Biaya Jasa Poles Marmer, Ketahui Juga Manfaat dan Jenisnya!

Salah satu jenis batuan yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas ialah marmer. Batuan yang juga dikenal sebagai marble dan batu pualam ini mempunyai tekstur granoblastik dari mineral dolomite dan kalsit. Hal ini membuat karakteristik batuan ini cenderung kokoh dan sangat mudah diaplikasikan.

Batuan ini juga memiliki warna yang sangat beragam. Corak warna yang dimiliki batuan ini tentu mampu membuat banyak mata terpanah sehingga menjadikannya sebagai pilihan batuan untuk dekorasi rumah yang indah.

Jika hunian tempat tinggal atau bangunan Anda sudah dihiasi denga marmer, maka sebaiknya ketahui jasa poles marmer dan biayanya. Untuk itu, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.


 

Pengertian Batuan Marmer


Batuan marmer juga dikenal dengan nama marble merupakan batuan metamorf yang berasal dari rekristalisasi batuan kapur. Corak batuan ini sangat beragam dan asli sehingga tidak bisa diseragamkan dengan mudah.

Corak yang diperoleh batuan marmer berasal dari proses alami sehingga sangat cantik ketika dijadikan sebagai salah satu elemen penting untuk dekorasi rumah. Misalnya, ketika dijadikan sebagai ornamen pembentuk lantai, dinding hingga furniture seperti kursi dan meja. 

Coraknya yang sangat indah dan alami membuat batuan jenis ini begitu banyak digunakan.  Selain itu, marmer cukup mudah untuk dipahat. Dengan begini, maka Anda tidak sulit untuk menemukan bentuk marmer yang cocok untuk dekorasi hunian tempat tinggal. 

Karena batuan ini bersifat asli, maka dibutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Bahkan, saat ini sudah banyak tersedia penyedia jasa poles marmer untuk mempertahankan keindahan furniture atau bangunan marmer yang Anda miliki.


Manfaat Batuan Marmer


Anda tentu sering menjumpai penggunaan batuan marmer di lingkungan sekitar. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari batuan ini?

1. Bahan Dasar Pembersih Ruangan

Via Rescuemytimecleaningservice.com

Bukan hanya sekedar untuk dekorasi saja, akan tetapi batuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar pembersih ruangan. Hal ini dikarenakan batuan marmer mempunyai kandungan kalsit yang bisa dipakai untuk material dasar pembuatan cairan pembersih ruangan, dapur atau kamar mandi. 

2. Bahan Pembuatan Pupuk 

Via Shutterstock

Batuan marmer yang dipanaskan akan mampu mengusir karbondioksida dalam kalsit sehingga yang tersisa adalah zat kapur. Zat kapur nantinya bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk. Pupuk yang terbuat dari batuan ini akan mampu mengurangi keasaman di dalam tanah dengan maksimal. 

3. Material Dasar Pembuatan Furniture 

Furniture Meja dari Marmer


Berbagai macam furniture yang dibuat dari batuan marmer akan terlihat lebih mewah dan indah. Misalnya, untuk pembuatan meja, kursi, guci hingga jendela. Tentunya furniture dan segala benda yang terbuat dari marmer akan tampak lebih mempesona. Pesona dari furniture marmer ini harus tetap terlihat indah dan tidak kusam. Jika kusam, segera panggil penyedia jasa poles marmer. 

4. Material Konstruksi

Konstruksi Kamar Mandi dari Marmer


Sebagai material konstruksi, batuan marmer memiliki keunggulan dibandingkan lainnya yaitu salah satunya mengandung unsur dekoratif sekaligus struktural bagi suatu bangunan. Khususnya bagi hunian kelas atas, batuan ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan eksterior maupun interior ruangan. Tentunya bangunan tersebut akan terlihat jauh lebih eksklusif. 


