Seputar Besi UNP: Fungsi, Ukuran, Keunggulan, dan Harganya

Besi UNP merupakan salah satu material penting yang digunakan dalam proses pembuatan struktur bangunan. Ukuran besi UNP cukup beragam sehingga besi yang juga dikenal dengan istilah kanal U, U-Channel, atau profil U  ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Besi baja UNP memiliki fungsi yang sangat penting dalam konstruksi sebuah bangunan. Bagi Anda yang tengah mendalami dunia arsitektur atau berencana membangun hunian pribadi, simak informasi lengkap seputar besi UNP kanal U berikut ini.



Apa Itu Besi UNP?


Besi UNP adalah salah satu jenis besi sambungan atau terusan yang berbentuk U. Besi baja yang satu ini kerap digunakan pada proses pembuatan struktur bangunan maupun aplikasi industri sehingga  pemilihan ukuran yang tepat bisa mempengaruhi hasil akhir bangunan.


Fungsi utama besi jenis ini adalah sebagai sambungan atau dudukan saat membangun atap. Kanal U juga sering digunakan dalam konstruksi baja dan berfungsi sebagai penyangga utama. Selain itu, besi UNP dapat dimanfaatkan sebagai bracing atau penguat pada jembatan baja atau konstruksi baja.


Jenis besi baja ini mempunyai karakteristik keras dan kokoh dengan ciri-ciri fisik sebagai berikut:


  • Permukaan agak kasar pada bagian luar dan dalam
  • Ketebalan material lebih dari 5 mm
  • Panjang rata-rata 6 meter


Kegunaan Besi UNP



Pada dasarnya besi UNP tidak memiliki fungsi spesifik. Hal ini berarti Anda bisa menggunakan besi baja ini untuk berbagai keperluan. Namun secara garis besar fungsi besi UNP terbagi menjadi dua, yaitu digunakan untuk pekerjaan struktur dan arsitektur.

1. Pekerjaan Struktur


Dalam kaitannya dengan pekerjaan struktur, besi baja UNP dapat diaplikasikan untuk konstruksi dak, kantilever bangunan, hingga bracing kolom. Ketika dikombinasikan dengan bahan lain, Anda juga bisa menggunakan material ini sebagai penutup atap atau purlin dan struktur anak tangga.


Pada beberapa bangunan, besi UNP juga kerap digunakan sebagai struktur anti gempa. Hal ini disebabkan oleh kekuatan yang dimiliki oleh material tersebut.


2. Pekerjaan Arsitektur


Besi UNP juga dapat digunakan pada pekerjaan arsitektur meskipun karakteristik profil baja ini kurang tepat. Adapun untuk pekerjaan yang berkaitan dengan estetika, besi baja ini dapat diterapkan untuk pembuatan rangka pintu besi, grill saluran, rak barang, pagar, rangka kanopi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Serba Serbi Arsitektur Modern, Sejarah, Bentuk dan Ruangnya


Menariknya, besi UNP juga digunakan dalam bidang otomotif, yaitu konstruksi bak mobil truk atau pick up. Hal ini disebabkan oleh kekuatan besi baja yang ditawarkan.


Ukuran Besi UNP


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, besi UNP tersedia dalam berbagai ukuran. Dengan berbagai ukuran yang berbeda, Anda bisa memilih ukuran yang paling tepat dan pas sesuai dengan kebutuhan konstruksi.


Berikut ini beberapa ukuran besi UNP yang umum tersedia di pasaran:


  • Kanal U 40 berat 29,22 kg per batang
  • Kanal U 50 berat 33,54 kg per batang
  • Kanal U 65 berat 42,54 kg per batang
  • Kanal U 80 berat 51,84 kg per batang
  • Kanal U 100 berat 63,60 kg per batang
  • Kanal U 120 berat 80,40 kg per batang
  • Kanal U 150 berat 111,60 kg per batang
  • Kanal U 200 berat 151,80 kg per batang


Masing-masing ukuran biasanya memiliki panjang 6 meter, namun ada pula besi yang memiliki panjang hingga 12 meter. Tentu saja pemakaian besi baja bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.


Keunggulan Besi UNP


Setelah mengetahui pengertian, kegunaan, serta ukuran besi UNP, kini saatnya untuk mengenal lebih jauh mengenai keunggulan besi baja yang satu ini. Kanal U menjadi salah satu material favorit bukanlah tanpa alasan. Berikut ini sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh besi kanal U:


1. Instalasi Mudah


Besi kanal U sering digunakan pada konstruksi bangunan terutama sebagai sambungan karena pemasangan yang tergolong mudah. Besi ini cukup mudah dibentuk sehingga dapat menghemat waktu para pekerja. Tidak heran jika penggunaan besi UNP mampu meningkatkan efisiensi kerja.


2. Ramah Lingkungan


Besi UNP dikenal kuat dan kokoh serta tidak mudah berkarat. Karena karakteristiknya yang tidak mudah rusak, tidak mengherankan jika besi ini dapat dipakai berulang-ulang. Dengan demikian Anda bisa mengurangi limbah besi di lingkungan sekitar.


Ketika Anda ingin mengganti besi UNP dengan material baru, maka Anda tidak perlu membuang besi yang lama. Pasalnya besi lama tersebut masih bisa digunakan kembali untuk kebutuhan konstruksi maupun kebutuhan lainnya.


3. Daktilitas Tinggi


Daktilitas merupakan kemampuan besi untuk menahan tegangan tarik atau kemampuan besi untuk menghadapi simpangan pasca-elastik pada daya yang besar. Besi UNP diketahui mempunyai daktilitas tinggi sehingga tidak memuai meskipun menopang beban berat.


Yang tak kalah menarik, besi kanal U memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Anda tidak perlu khawatir soal rayap atau karat ketika menggunakan besi baja yang satu ini.


4. Hemat Biaya


Besi UNP merupakan material yang tahan terhadap panas maupun korosi. Dengan kata lain besi baja ini tergolong lebih awet dibandingkan dengan baja ringan. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu merogoh kantong untuk penggantian besi kanal U secara berkala.


Selain itu, pemasangan besi juga tidak membutuhkan papan untuk tiang beton. Dengan demikian Anda bisa lebih menghemat biaya pembangunan.


Harga Besi UNP




Dibandingkan dengan baja ringan, besi kanal U mungkin dibanderol dengan harga lebih mahal. Tapi tentunya harga tersebut sebanding dengan kualitas serta tingkat keawetan material sehingga Anda tidak perlu melakukan penggantian secara berkala.

Ingin tahu harga terbaru besi kanal U yang beredar di pasaran? Sima daftar berikut ini:

  • Kanal U 50: Rp 100 ribu
  • Kanal U 65: Rp 154 ribu
  • Kanal U 80: Rp 180 ribu
  • Kanal U 100: Rp 245 ribu
  • Kanal U 120: Rp 355 ribu
  • Kanal U 150: Rp 640 ribu
  • Kanal U 200: Rp 1,1 juta


Mungkin terdapat sedikit perbedaan antara harga yang tertera di atas dengan harga toko. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti lokasi, merek dagang, kualitas, dan lain sebagainya.


Besi UNP merupakan alternatif hemat bagi Anda yang sedang merencanakan konstruksi bangunan. Memiliki ketahanan yang tidak diragukan, material ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghindari penggantian berkala. Pastikan ukuran besi UNP yang Anda gunakan sesuai kebutuhan.

0 Response to "Seputar Besi UNP: Fungsi, Ukuran, Keunggulan, dan Harganya"

Posting Komentar