Deskripsi Granit Lantai, Jenis, Kelebihan, dan Harganya

Setiap penghuni rumah tentunya menginginkan untuk mendekorasi tempat tinggalnya sedemikian rupa. Mulai dari bagian eksterior maupun interior. Khususnya untuk mendekorasi bagian pijakan, memakai granit lantai bisa memberikan nilai keindahan tersendiri yang perlu dicoba. 

Bahkan memberikan elemen seperti ini juga mampu memberikan kesan mewah. Menariknya lagi, apabila dibandingkan dengan jenis lantai lainnya maka lantai granit terbilang jauh lebih kokoh sehingga tidak gampang pecah.

Deskripsi Granit Lantai


Lantai granit merupakan bagian dasar dari suatu ruangan guna memperkuat eksistensi objek di dalam ruangan tersebut yang terbuat dari material granit. Granit untuk lantai mempunyai karakteristik bagian pori-pori yang jauh lebih kecil guna dimasuki kotoran maupun air.

Di samping itu, granit juga mempunyai kesan kokoh sekaligus dingin. Bayangkan jika granit dijadikan sebagai lantai. Tentu saja akan mampu memberikan kesan mewah pada interior hunian Anda. Batuan granit perlu diambil dari bukit maupun gunung granit. 

Akan tetapi, sekarang ini batuan yang akan dijadikan sebagai granit lantai tersebut juga bisa dibuat sendiri dengan berbagai macam motif dan harga yang bervariasi. Anda tentu sering melihat lantai yang terbuat dari granit dan banyak rumah elit perkotaan. 

Jenis-Jenis Granit Lantai

Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jenis-jenis granit lantai yang dijual bebas di pasaran dalam negeri. Tentunya setiap jenis granit lantai ini akan memberikan keunikan masing-masing untuk dekorasi rumah. Apa sajakah jenis-jenisnya?

1. Granit Emas 

Via udhargabangunan.com

Apakah Anda ingin memiliki hunian dengan kesan glamour? Maka aplikasikan granit emas sebagai lantai hunian Anda. Kemilau warna emas pada bagian permukaannya tampak lebih natural sehingga kesan glamour ruangan seperti bukan hasil rekayasa. Granit ini juga bagus untuk penerangan ruangan. 

2. Granit Hitam 

Via Shopee.co.id

Jika Anda bertanya jenis granit apa yang populer di Indonesia, maka jawabannya adalah granit hitam. Granit hitam mampu memberikan kesan elegan sekaligus modern jika dipasang di dalam rumah. Selain itu, granit hitam juga umum diaplikasikan untuk alas meja serta kitchen set. 

3. Granit Putih 

Via Rumahpedia.info

Granit putih merupakan jenis granit yang paling umum dijumpai di pasaran. Apabila dibandingkan dengan jenis granit lainnya, maka granit putih terbilang jauh lebih murah. Hal ini membuat banyak orang banyak memilihnya sebagai material lantai hunian. Granit putih juga dapat dipasang di dinding maupun meja. 

4. Granit Hijau 

Jika Anda ingin memiliki hunian dengan dekorasi yang tampak lebih natural, maka cobalah pilih granit hijau untuk dijadikan sebagai lantai hunian. Bentuknya benar-benar menyerupai batuan alam. Hal ini membuat granit hijau sangat ideal ditempatkan di ruang depan guna menimbulkan kesan adem dan sejuk. 

5. Ubin Granit 

Via Casaindonesia.com

Ubin granit merupakan salah satu jenis granit yang tengah naik daun di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari tampilannya yang begitu unik sekaligus menarik. Istimewanya lagi, ubin granit juga memiliki ketahanan sangat kuat sehingga mampu menjamin penggunaannya selama puluhan tahun lamanya. 

