Tangga Monyet (Monkey Ladder): Fungsi, Tips Memilih Penyedia Jasa, dan Harganya

Tangga monyet (monkey ladder) merupakan jenis tangga yang dipergunakan untuk akses ke atap atau ruangan sempit yang tidak memungkinkan dibuat tangga spiral (putar).

Tangga monyet ini mengharuskan penggunanya menaiki tangga dengan kedua tangan berpegangan pada anak tangga / pijakan kaki. Oleh karenanya, tangga jenis ini disebut dengan tangga monyet.

Tangga monyet ini dipasang atau“ditanam” di dinding vertikal.

Kelebihan dari tangga monyet ini adalah bisa dimanfaatkan untuk ruangan atau area yang membutuhkan akses vertikal, namun memiliki keterbatasan lahan dan adanya kebutuhan akses yang cukup penting. 

Sementara itu kekurangannya adalah tangga monyet sulit untuk dinaiki dan juga tidak bisa dengan mengangkat barang berukuran besar, terutama bagi wanita.


Fungsi Tangga Monyet

Istilah tangga monyet merupakan sebuah istilah untuk sebuah tangga yang dibuat untuk fungsi-fungsi khusus. Berikut ini adalah di antaranya:

  • Digunakan sebagai sarana evakuasi, khususnya tangga monyet yang dipasang di rumah bertingkat atau perkantoran.
  • Digunakan sebagai akses jalan untuk memperbaiki bagian-bagian bangunan yang tinggi.
  • Digunakan sebagai akses ke bak penampung air (toren) yang terletak di dak atas rumah.


4 Tips Sebelum Memilih Penyedia Jasa Pemasangan Tangga Monyet

Ingin memesan tangga monyet ke penyedia jasa? Perhatikan empat hal berikut ini agar nantinya menghasilkan tangga monyet sesuai dengan harapan.

1. Spesifikasi Bahan

Sebelum memilih penyedia jasa pemasangan tangga monyet, kamu harus mengetahui dahulu spesifikasi dari bahan material pembuat tangga monyet. 

Secara umum, bahan pembuatan tangga monyet menggunakan pipa besi hollow dan plat besi. Pemilihan kedua bahan tersebut karena memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah berkarat, apalagi tangga monyet ini dipasang di outdoor. Selain itu, baik besi hollow maupun plat besi mampu menahan beban yang cukup berat.

Untuk mendapatkan tangga monyet dengan ketahanan yang lebih, kamu bisa memilih untuk menggunakan besi hollow galvanis.


2. Ukur Kebutuhan Tangga

Kadang ada penyedia jasa yang harus survei terlebih dahulu, namun juga ada penyedia jasa yang tanpa survei. Tentunya berbeda harga.

Nah, survei ini dibutuhkan agar ukuran dan model yang akan digunakan untuk pembuatan tangga monyet nantinya sesuai. Jika kamu rasa tidak perlu untuk disurvei terlebih dahulu, maka kamu harus dapat memastikan berapa ukuran panjang tangga monyet yang akan dipasang.

Karena apabila ukuran tangga lebih panjang atau lebih pendek dari yang dibutuhkan, maka akan terlihat janggal ketika sudah dipasang nantinya. Atau bahkan, malah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Oleh karena itu, sebaknya ukurlah dengan detail berapa kebutuhan tangga monyet untuk pemasangannya. Jika tidak yakin, mintalah ke penyedia jasanya untuk datang melakukan survei terlebih dahulu.
  

3. Pilih Jenis atau Model Tangga Monyet yang Sesuai

Ketika kamu ingin memasang tangga monyet, sebaiknya pastikan dahulu model dan bentuknya sesuai dengan kontur bangunan. Terlebih ketika bangunan yang akan dipasangI tangga monyet berbenuk oval. 

Meskipun tangga monyet hanya berbentuk vertikal, namun ada beberpa model yang bisa digunakan. Seperti tangga monyet tanpa pengaman dan tangga monyet dengan pengaman. 

Kamu sebaiknya mengkonsultasikannya model mana yang paling cocok untuk pemasangannya dengan penyedia jasa terpercaya. 

4. Pilih Penyedia Jasa Pemasangan Tangga Monyet Profesional

Pilihlah penyedia jasa pemasangan tangga monyet yang sudah berpengalaman dan terpercaya, sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan ekspektasi.

Penyedia jasa pasang yang profesional mempunyai peran yang sangat penting dalam menghasilkan produk yang baik. 

Banyaknya jumlah tenaga kerja akan mempengaruhi biaya pemasangannya. Begitu juga dengan jumlah tenaga pasang akan berpengaruh pada lamanya waktu pengerjaan dan biaya-biaya tambahan yang lain.

5. Pilih Penyedia Jasa Pasang Tangga Monyet yang Terdekat

Ketika kamu ingin memasang tangga monyet, sebaiknya pilihlah penyedia jasa yang berada di lokasi terdekatmu. Hal ini memudahkan untuk konsultasi, proses transaksi, menanyakan detail metode transaksinya, sistem pembayaran, dan hal-hal lain terkait pemasangannya.


Harga Tangga Monyet Besi


Biaya jasa pemasangan tangga monyet membutuhkan perhitungan khusus, terkait bahan, ukuran dan ukuran tangga monyet. Apalagi jika mengingingkan tangga monyet yang bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak. 

Dengan demikian harga tangga monyet pun cukup bervariasi tergantung dari model, ukuran, dan bahan yang akan dipilih. Berikut ini adalah perkiraan rentang harga tangga monyet yang berada di pasaran untuk saat ini:

  • Harga Tangga Monyet Besi Tanpa Pengaman

Harga Rp 650.000/meter tinggi
Bahan Pipa 1 dengan ukuran 1/4 inchi untuk tiang utama
Pipa 1 inchi untuk pipa injakan.


 

  • Harga Tangga Monyet Besi dengan Pengaman




Harga Rp 850.000 / meter tinggi
Bahan pipa dengan ukuran 11/4 inchi untuk tiangnya
Pipa 1 inchi untuk injakan
Pipa dengan ukuran 5/8 inchi untuk pengaman

Saat berkonsultasi dengan jasa pasang, kamu harus bertanya apakah ada garansi pasca pasang yang disediakan oleh penyedia jasa pasang tersebut, Usahakan untuk menggunakan jasa pasang yang benar-benar terpercaya dan sudah berpengalaman.

0 Response to "Tangga Monyet (Monkey Ladder): Fungsi, Tips Memilih Penyedia Jasa, dan Harganya"

Post a Comment