6 Model Tangga Rumah Minimalis, Modern, Klasik, Hingga Mewah

Konstruksi bangunan bertingkat membutuhkan tangga sebagai penghubung antar lantai. Bedanya dengan lift, tangga mengharuskan penggunanya naik atau turun dengan berjalan kaki.

Selain ukuran standar tangga yang nyaman, kamu juga harus mengetahui beberapa model jenis tangga  yang dapat kamu pilih. Untuk mewujudkan tangga yang bagus dan sesuai dengan interior bangunan, berikut ini kami uraikan 6 model tangga untuk rumah minimalis, modern, klasik hingga rumah mewah.


6 Model Tangga untuk Rumah Minimalis, Modern, Klasik dan Rumah Mewah

Ada banyak sekali model dari jenis tangga yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan kamu tidak salah memilih desain tangga agar serasi dengan interior atau eksterior bangunan. Berikut adalah 6 pilihan model tangga yang recommended untuk dijadikan daftar pilihan:


1. Tangga Lurus

Tangga lurus atau juga dikenal dengan "one wall stair" merupakan desain tangga yang dibuat menerus dari bawah ke atas tanpa adanya belokan. 

Model Tangga Lurus Outodoor


Model tangga ini bisa diaplikasikan di luar uaangan maupun di dalam ruangan. Mungkin sedikit membutuhkan ruangan yang cukup luas, karena sifatnya yang lurus dari atas ke bawah. Untuk tangga lurus yang terdapat ruang pada bagian bawahnya bisa dimanfaatkan menjadi ruangan tertentu. 

Namun, ada juga tangga lurus yang bagian bawahnya tidak tersedia space sama sekali karena dibangun di antara kedua dinding, seperti tangga pada gambar di bawah ini:


Model Tangga Lurus

                            

2. Tangga Berbalik Arah

Berbeda dengan jenis tangga sebelumnya yang lurus, tangga ini didesain dengan dua arah yang terbalik. Artinya, angga model ini pada ketinggian tertentu tidak hanya berbelok arah tapi berbalik arah dari arah datang.

Kelebihan dari tangga model berbalik arah ini adalah tidak terlalu membutuhkan ruangan yang luas. 

Model Tangga Berbalik Arah Rumah Minimalis


Tangga berbalik arah ini sangat umum digunakan di unit-unit perumahan yang rata-rata tidak terlalu luas. Selain itu, tangga berbalik arah ini juga cocok jika diterapkan untuk kantor kekinian atau bisa juga digunakan untuk tempat-tempat publik, restoran, cafe, dan lain sebagainya.


Model Tangga Bangunan Berbalik Arah


Space pada bagian bawah tangga lebih luas dibandingkan dengan model tangga lurus, bahkan bisa digunakan untuk gudang ataupun dimanfaatkan sebagai ruangan lainnya.


3. Tangga Berbelok Arah atau Model L

Tangga model ini juga disebut dengan tangga model L karena bentuknya menyerupai huruf L yang pada ketinggian tertentu didesain berbelok arah.

Model Tangga L Berbelok Arah Modern


Tangga berbelok arah (L) ini banyak digunakan pada hunian minmalis modern karena hemat tempat dan pas jika dipadukan dengan interior-interior rumah minimalis.

Model Tangga Berbelok Arah Rumah Minimalis

Tangga model L ini sangat direkomendasikan untuk mempercantik hunian. Terutama hunian dengan tipe minimalis. Dengan bentuk yang menyerupai huruf L tentunya tidak akan menyebabkan makan tempat. Apalagi railingnya (pegangan tangga) hanya membutuhkan satu bagian karena pada bagian yang lain menempel dengan dinding.


4. Tangga Bercabang

Tangga bercabang atau juga dikenal tangga model "Y" karena menyerupai huruf Y. Pada tangga jenis ini tersedia bordes yang cukup luas, bahkan bisa difungsikan untuk ruangan tertentu. 