6. Granit Coklat 

Via Sakaabadi.com

Granit coklat menjadi jenis granit yang paling sering dibuat untuk lantai dengan menggunakan beberapa kombinasi material. Kombinasi material lainnya yang sering dikolaborasikan dengan granit ini ialah besi, keramik dan kayu. Selain untuk lantai, granit ini juga dapat dipakai untuk dekorasi dinding ruangan. 


Kelebihan dan Kekurangan Granit Lantai


Seperti halnya jenis material pembuatan lantai lainnya, granit ternyata juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Baik nilai kelebihan maupun kekurangannya perlu dipertimbangkan dengan seksama sebelum menentukan pilihan. 

1. Kelebihan 

  • Mempunyai ketahanan bagus hingga puluhan tahun lamanya. 
  • Tahan terhadap panas sehingga aman digunakan. 
  • Tahan terhadap berbagai macam kondisi cuaca.
  • Tidak mudah retak.
  • Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan marmer. 
  • Permukaan halus. 
  • Tahan terhadap goresan.
  • Mempunyai sambungan jauh lebih tipis sehingga tampak begitu menyatu.
  • Sangat gampang dibersihkan jika terkena noda.
  • Kedap udara.
  • Tidak berubah bentuk apabila terkena air.

2. Kekurangan  

  • Pilihan warna maupun warnanya begti terbatas. 
  • Warnanya juga cukup berbeda sehingga tidak bisa sama persis. 
  • Beratnya cenderung lebih berat.
  • Cukup keras sehingga tanpa alat akan sulit dipotong.


Cara Memasang Granit Lantai 


Sebelum memasang granit sebagai lantai, Anda perlu tahu bagaimana cara pemasangan yang baik dan benar. Jangan sampai keliru melakukan pemasangan agar lantai tetap awet dipakai. Untuk itu, cermati cara pemasangan berikut.

  1. Buat dasaran lantai terlebih dahulu. Akan tetapi, poin ini termasuk opsional. Jika belum mahir, maka buatlah dasaran lantai terlebih dahulu menggunakan semen dan campuran pasir. 
  2. Buatlah perekat yang terbuat dari campuran pasir dan semen dengan komposisi 3:1. Aduklah campuran tersebut dengan tekstur cenderung kering dan hindari tekstur lembek. 
  3. Lanjutkan dengan memasang granit lantai. Pemasangan ini dimulai dari satu keping secara memanjang dan bukannya justru melebar. Mulailah pemasangan dengan komposisi 3 baris. 
  4. Pastikan sebelum menempelkan granit, Anda telah meletakkan perekat di atas dasaran lantai. Kemudian, lakukan secara berkala pengecekan kerataan permukaan dengan waterpass.
  5. Terakhir, Anda bisa melakukan finishing. Pastikan jangan sampai lantai terinjak ketika baru saja dipasang. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 hari bergantung perekatnya. 


Harga Granit Per Meter



Sudah tertarik untuk menghias ruangan dengan granit lantai? Maka siapkan kocek terlebih dahulu agar tidak kekurangan nantinya. Jangan lupa cermati daftar beberapa harga granit per meternya sesuai merek sebagai berikut untuk acuan. 

No.

Nama Granit Lantai

Ukuran (cm)

Harga

1.

Solfen Matt Surface Matt Ocra

40 x 40

Rp.149.000,00.

2.

Garuda Broken White

60 x 60

Rp.112.000,00.

3.

Roman Augusta

60 x 60

Rp.182.000,00.

4.

Nordik Stone Surface Blizzard Matt

30 x 60

Rp.180.000,00.

5.

Megalito Surface Structured Marrone, Nero Grigio

60 x 60

Rp.280.000,00.


Granit lantai tentu bisa menjadi alternatif dekorasi ruangan yang bisa Anda pilih. Harganya juga relatif terjangkau ketimbang marmer. Khususnya bagi yang ingin memiliki hunian dengan tampilan lebih elegan, maka aplikasikan granit sebagai material lantai hunian Anda.

0 Response to "Deskripsi Granit Lantai, Jenis, Kelebihan, dan Harganya "

Post a Comment