampai dengan 1,2 meter. Dengan ukuran panjang umumnya 6 meter, maka shaf yang memiliki panjang lebih dari itu harus disambung dengan model karpet yang sama. Hal ini bertujuan agar shaf nampak selaras dan enak dipandang.

Posisi satu orang di atas karpet masjid umumnya adalah 60 cm. Jadi, jika panjang karpet adalah 6 meter maka 1 roll karpet masjid bisa menampung 10 orang atau 10 shaft biasa disebutnya. 

Pilihlah Distributor Karpet Masjid yang Bisa Custome Ukuran dan Bentuk


Untuk keindahan tampilan interior masjid, Anda dapat memilih untuk memesan karpet masjid di toko yang bisa custom. Pihak toko akan langsung datang ke lokasi masjid untuk melakukan pengukuran dan karpet masjid akan dibentuk mengikuti bentuk ruangan baik sudut dinding maupun lekukan tiang. 

Dengan begitu, ukuran karpet masjid yang tepat akan membuat tampilan ruangan lebih indah dan nyaman digunakan untuk beribadah.

Selain itu, jika ukuran karpet masjid yang Anda inginkan memanjang dan tidak terputus, Anda dapat menggunakan jasa di toko yang menyediakan teknik penyambungan karpet dengan bond tape. Dengan metode tersebut, sambungan akan tampak menyatu dan tidak mudah lepas sehingga kualitas karpet akan tetap kuat dan awet.


Harga Karpet Masjid per Meter dan per Roll


Membeli karpet masjid bisa dilakukan secara offline maupun online. Saat ini cukup banyak agen atau distributor online yang menyertakan informasi deskripsi produk karpetnya secara lengkap, mulai dari bahan, ukuran, dan harga karpet per meter atau per roll-nya.

Umumnya penjual menyediakan karpet dengan satuan roll, yang mana 1 roll memiliki panjang 6 meter. Sebelum membeli coba tanyakan dahulu, apakah harga tersebut sudah termasuk biaya obras tepian karpet sajadah ataukah tidak. Dan jangan lupa menanyakan apakah pembelian hanya bisa dalam grosiran ataukah juga eceran.

1. Harga Karpet Masjid Per Meter



No

Jenis Karpet

Tebal Karpet

Harga / Meter

1

Karpet Masjid Lokal

4 mm

Rp. 88.000

2

Karpet Masjid Grade D

6 mm

Rp. 175.000

3

Karpet Masjid Grade C

12 mm

Rp. 225.000

4

Karpet Masjid Grade C+

12 mm – 13 mm

Rp. 310.000

5

Karpet Masjid Grade B

13 mm – 13,5 mm

Rp. 390.000

6

Karpet Masjid Grade B+

14 mm

Rp. 425.000

7

Karpet Masjid Grade B Premium

14 mm

Rp. 470.000

8

Karpet Masjid Grade A

14 mm – 15 mm

Rp. 510.000

9

Karpet Masjid Grade A Turki

15 mm – 16 mm

Rp. 570.000

10

Karpet Masjid Grade A+ Turki

14 mm – 15 mm

Rp. 625.000

11

Karpet Masjid Grade A Premium Turki

14 mm – 15 mm

Rp. 660.000

12

Karpet Masjid Grade Super Turki

15 mm – 16 mm

Rp. 760.000

13

Karpet Masjid Grade Super Premium Turki

18 mm – 22 mm

Rp. 1.020.000


2. Harga Karpet Masjid Per Roll




No

Jenis Karpet

Tebal Karpet

Harga / Roll

1

Karpet Masjid Lokal

4 mm

Rp.540.000

2

Karpet Masjid Grade D

6 mm

Rp. 1.080.000

3

Karpet Masjid Grade C

12 mm

Rp. 1.690.000

4

Karpet Masjid Grade C+

12 mm – 13 mm

Rp.2.090.000

5

Karpet Masjid Grade B

13 mm – 13,5 mm

Rp. 2.490.000

6

Karpet Masjid Grade B+

14 mm

Rp. 2.690.000

7

Karpet Masjid Grade B Premium

14 mm

Rp. 2.850.000

8

Karpet Masjid Grade A

14 mm – 15 mm

Rp. 3.090.000

9

Karpet Masjid Grade A Turki

15 mm – 16 mm

Rp. 3.490.000

10

Karpet Masjid Grade A+ Turki

14 mm – 15 mm

Rp. 3.790.000

11

Karpet Masjid Grade A Premium Turki

14 mm – 15 mm

Rp. 3.990.000

12

Karpet Masjid Grade Super Turki

15 mm – 16 mm

Rp. 4.600.000

13

Karpet Masjid Grade Super Premium Turki

18 mm – 22 mm

Rp.6.090.000


Tips Merawat Karpet Sajadah Masjid


Beribadah di dalam sebuah masjid yang bersih dan indah tentunya adalah hal yang menyenangkan. Namun apa jadinya jika di dalam masjid tersebut terdapat karpet sajadah yang lusuh dan memiliki bau tidak menyenangkan. 

Oleh karenanya, DKM masjid perlu mengetahui bagaimana cara merawat karpet sajadah masjid. Berikut ini adalah cara menjaga kualitas karpet masjid agar tetap bersih, awet, dan tidak mudah pudar:

  1. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran pada karpet masjid. Lakukan penyedotan debu setidaknya dua kali seminggu, terutama sebelum ibadah salat jumat berlangsung.
  2. Kondisi ruangan dan lantai masjid harus bebas dari suhu yang lembap. Karena kondisi udara yang lembap dapat menyebabkan bertumbuhnya jamur yellow mold dan karpet menjadi berbau tidak sedap. 
  3. Kaki jamaah yang sehabis wudhu dalam kondisi basah banyak yang langsung menginjakkan kakinya ke karpet. Untuk menghindari terjadinya hal demikian, maka berikanlah keset bihun atau keset rubber yang diatasnya dilapisi handuk pada area tempat wudhu hingga ke masjid.
  4. Apabila terkena tumpahan makanan atau minuman, maka segera lakukan pembersihan dengan mengelapnya menggunakan handuk basah. Peras, lalu usapkan sambil ditekan sampai permukaan karpet masjid bersih. Yang terakhir, gunakan vacuum cleaner agar sisa tumpahan pada karpet cepat kering.

Jadikan masjid sebagai tempat ibadah yang ramah dan nyaman dengan memiliki karpet sajadah terbaik. Pilih ukuran karpet terbaik yang bisa dicustom, disesuaikan dengan bentuk lantai permukaan masjid. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak agen dan distributor yang menyediakan berbagai macam jenis karpet sajadah untuk musala dan masjid.

0 Response to "Ukuran Karpet Sajadah Masjid, Model, dan Harganya"

Post a Comment