5 Langkah Mudah Memotong Kaca

Tak jarang kaca menjadi elemen yang paling banyak digunakan untuk keperluan interior dan eksterior sebuah bangunan. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan jendela, kaca juga sering dibentuk menjadi beragam interior, seperti dekorasi, lemari, aquarium, meja, dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk elemen bangunan, kaca bisa digunakan untuk kanopi, dinding kaca, dan lain-lainnya.

Untuk membuat beragam interior dan eksterior, kaca terlebih dahulu harus dipotong agar mendapatkan ukuran yang diinginkan. Meskipun terlihat sederhana, proses pemotongan kaca tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Selain rentan pecah dan membekas, cara memotong kaca yang tidak benar dapat melukai tangan. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memotong kaca yang benar dan aman serta terhindar dari kerusakan. 


Adapun langkah-langkah cara memotong kaca adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Bahan dan Alat Pemotong

Yang pertama kali dilakukan ketika ingin memotong kaca adalah siapkan terlebih dahulu alat pemotong. Beberapa alat pemotong yang paling banyak digunakan untuk memotong kaca menjadi dua bagian adalah pemotong kaca model pulpen, seperti T cutter, oil glass cutter, paku, dan intime glass cutter. Untuk memotong kaca dengan ukuran yang tebal dan besar, kamu dapat menggunakan gerinda sebagai alat pemotong.

2. Siapkan Alas untuk Proses Pemotongan

Untuk langkah berikutnya adalah letakkan kaca di atas meja besar yang rata atau papan yang memiliki permukaan rata. 

3. Tambahkan Minyak 

Langkah ketiga untuk tahapan pemotongan kaca adalah mengolesi kaca dengan minyak pelumas, seperti minyak tanah, solar, atau lainnya. Minyak ini digunakan untuk mempermudah proses pemotongan agar lebih rapi sesuai dengan yang diinginkan.

4. Jepit Kaca Dengan Clamp Penjepit Agar Hasilnya Lurus

Setelah kaca diolesi dan dilumuri dengan minyak pelumas, cara memotong kaca selanjutnya adalah pengukuran sesuai keinginan. Kamu dapat menggunakan tali atau penggaris untuk memastikan lurus tidaknya garis yang akan dipotong. 

Selanjutnya siapkan clamp penjepit kaca agar saat dilakukan pemotongan, kaca tidak pecah dan juga tidak terjadi kerusakan.

5. Belah Kaca Jadi Dua

Setelah mempersiapkan alat dan bahan di atas, proses selanjutnya adalah pemotongan kaca menjadi dua bagian. 

Belah kaca dengan cara menaruh alat pemotong kaca tepat ditengah-tengah garis lalu tekan bagian kiri dan kanan kaca atau bisa juga bagian kiri dan kanan garis diangkat pelan-pelan dan bersamaan hingga kaca terpotong.


Itulah ulasan mengenai cara memotong kaca yang benar agar tidak pecah dan terjadi kerusakan. Semoga penjelasan ini dapat memudahkan kamu ketika ingin membuat elemen interior dan eksterior suatu bangunan ataupun rumah.

0 Response to "5 Langkah Mudah Memotong Kaca"

Post a Comment