8 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah, Berikut Furniture Pilihan Terbaik!

Keberadaan ruang kerja di rumah saat ini mungkin sangat diperlukan. Mengingat disrupsi era 4.0 yang "memaksa" kita untuk beradaptasi dengan sistem dan tatanan bisnis yang lebih baru, seperti bekerja dari rumah (work from home).

Ruang kerja minimalis merupakan desain interior yang sering dipilih oleh banyak pemilik rumah karena mampu menciptakan kesan lebih luas dibanding aslinya. 

Apakah kamu termasuk orang yang ingin menerapkan desain ruang kerja minimalis di rumah? Jika ya, simak beberapa ide untuk desain ruang kerja minimalis 2 x 3 yang mengikuti tren dan gaya hidup masa kini.




8 Ide Background Ruang Kerja Minimalis di Rumah


Jika berbicara mengenai background maka terlintas pilihan warna cat yang akan digunakan untuk mendekorasi ruang kerja. Adapun pilihan warna backrground ruang kerja yang bisa kamu pilih sehingga dapat meningkatkan motiviasi dan mood kerjamu adalah sebagai berikut:

1. Abu-abu



Ruang kerja minimalis ini didominasi furnitur serba putih dengan warna abu-abu pada bagian background atau dindingnya. Selain memberikan sedikit aksen pada ruang kerja, warna abu-abu dapat menciptakan kesan modern dan tidak gampang kotor.

Selain minimalis, ruang kerja ini juga hemat listrik karena memiliki skylight yang menjadi jalur masuk sinar matahari pada siang hari.


2. Biru



Warna biru mampu memberikan sentuhan damai dan tenang. Jadi, sangat cocok apabila warna ini dijadikan sebagai background ruang kerja karena dengan sendirinya akan membantumu merangsang pikiran yang kreatif dan inovatif. 

Warna ini juga membantumu untuk tetap fokus sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. 

3. Serba Putih



Ruang kerja merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling lama digunakan bagi kamu yang kerjanya dari rumah saja. 

4. Hijau



Hijau merupakan warna yang menenangkan. Ini dapat mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan efisiensi kerja, terutama jika kamu bekerja berjam-jam atau melakukan tugas yang berulang.  

5. Kuning dan putih

Via Decoist.com


Warna kuning dan putih secara psikologis mampu merangsang kreativitas bagi orang-orang yang melihatnya. Kombinasi kedua warna ini akan memberikan kesan segar dan sangat cocok jika diterapkan dalam sebuah ruang kerja minimalis karena akan memupuk jiwa inovatif.


6. Backrgound ruang kerja dengan desain geometris



Desain background ruang kerja geometris adalah desain cat yang menggunakan tema geometris untuk memperindah tampilan ruang kerja agar semakin terlihat personal dan lebih "scientist". 

Kamu dapat memilih berbagai shape dalam geometri seperti heksagonal, segetiga, kubus 3 dimensi, dan lain sebagainya yang akan membuat ruangan kerjamu tampak unik dan futuristik.


7. Hitam

Via officeideas.net

Jika kamu menyukai warna-warna netral, tak ada salahnya untuk mencoba warna hitam sebagai background ruang kerja di rumah. Kamu dapat menambahkan aksen atau aksesoris seperti lukisan hitam putih, seperti gambar Batman, dan gambar siluet lainnya.



8. Vertical Blinds untuk Background Ruang Kerja yang Nyaman


Vertical blinds merupakan tirai penutup jendela yang biasanya digunakan pada rumah, ruang kantor, atau ruang kampus di daerah perkotaan. Dengan menggunakan jenis tirai ini kamu bisa mengatur seberapa besar cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Kesan formal dan modern ini akan menambah keindahan dan kenyamanan pada ruang kerja minimalis kamu.


Bagaiamana Penataan Ruang Kerja yang Baik?


Ruang kerja yang baik adalah ruang kerja yang nyaman dan yang mampu meningkatkan mood dalam bekerja. Berikut ini adalah cara menata ruang kerja yang baik sehingga pekerjaanmu bisa selesai sesuai dengan deadline yang diminta oleh client ataupun atasan.


1. Tentukan Tema Ruang Kerja Kamu




Tips membuat ruang kerja di rumah jadi baik yang pertama adalah menentukan tema ruang kerja kamu. Tak sembarangan, hal tersebut bertujuan untuk membuat ruang kerja lebih nyaman dan memberi dorongan buat kamu untuk selalu bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai tema futuristik pada ruang kerja, sebaiknya kamu sudah mulai mencari referensi dekorasi, cat, dan perlengkapan pendukung dalam bekerja yang memiliki konsep futuristik. 


2. Buat Jarak Furnitur dan Ruangan yang Ideal dan Ergonomis


Cara selanjutnya untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman adalah mengatur jarak antara furniture yang ada. 

Sebisa mungkin atur pergerakan kamu di ruang kerja ini seefisien dan senyaman mungkin, seperti mudah bergerak dari sisi ke sisi hingga adanya ruang ekstra untuk olahrga kecil seperti menggerakan bagian tubuh agar tidak cepat lelah.


