Spesifikasi Iklan Billboard dan Ukurannya, Ini Tips Memilih Lokasi untuk Billboard!

Billboard adalah media periklanan berukuran besar yang terpasang di sisi kiri atau kanan, atau tengah jalan raya. Billboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk membujuk konsumen sebagai target pasarnya, baik mereka yang sedang berada di dalam perjalanan, dalam ruang tunggu, dan juga di beberapa tempat umum lainnya.

Billboard mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 2006. Media iklan ini diadopsi dari negera Amerika yang telah menggunakannya sejak tahun 90-an. Kini, berbagai ukuran billboard besar terlihat di sepanjang tepi jalan hingga ke dalam kota hingga billboard berbentuk kecil yang ditempelkan pada fasade bangunan.

Rancangan dan pesan yang ada di billboard dibuat semarak mungkin agar banyak orang yang tertarik pada produk barang/jasa yang ditawarkan. Lalu, ukuran billboard berapa saja yang bisa kamu pilih untuk menampilkan iklan kamu? Dan bagaimana tips memilih billboard yang baik? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mengenai media luar ruang yang satu ini pada artikel di bawah.




Apa itu Billboard?


Billboard merupakan salah satu media luar ruang yang di pasang di ruang terbuka dengan tujuan untuk menyampaikan pesan mengenai suatu informasi, produk atau jasa bahkan public figure atau oang biasa yang sedang ingin mendongkrak popularitasnya. Saat ini billboard adalah media luar ruang paling terkenal yang diketahui masyarakat pada umumnya. 

Billboard sendiri mempunyai banyak sekali sebutan, jenis dan juga ukuran yang beragam baik yang berbentuk horizontal maupun vertical. Billboard sering disebut outdoor advertising. Sementara itu di Indonesia, lebih mengenal billboard sebagai baliho atau papan iklan. Namun, istilah papan reklame dan billboard adalah dua hal yang berbeda, reklame tidak bisa disebut sebagai billboard, melainkan disebut baliho. Hal ini menjadi kesepakatan di dunia bisnis advertising.

Jadi, iklan billboard adalah sebuah media promosi luar ruang atau outdoor advertising yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan iklan layaknya poster baik berupa gambar animasi atau berbentuk video dan diletakkan di posisi yang tinggi dan ramai oleh lalu lalang orang.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Reklame


Tujuan Penggunaan Billboard




Adapun penggunaan billboard sebagai media luar ruang untuk beriklan memilki tujuan, yaitu:

  1. Iklan informatif, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk memberikan informasi secara rinci tentang suatu produk.
  2. Iklan persuasif, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan, dan membujuk konsumen untuk mau mencoba/mensimulasikan penggunaan produk.
  3. Iklan pengingat, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mempunyai branding yang kuat bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan kemudian, mengingatkan konsumen mengenai cara membelinya, dan mempertahankan product knowledge.
  4. Iklan penambah nilai (value added), yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan penguatan persepsi konsumen.
  5. Iklan bantuan aktivitas lain, yaitu iklan yang dipasang dengan tujuan untuk membantu memfasilitasi aktivitas atau event kegiatan lain. Misalnya, iklan CSR atau sponsorship pada event-event tertentu yang diadakan oleh pihak lain.


Keunggulan Penggunaan Billboard Elektronik

Via mediamove.id



Iklan billboard elektronik merupakan salah satu solusi yang saat ini banyak digunakan untuk meminimalisir kelemahan media iklan konvensional, terutama ketika harus dihadapkan dengan masalah lingkungan yang ditimbulkan dari ketidakteraturan penataan reklame, baliho atau spanduk konvensional.

Ukuran billboard elektronik berbeda-beda, tetapi pada dasarnya prinsip kerja sign dari billboard elektronik ini relatif sama karena sama-sama menggunakan slide statis yang menggunakan serial animasi ataupun video.