Jenis-Jenis Batuan Marmer

Via Marazzigroup.com

Sebelum mengetahui biaya jasa poles marmer, ada baiknya Anda paham mengenai jenis-jenis batuan marmer. Anda perlu tahu bahwa jenis batuan marmer atau marble merupakan jenis batuan malihan maupun metamorf yang sungguh banyak macamnya. Jenis-jenis batuan ini dapat dipilih sesuai kegunaannya serta tekstur, warna hingga komposisi mineral di dalamnya.

  1. Ornamental marble, yaitu batuan marmer yang mempunyai berbagai macam warna-warna indah.
  2. Statuaty marble, yaitu jenis batuan marmerberwarna putih bersih dengan tekstur yang sangat bagus. 
  3. Architectural marble, yaitu jenis bebatuan marmer dengan warna, mutu, tekstur dan kekuatan yang sangat bagus sehingga sangat cocok untuk material arsitektur.
  4. Marble budidaya, yaitu jenis marmer yang berhasil dibuat oleh manusia dengan kombinasi diantara debu marble serta semen.
  5. Limestone, yaitu marmer yang mempunyai warna coklat atau beige kuat. Batuan ini umum sekali dijumpai di danau. 
  6. Camara marble, yaitu jenis batuan marble dengan warna putih murni. Jenis batuan ini kerap dipakai dulunya oleh bangsa Yunani maupun Romawi guna material dasar pembuatan patung hingga air mancur.
  7. Breccia marble, yaitu marmer dengan tekstur kasar dan cenderung berbentuk persegi.
  8. Ruin marble, yaitu batuan marmer alami dengan tekstur halus serta mengkristal secara tidak teratur.
  9. Cipolin marble, yaitu batuan marmer yang mempunyai banyak kandungan mika serta talk.


Jasa Poles Marmer dan Biayanya 

Banyak orang menyukai batuan ini karena dirasa jauh lebih elegan dan estetik ketika diaplikasikan ke bangunan maupun furniture tertentu. Walaupun harga jasa poles marmer terbilang tidak cukup murah yang ditawarkan oleh jasa terkait, akan tetapi tetap saja banyak digemari masyarakat luas. 

Via bestariclean.com


Harga dari jasa poles marmer tersebut bisa dikatakan sangat beragam. Harga-harga tersebut juga bisa menyesuaikan dengan jenis pemolesan yang diberikan. Berikut merupakan harga jasa poles marmer secara umum. 

1. Poles Rutin 

Poles rutin merupakan jenis pemolesan marmer yang dilakukan kurang dari 1 tahun secara rutin. Pemolesan ini bermanfaat untuk menjaga kondisi batuan marble agar tetap bagus dan berkualitas prima. Harga rata-rata pemolesan rutin di pasaran ialah RP.25.000,00 hingga Rp.35.000,00.meternya. 

2. Poles Pasang Baru 

Selain pemolesan rutin, juga ada jasa pemolesan marmer untuk pemasangan baru. Poles pasang baru merupakan jenis pemolesan batuan marble dalam kondisi baru sehingga mampu menghasilkan permukaan yang sempurna. Kisaran harga pasarannya sekitar Rp.75.000,00 – Rp.85.000,00/meternya. 

3. Poles Ulang 

Poles ulang adalah jenis jasa pemolesan batuan marmer yang dilakukan ketika keadaan batuan tersebut sudah kusam. Biasanya pemolesan ini akan dilakukan pada waktu setahun atau lebih dari setahun pemakaian. Harga jasa poles ulang batuan marble ialah Rp.35.000,00 – Rp.45.000,00/meternya. 

Itulah ulasan mengenai manfaat marmer dan jenis-jenisnya. Batuan marmer ini merupakan pilihan terbaik untuk menciptakan bangunan yang mengagumkan. Untuk itu, dibutuhkan perawatan dengan memanggil penyedia jasa poles marmer agar interior dan eksterior bangunan yang dipasangi dengan batuan ini tetap memberikan hasil akhir yang elegan, berkelas serta eksklusif. 

0 Response to "Biaya Jasa Poles Marmer, Ketahui Juga Manfaat dan Jenisnya!"

Post a Comment