Tangga model ini biasanya dipilih untuk bangunan atau rumah besar, seperti rektorat ataupun hotel. Untuk memberikan kesan megah nan mewah, tangga ini diletakkan di tengah-tengah ruangan sehingga membutuhkan space atau area yang cukup luas. 

Tangga Model Bercabang Rumah Mewah


Desainnya dibuat naik dari bawah selanjutnya pada area bordes, arah tangga dibuat bercabang ke kiri dan ke kanan. Bordes pada bagian tangga ini bisa juga difungsikan seperti lantai mezzanine, yang mengubungkan bedanya antar ruangan.


Tangga Bercabang Rumah Modern



5. Tangga Putar (spiral)

Tangga putar atau juga dikenal dengan tangga spiral merupakan model tangga yang bisa dijadikan pilihan karena ruangan yang sempit. Namun, jenis tangga ini kurang ramah jika digunakan oleh orang tua atau lansia. Karena mengharuskan penggunanya memutar dengan ukuran tangga yang lumayan kecil.  

Model Tangga Spiral Indoor

Tangga spiral ini adalah model tangga yang paling hemat tempat karena ukurang dimensi tangganya tidak lebih dari 1,5mx1,5m.

Tak jarang jenis tangga ini digunakan sebagai tangga menuju loteng atau tempat jemuran. Atau jika cafe dengan area yang tidak terlalu luas dan tinggi atapnya yang rendah, biasanya juga memilih tangga spiral ini untuk mengubungkan antar lantai.

Baca juga: Ide Desain Tangga Loteng Rumah

Tangga spiral ini biasanya terbuat dari besi karena relatif mudah untuk dibuat melengkung dengan lebar rata-rata anak tangganya sebesar 60 cm. Sedangkan tinggi injakan anak tangga biasanya lebih tinggi dari tangga lain yaitu rata-rata 25 cm. 

Selain indoor, penempatan tangga spiral juga kadang-kadang diletakkan di luar ruangan. 

Model Tangga Spiral Outdoor


Jenis tangga ini hanya bisa digunakan untuk dilewati satu orang. Jadi, sangat tidak cocok jika difungsikan sebagai tangga darurat pada sebuah gedung.

Tangga spiral ini lebih menekankan fungsinya, yaitu untuk naik atau turun lantai. Meskipun demikian, tak jarang banyak penguni rumah yang menghias tangga jenis ini agar nampak lebih indah dan menarik. Seperti mengkombinasikan besi dan kayu untuk bahan pembuatan tangga spiral.


6. Tangga Melengkung Tipe Klasik dan Modern



Selain tangga model huruf Y, ada juga tangga model melengkung yang cukup mewah yang bisa kamu pilih untuk desain tangga pada bangunanmu. Bentuknya yang sangat artistik melengkung layaknya tangga di istana-istana dunia Disney Princess akan menampakkan keindahan dan kemegahan ruangan. 

Model Tangga Melengkung dengan Konsep Clean


Tangga melengkung ini biasanya dipilih pada bangunan yang luas dan beratap yang tinggi. Jika kamu memilih desain tangga melengkung untuk hunianmu, sebaiknya jangan gunakan ruang bawah tangga untuk fungsi apapun karena tangga jenis ini umumnya diletakkan di tengah-tengah ruangan tentunya bisa mengurangi keindahan tampilan tangga dan area di sekitarnya. 

Model Tangga Melengkung Rumah Klasik


Tangga melengkung ini cocok untuk model rumah tipe klasik, modern maupun untuk gedung-gedung berkelas dengan luasan yang cukup besar.

Itulah uraian dari kami mengenai jenis-jenis tangga yang umum dipakai oleh perumahan di Indonesia. Semoga dapar mempermudah bagi kamu yang sedang merencanakan model tangga untuk rumah idamanmu.

0 Response to "6 Model Tangga Rumah Minimalis, Modern, Klasik, Hingga Mewah"

Post a Comment