Harga Atap Kaca Skylight

Harga atap kaca skylight cukup bervariasi tergantung tingkat ketebalan, ukuran, merek, dan di toko mana Anda membelinya. Jika membeli di kawasan perkotaan seperti ibukota Indonesia, tentu harganya lebih mahal dibanding dengan di pedesaan.

Skylight sendiri saat ini sudah mulai banyak terlihat di rumah-rumah dalam negeri dan sepertinya akan semakin banyak diminati terutama di kota-kota besar. Menggunakan skylight pada atap rumah atau jenis bangunan lain memang memberikan banyak keuntungan. 



Pengertian Skylight Atap 

Sebelum membahas secara lengkap mengenai apa saja keuntungan dan kekurangan, serta berapa harga atap kaca skylight, mari pahami dulu tentang apa itu skylight. Disebut juga roof light, skylight adalah jendela kaca yang dipasang pada atap atau langit-langit. 

Jadi jika pada umumnya atap bangunan menggunakan genteng, maka pada skylight menggunakan kaca tembus pandang. Saat awal kemunculannya, skylight hanya umum dipasang pada bagian atap, tapi seiring berkembangnya ilmu desain interior dan perubahan tren, skylight juga bisa dipasang pada dinding. 

Keuntungan dan Kekurangan Atap Skylight

Berdasarkan definisi di atas, menggunakan atap kaca skylight di rumah hunian memang terlihat sangat menarik. Tapi sebelum benar-benar melakukan pemasangan, coba cek dulu harga atap kaca skylight dan apa saja keuntungan dan kekurangan yang ditawarkan oleh skylight.

1. Keuntungan 

  • Menambahkan Cahaya Alami 

Manfaat utama dan terbesar dari penggunaan skylight adalah cahaya alami yang bisa dengan mudah masuk ke dalam ruangan Anda. 

Menurut sejumlah studi yang ada, rumah, kantor, atau bangunan lain apapun yang mendapat sinar matahari alami dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman, hangat, dan terbukti meningkatkan suasan hati serta membantu kinerja atau aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan tersebut.

  • Menghemat Biaya Listrik

Ruangan yang sudah terang karena cahaya alami tentu tidak membutuhkan lampu sebelum malam tiba, dan hal yang terlihat sepele ini akan membawa perubahan besar pada angka tagihan listrik Anda setiap bulannya.

Meskipun harga atap kaca skylight dan biaya untuk instalasinya ini bisa tergolong cukup tinggi, namun untuk masalah penghematan biaya tagihan listrik atap skylight adalah juaranya.

  • Sirkulasi Bagus

Desain skylight cukup beragam dan sebagian ada yang bisa dibuka tutup mirip seperti jendela kaca di dinding pada umumnya. Jika memilih desain ini, tentu bukan hanya cahaya alami yang bisa masuk ke dalam ruang tapi juga udara segar. 

Hal ini akan menghindarkan rasa pengap di dalam ruangan terutama jika ruangan tersebut benar-benar tidak ada jendela sama sekali dan minim ventilasi. Dengan kata lain, skylight membantu menyegarkan udara di dalam ruangan sehingga penggunaan kipas angin dan AC juga bisa berkurang.

  • Ruangan Terkesan Luas

Sebuah ruang berukuran sempit / kecil jika mendapat pencahayaan alami lewat jendela atau skylight akan menciptakan ilusi ruang lebih luas. Jadi jika Anda memiliki ruangan kecil yang ingin tampak besar, memasang skylight adalah solusi terbaik.

  • Menambah Nilai Jual Rumah

Memasang skylight akan menambah kesan estetik dan modern pada rumah, sehingga jika suatu saat Anda ingin menjualnya, maka nilai rumah bisa bertambah. Hal ini tentu setara dengan harga atap kaca skylight yang tergolong cukup mahal berikut dengan biaya jasa instalasinya.

Jika Anda hobi memotret interior rumah dan memamerkannya di media sosial, foto ruangan dengan skylight juga akan tampak lebih stylish.

  • Menambah Kesan Ruang yang Lebih Menarik

Pemandangan langit biru yang terlihat dari skylight akan menambahkan ruang baru ke dalam ruang di rumah Anda. Saat malam hari, Anda juga bisa melihat bintang-bintang dan bulan. 

Bahkan ketika hujan, pemandangan dramatis akan tampak dengan jelas. Jika ingin nuansa yang syahdu, maka Anda bisa memasang skylight pada atap bagian barat rumah agar bisa menikmati senja.

2. Kekurangan

  • Konstruksi skylight tidak mudah, membutuhkan pemilihan material dan kalkulasi biaya yang tepat, dan proses instalasi cenderung lama.
  • Jika tidak diperhitungkan dengan tepat dan dipasang oleh orang yang benar-benar profesional serta berpengalaman, maka skylight akan mudah roboh yang berarti membahayakan penghuni rumah.
  • Saat musim panas tiba, ruangan akan terasa panas karena kaca merupakan material penghantar panas. 
  • Membutuhkan perawatan rutin karena kaca yang memiliki sifat mudah kotor dan berlumut yang bakal terlihat dari bawah.
  • Dibanding dengan genteng dan penutup atap lainnya, harga atap kaca skylight cenderung lebih mahal dan memiliki risiko pecah atau retak ketika dipindah.