Billboard elektronik sebagai teknologi periklanan terbaru di Indonesia, perlu dipertimbangkan karena memiliki banyak keunggulan daripada media iklan konvensional. Berikut ini adalah keunggulan billboard elektronik sebagai media iklan adalah:
  1. Biayanya relative murah yang sesuai dengan pemanfaatan teknologi terbaru, yaitu visual impact tinggi. Selain itu, penggunaan billboard ini tidak ada biaya produksi atau ongkos pengiriman, pesan-pesan dalam iklan dapat diubah sesuai keinginan. Dan yang paling penting adalah kebutuhan listrik LED jauh lebih sedikit daripada penggunaan neon sign, dengan selisih hingga 90%.
  2. Untuk stratgei segmentasi pasar, penggunaan billboard ini lebih mendekati kebutuhan pasar. Advertiser dimudahkan untuk dapat mengontrol tampilan iklan dan menyesuaikannya dengan audien yang diinginkan atau kapan iklan tersebut tayang.
  3. Billboard menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan media iklan konvesional. Misalnya kemampuannya untuk menampilkan gambar animasi serta audio layaknya iklan di televisi.
  4. Billboard memiliki tingkat visibilitas yang baik, sehingga tampilannya tetap berkualitas tinggi dan mudah terlihat.
  5. Banyak lokasi yang sudah dapat dipasangi billboard. Advertiser dapat memilih beberapa tempat sekaligus pada waktu yang bersamaan untuk mempromosikan produknya di lokasi yang strategis.



Ukuran Billboard yang Bisa Kamu Pilih


Ukuran billboard bervariasi tergantung dari produsen billboard dan juga kesepakatannya dengan pihak pengelola jasa periklanan. Selain itu ukuran billboard secara umum juga diatur oleh pemerintah daerah di mana papan billboard tersebut akan dipasang.

Di dunia outdoor advertising, ada berbagai pilihan ukuran billboard, yaitu:

  • Ukuran billboard 4 x 2 meter, dengan pilihan bentuk horizontal / vertical
  • Ukuran billboard 4 x 8 meter, dengan pilihan bentuk horizontal / vertical
  • Ukuran billboard 10 x 5 meter, dengan pilihan horizontal / vertical (ukuran papan ini yang paling banyak diminati oleh advertiser)
  • Ukuran billboard 12 x 6 meter, hanya tersedia dalam bentuk horizontal
  • Ukuran billboard 18 x 6 meter, hanya tersedia dalam bentuk horizontal
  • Ukuran billboard 20 x 10 meter, hanya tersedia dalam bentuk horizontal

Sedangkan untuk ukuran billboard yang berada di tengah jalan adalah berukuran 3×12 m. 


Spesifikasi konstruksi Billboard

Dalam membuat konstruksi papan billboard. pihak penyedia harus memperhatikan seluruh bagian konstruksi, mulai dari pondasi hingga ke plat finishing-nya.

Spesifikasi dan kualitas konstruksi billboard dibagi ke dalam 5 item pekerjaan, yaitu:

1. Bidang Board atau panelboard

Item pekerjaan panelboard ini nantinya difungsikan sebagai panel peletakan visual MMT, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Bahan dasar plat alumunium 1,2 mm
  • Rangka board besi stall atau hollow 30/30 mm
  • Cat dan menie

2. Bidang Konstruksi atau kerangka konstruksi

  • Besi siku ukuran 40/40

3. Tiang Konstruksi

Ukuran tiang pada bidang billboard berbeda-beda tergantung dengan arus kecepatan angin di lokasi penempatannya. Namun, secara umum tiang konstruksi billboard memiliki diameter 16". Dengan pilihan tiang single, double, dan triple pole.

4. Pondasi

Pondasi untuk pemasangan billboard sebaiknya menggunakan pondasi besi beton bertulang. Caranya beton ditanamkan ke dalam tanah sedalam 1-3meter yang disesuaikan dengan besar ukuran billboardnya. Kepadatan dan kualitas beton harus diperhatikan baik-baik, termasuk pemilihan agregat campuran betonnya, sehingga pondasi tersebut mampu menopang ukuran papan billboard.