3. Tambah Aksen dan Dekorasi Dinding dan Meja


Tips selanjutnya untuk membuat ruang kerja minimalis di rumah jadi baik adalah memanfaatkan dekorasi untuk mempercantik ruangan tersebut. Kamu bisa memilih untuk membeli beberapa aksesoris atau action figure favoritmu untuk menghiasi ruang kerja. 

Dengan dekorasi tersebut nantinya ruangan akan jauh lebih menarik sehingga kamu semakin semangat untuk menjalani hari-hari dalam bekerja.


4. Pilih meja dan kursi ergonomis 

Tak hanya meja kerja, kamu juga disarankan untuk menggunakan kursi kantor yang ergonomis dan berkualitas sehingga mengurangi risiko sakit punggung akibat terlalu lama bekerja dengan posisi duduk yang salah.




Pilihan Furniture Ruang Kerja


Untuk menciptakan ruang kerja minimalis di rumah yang harus kamu persiapkan selain background warna cat dindingnya adalah furniture ruang kerja yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan, seperti meja dan kursi kerja.

Dalam memilih furniture ruang kerja sangat perlu memperhatikan ukuran furniture yang hendak digunakan, misalnya pilihlah ukuran meja kerja dan ukuran kursi yang ideal. Kamu harus memilih meja yang memiliki ukuran yang tidak terlalu kecil untuk menampung seluruh perlengkapan meja, tapi juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan banyak tempat pada ruang kerja kamu.


Nah, buat kamu yang ingin mencari inspirasi untuk membuat ruang kerja yang sesuai dengan impian dan budget keuanganmu, tidak perlu jauh-jauh mencari furniture. Di sini akan dijelaskan beberapa inspirasi mengenai furniture apa saja yang pas untuk mendekorasi ruang kerjamu sehingga kamu lebih produktif dalam bekerja dari hari ke hari.



1. Pilih Lemari untuk Menyimpan Barang




Ruang kerja minimalis tentu saja membutuhkan area penyimpanan yang memadai, seperti penggunaan lemari arsip atau rak dinding. Kamu bisa mengatur penempatannya sesuai dengan lokasi meja kerja dan akses pekerjaan yang praktis sehingga tidak mempersulit kamu untuk bergerak atau mencari beberapa barang dan file penting.

Fungsi dari cabinet atau lemari arsip ini adalah untuk menata berbagai dokumen agar tidak tercecer dan mempermudah dalam pencarian ketika kamu membutuhkannya. Nah, salah satu ukuran lemari arsip yang cocok untuk ruang kerja minimalis adalah berukuran  90x40x185 cm.

Pilihlah lemari yang berkualitas seperti bahannya terbuat metal sehingga tidak mudah berkarat dan tahan lama.

2. Meja Kerja Dalton dari Informa




Berbicara soal meja kantor untuk ruang kerja minimalis di rumah, kamu bisa memilih Dalton yang merupakan keluaran dari Informa. 

Meja kerja ini berukuran 140x45x76 cm dengan desain unik yang siap memberikan sentuhan modern pada ruang kerja kamu. Meja Dalton Informa ini akan mampu meningkatkan produktivitas kerjamu. Dengan lima laci tingkat pada sisi kiri meja akan membuat kerjamu lebih efisien. 

Sementara itu pada bagian kanan kaki meja ini dibuat dari rangka metal yang menjadi lebih unik. Karena dibuat dari material metal dan particle board membuat meja kerja yang satu ini awet, tahan lama dan anti rayap.


3. Pilih Meja Kayu jika Ingin Kesan Hangat

Via Decoist.com



Jika kamu menginginkan ruang kerja bernuansa natural, kamu bisa memilih furniture yang terbuat dari kayu, mulai dari meja kerja sampai dengan jendela di ruangan tersebut. Kesan hangat dan nyaman akan kamu dapatkan apabila memilih desain yang satu ini. 

Kamu bisa mencari meja kerja atau meja kantor dengan warna kayu jati belanda atau juga disebut pinus. Warna natural dari kayu tersebut mampu memberi kesan hangat dan fresh sepanjang hari.


4. Side Table untuk Dekorasi Furniture Ruang Kerja

Via mostlovelythings.com


Side table merupakan furniture yang berfungsi sebagai tempat untuk menaruh barang-barang di luar kebutuhan kerja, seperti buku referensi yang sedang dibaca untuk riset pekerjaan atau juga camilan.

Pilihlah side table berukuran kecil sehingga tidak banyak memakan tempat. Dengan ukuran yang minimalis tersebut juga untuk mencegahmu menaruh terlalu banyak barang yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Kamu dapat memilih side table yang berwarna netral, seperti putih, coklat, ataupun abu-abu. Kalau kamu termasuk orang yang ekspresif, tidak ada salahnya loh mencari side table dengan warna mencolok.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mendesain ruang kerja minimalis untuk membuat ruang kerja di rumah jadi lebih nyaman sehingga kamu lebih produktif. Semoga informasi tersebut bermanfaat untukmu.

0 Response to "8 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah, Berikut Furniture Pilihan Terbaik!"

Post a Comment