Ide Desain Atap Skylight

Jika Anda bisa mentoleransi sejumlah kekurangan skylight di atas dan tetap ingin memasangnya, maka inilah beberapa ide desain yang bisa dicoba:

1. Taman Indoor dengan Atap Skylight



Skylight di atas taman indoor akan sangat mempesona karena area ini bisa menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan.

2. Perpustakaan dengan Atap Skylight


Bagi Anda yang suka membaca, menempatkan skylight di ruang perpustakan pribadi adalah pilihan terbaik agar setiap kalimat di buku Anda bisa terlihat jelas. Untuk mendapatkan kualitas ruang baca dengan skylight yang bagus, pintarlah untuk memilih harga atap kaca skylight yang sesuai dengan kantong budget Anda namun memiliki kualitas juara.

3. Dapur Hemat Energi Listrik dengan Atap Skylight


Dapur dengan skylight bisa dicoba jika Anda tidak keberatan untuk berbaur dengan sinar matahari selama proses memasak siang hari.

Dapur adalah bagian penting dari sebuah rumah, dan dapur dengan atap kaca skylight itu istimewa. Anda dapat mendesain dapur terbaik dengan skylight, Anda dapat membuat sesuatu yang istimewa, dan Anda dapat menggunakan ide desain di atas untuk mengaplikasikannya pada hunian Anda.


4. Ruang Makan dengan Atap Kaca Skylight 



Tak hanya dapur, ruang makan juga bisa diberi skylight untuk membuat kesan luas dan menampilkan nuansa alam yang ada di luar ruangan.

Buat kubah berlapis kaca! Tempatkan ruang makan Anda di bawahnya dan nikmati semua cahaya yang langsung masuk ke bawahnya – ruang makan Anda akan spektakuler!

5. Kamar Mandi dengan Atap Kaca Skylight 



Selain dengan menambah cermin kamar mandi, untuk memberikan kesan kamar mandi yang biasanya berukuran kecil agar tampak besar bisa dilakukan dengan memasang atap kaca skylight. Tapi pastikan lokasi skylight tidak berada tepat di atas shower, bathtub, dan closet.


6. Tidur di Bawah Bintang-Bintang dengan Kamar Tidur Atap Kaca Skylight

Dalam desain kamar tidur, penting untuk mengalokasikan jumlah cahaya yang cukup. Ini berguna untuk tampilan furniture yang lebih menarik. Buatlah bentuk langit-langit dengan jendela atau atap skylight yang akan membawa kehangatan dan kesegaran tiap pagi hari. Selain itu, dengan atap ini Anda akan merasakan sensasi tidur yang berbeda, layaknya tidur di bawah bintang-bintang yang bertaburan.

7. Kolam Ikan dengan Atap Skylight



Hadirnya kolam ikan di dalam rumah memang membawa ketenangan dan juga sekaligus menambah keindahan interior rumah itu sendiri. Tambahkan air mancur dan juga atap kaca skylight pada bagian atas kolam ikan Anda. Dengan begitu, ikan-ikan hias Anda akan tetap mendapatkan pasokan oksigen yang baik dan cahaya matahari yang masuk lewat atap kaca tersebut juga menjadikan ikan tumbuh dengan lebih baik.

Selain itu, ruangan Anda juga mendapat pasokan cahaya alami di siang hari. Dan ketika malam tiba, Anda dan keluarga bisa bersantai di dekat kolam sambil ngobrol dan mendengarkan gemericik air di kolam ikan yang tentu saja bakal menambah kehangatan keluarga.

Baca juga: Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Harga Atap Kaca Skylight

Ada dua jenis kaca yang umum digunakan pada skylight, yaitu clear glass dan tinted / laminated glass. Meskipun harga kaca skylight tergantung pada berbagai faktor, seperti salah satunya merek, tapi harga rata-ratanya di pasar lokal adalah sebagai berikut dengan ukuran paling umum dijual adalah per meter.

Jenis Kaca

Ketebalan Kaca dalam mm

Harga di Pasaran Indonesia

Tempered clear glass

5

Rp 229.000

6

Rp 269.000

8

Rp 330.000

10

Rp 410.000

12

Rp 460.000

Tempered glass tinted / laminated

5

Rp 330.000

6

Rp 350.000

8

Rp 560.000

10

Rp 740.000

12

Rp 799.000



Skylight menawarkan banyak keuntungan tapi juga ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Harga atap kaca skylight sebenarnya tidak begitu mahal tapi biaya pemasangan, pembongkaran atap, dan material lain jika ditotal seluruhnya akan cukup mahal.

0 Response to "Harga Atap Kaca Skylight"

Post a Comment