5. Lampu Pencahayaan

Dilihat dari segi penerangannya, terdapat beberapa pilihan lampu yang disesuaikan dengan ukuran billboard. Sistem pencahayaan billboard ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu:

  • Billboard tipe frontlite, yaitu pencahayaan dari depan visual pesan iklan dengan menggunakan beberapa lampu merek SLAST 400 watt per lampunya.
  • Billboard tipe backlite, yaitu pencahayaan dari belakang visual pesan iklan dengan menggunakan beberapa lampu sorot backlite 150 watt per lampu. 
Baca juga: Pengertian Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Konstruksi Tata Letaknya

Gambaran Konstruksi dan Ukuran Billboard


Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa billboard memiliki dua tipe bentuk, yaitu horizontal dan vertical dengan berbagai ukurannya. Berikut di bawah ini contoh ilustrasi gambar kerja konstruksi ukuran billboard:

1. Gambar kerja kontruksi billboard dengan ukuran 5m x 10m x 2 sisi, vertical

Via mediamove.id


2. Gambar kerja konstruksi billboard dengan ukuran 10m x 5m x 1 sisi horizontal

Via mediamove.id


Dua gambar kerja di atas menjelaskan perbedaan konstruksi billboard vertical dan horizontal yang masing-masing menggunakan tipe lampu yang berbeda. Selain itu, sisi billboard horizontal menggunakan 1 sisi sedangkan billboard vertical dua sisi.

Tips Memilih Lokasi untuk Billboard


Nah, sebelum kamu memilih lokasi untuk pemasangan billboard, sebaiknya ketahui dahulu faktor-faktor yang digunakan dalam pertimbangan untuk penempatan billboard, yaitu.

1. Panjang jangkauan dari jalur terdekat tanpa halangan

Kamu harus memastikan bahwa di sekitar lokasi billboard tersebut tidak ada halangan yang menganggu orang-orang untuk melihat pesan pada billboard tersebut. Sehingga billboard yang dipasang sangat efektif untuk menjangkau khalayak khalayak sebagai sasarannya.

2. Jenis lalu lintas dan kecepatannya

Perhatikan juga jenis jalan dan kecepatan kendaraannya karena billboard pada umumnya dipasang untuk menjangkau orang-orang yang berada di atas kendaraan. Termasuk, apakah yang melewati jalan tersebut adalah kendaraan pribadi atau lebih banyak kendaraan umum, apakah lebih banyak kendaraan roda empat atau roda dua, atau bahkan ada banyak pejalan kaki di sekitar lokasi tersebut. 

Pada jalur bebas hambatan atau jalan tol, billboard harus didesain sedemikian rupa sehingga para pengguna jalan yang dari jauh sudah dapat membaca pesan dari iklan yang disampaikan. Pada jalur-jalur seperti ini iklan billboard harus sudah selesai dibaca dalam tempo kurang dari 7 detik.

3. Penempatannya

Kamu juga harus memilih lokasi penempatan iklan billboard, apakah di kanan atau di kiri jalan, dengan sudut pandang melintang atau sejajar dengan arus lalu lintas. 

Tipsnya adalah untuk jalan satu arah sebaiknya billboard dipasang dengan sudut pandang melintang sehingga mudah dilihat oleh para pengguna jalan. Sementara itu untuk jalan yang menyediakan dua arah, maka billboard sebaiknya dipasang sejajar dengan arus lalu lintas. 


Billboard adalah salah satu media iklan luar ruang tertua yang telah digunakan sejak lama. Nah, pihak advertiser (pengiklan) harus pintar-pintar dalam menyesuaikannya dengan segmentasi pasar, agar produk yang ditawarkan tidak salah sasaran dan iklan tersebut tepat guna. 

Iklan yang tepat bukanlah yang meraih seluruh khalayak, melainkan bertujuan untuk merangkul secara maksimal konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk tersebut. Percuma kan bisa menjangkau banyak orang, namun hanya sedikit dari orang-orang tersebut yang merupakan target pasarnya. Tentu, yang diharapkan oleh advertiser adalah orang-orang yang melihat iklan tersebut adalah golongan yang masuk dalam segmentasi produknya. 

0 Response to "Spesifikasi Iklan Billboard dan Ukurannya, Ini Tips Memilih Lokasi untuk Billboard!"

Post a Comment