Kenali Jenis Kanopi Kaca, Kelebihan dan Kekurangannya, dan Biaya Jasa Pemasangan

Bangunan-bangunan yang berada di wilayah tropis memiliki pasokan sinar matahari dan intensitas hujan yang berlebih. Tentunya hal ini bisa menjadi suatu kelebihan dan juga sekaligus menjadi kendala dalam pemanfaatan ruang terbuka, seperti teras rumah, carport, dan halaman rumah. 

Untuk melindungi ruang yang terbuka pada sebuah bangunan, penghuni bisa menggunakan kanopi kaca. Kanopi kaca menjadi solusi bagi penghuni yang menginginkan sebuah ruangan dimana tidak harus ditutup dengan atap genteng, tetapi memberikan perlindungan dari panas dan hujan. 




Mengapa Lebih Baik Memilih Kanopi Kaca

Terdapat dua jenis kaca yang bisa digunakan sebagai bahan atap kanopi, yaitu kanopi atap tempered dan laminate. Mengapa harus memilih kasa tempered dan laminate? Berikut di bawah ini kami sertakan alasannya.

Untuk menghasilkan kaca tempered harus melalui beberapa proses tahapan pengolahan, yaitu awalnya dari kaca polos biasa, kemudian dipabrikasi melalui pemanasan thermal (heat strengthen glass) pada suhu sekitar 700 derajat celcius. Setelah dipanaskan pada suhu tersebut, kaca langsung didinginkan secara cepat. 

Proses pemanasan dan pendinginan yang dilakukan secara cepat tersebut menjadikan kaca tempered memiliki kemampuan menahan tensile stress yang lebih baik.

Kelebihan lain dari jenis kaca tempered ini adalah apabila terkena benturan dan kemudian kaca pecah, pecahan atau serpihan kaca tersebut tidaklah tajam. Serpihan-serpihan tersebut membentuk seperti biji jagung yang tidak berbahaya jika terkena kulit. Oleh karenanya pemilihan kaca tempered sebagai bahan pemasangan kanopi sangat cocok, aman dan elegan.

Selain kaca tempered, kamu juga bisa memilih kaca laminate sebagai kanopi. Kanopi atap kaca laminate merupakan jenis atap kanopi dengan pemasangannya yang dilakukan secara dobel, didobel atas bawah. 

Kelebihan dari kanopi atap kaca laminate yaitu ketika kaca terkena benturan dan kemudian pecah, serpihan kaca tersebut masih menyatu karena terdapat perekat pada bagian tengahnya, antara yang bawah dan bagian atasnya.

Untuk lebih aman, kamu bisa menggunakan kombinasi kaca tempered dan lamintae, dimana kaca akan ditempered terlebih dahulu dan kemudian dilaminate, jadi pemasangan kaca tersebut digabung atas dan bawah. 

Rangka yang dibutuhkan untuk pemasangan kanopi kaca ini adalah besi hollow kotak, baik galvanis ataupun stainless. Hal ini dikarenakan pemasangan kaca harus pada permukaan yang rata, sehingga pemasangan kanopi kaca pada baja ringan tidak akan bisa dilakukan.


Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Kaca


Tentunya sebagai bahan konstruksi, kanopi kaca memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan kanopi kaca:

  • Material kaca memiliki ketahanan yang tinggi.
  • Memiliki ketebalan yang sesuai dehingga aman digunakan, tidak gampang pecah.
  • Ruang terbuka yang dipasangi kanopi kaca tidak hanya terlindungi dari teriknya matahari, akan tetapi juga membuat tampilan ruangan semakin stylish dengan kesan bersih atau clean look.
  • Menjadi solusi untuk hunian yang membutuhkan pencahayaan alami. 
  • Mudah untuk melakukan perawatannya, yaitu cukup menggunakan pembersih kaca biasa.

Sementara itu kekurangannya adalah sebagai berikut:
  • Memerlukan ketelitian dalam memilih ketebalan kaca dan juga membutuhkan teknik pemasangan yang tepat, sehingga material kaca tidak mudah pecah. 
  • Harga relatif cukup mahal.


Jenis-jenis Kanopi Kaca

Cukup banyak model kanopi kaca yang beredar di pasaran. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan tempat tinggalmu. Berikut ini beberapa jenis kanopi kaca berdasarkan tempat pemasangannya yang bisa menjadi inspirasi untuk melindungi ruang terbuka di rumahmu!




1. Kanopi kaca untuk teras rumah


Kanopi umumnya dipasang pada bagian teras sebuah bangunan. Untuk tampilan yang berbeda, kamu bisa menggunakan jenis kanopi kaca ini yang akan memperkuat konsep arsitektur bangunan kamu. Kanopi kaca dapat membuat tampilan bangunan yang kamu punyai jauh terlihat lebih elegan.

2. Kanopi kaca untuk halaman belakang

Halaman atau taman yang berada di belakang rumah selalu menjadi tempat yang nyaman untuk kumpul bersama keluarga sambil menikmati udara bebas. Dengan pemasangan kanopi kaca, halaman belakang bisa membuat suasana ngumpul bisa terasa semakin berkesan dengan bebas tanpa merasa terisolasi.


3. Kanopi kaca untuk carport

Selain digunakan untuk halaman belakang, kanopi kaca juga dapat dipasang sebagai pelindung area parkir kendaraan atau (carport). Kamu dapat menggunakan jenis kaca yang memiliki permukaan berwarna buram sehingga panas dari sinar matahari tidak langsung mengenai kendaraan yang diparkir di bawahnya.


4. Kanopi kaca sebagai jembatan penghubung antara dua bangunan yang terpisah

Kanopi kaca bisa dimanfaatkan untuk pembuatan jembatan di antara dua ruangan yang terpisah. Kamu juga bisa menggunakan area di atas kanopi kaca ini sebagai tempat untuk bersantai atupun ruang meditas. 

Harga Kanopi Kaca



Harga kanopi kaca tentunya cukup bervariasi tergantung ketebalan kaca dan jenis kaca yang digunakan, tempered atau laminate. Dua jenis kaca tersebut memiliki perbedaan dalam hal lama pengerjaannya. Proses produksi atap kaca jenis tempered laminate lebih lama, yaitu prosesnya membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dari awal proses pengukurannya. Sementara itu proses produksi kaca laminate hanya membutuhkan waktu kurang dari dua minggu atau sekitar 7-10 hari saja.

Untuk tiap daerah tentunya memiliki harga yang bervariasi, namun daftar harga berikut ini digunakan sebagai perkiraan berapa biaya harus dikeluarkan untuk jasa pemasangan kanopi kaca. 

Jenis Atap Kaca yang Digunakan Rangka Kanopi Harga Per m2
Tempered 8mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,550,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×6 1,850,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×8, 4×6 1,900,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×8 2,050,000
Tempered 8mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,200,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,600,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6 1,850,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8, 4×6 2,150,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8 2,250,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,400,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,800,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6 1,950,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8, 4×6 2,000,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8 2,400,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,600,000



Dalam proses pemasangannya diperlukan tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang sangat tinggi. Oleh karenanya, pilihlah penyedia jasa pemasangan kanopi kaca yang telah berpengalaman dan memiliki profesionalitas pekerjaan yang baik.

0 Response to "Kenali Jenis Kanopi Kaca, Kelebihan dan Kekurangannya, dan Biaya Jasa Pemasangan"

Post a Comment