6 Desain Kolam Ikan Koi: Teknik Pengerjaan, Instalasi Filter dan Sistem Pencahayaan

Sebagai salah satu ikan hias yang memiliki bentuk dan corak indah, ikan koi memang banyak diminati. Tidak seperti ikan hias lainnya, ikan koi yang cenderung berukuran besar lebih cocok ditaruh di dalam kolam dibandingkan di dalam aquarium. Anda bisa membuat kolam ikan koi minimalis jika lahan yang Anda miliki tidak begitu luas.

Selain menghemat ruang, kolam ikan minimalis juga hemat biaya pembuatan (dari segi bahan dan tukang atau juga bisa dikerjakan sendiri) dan desain kolam minimalis yang beragam bisa menambah keindahan halaman depan rumah Anda.

Kolam Koi Indoor dengan Lantai Decking Kayu

Teknik Pengerjaan Kolam Ikan Koi





Jika lebih tertarik untuk membuat kolam sendiri, inilah sejumlah tahap pengerjaannya:

1. Lokasi

Pilih lokasi kolam di area teduh tapi masih terkena sinar matahari, kolam tidak menutup akses jalan, dan jika bisa sebaiknya posisi kolam terlihat dari dalam rumah.

2. Ukuran Kolam Ikan Koi

Kedalaman ideal untuk kolam koi adalah 1 meter jika ukuran koi kurang dari 30 cm., kedalamannya bisa 1-1,5 meter jika ukuran koi 30-40 cm, dan kedalaman lebih dari 1.5 meter untuk koi di atas 40 cm. 

Lalu untuk 1 ekor koi, idealnya membutuhkan area 3x lipat ukuran dari tubuhnya, jadi untuk luas kolam bisa disesuaikan dengan jumlah ikan.

3. Bentuk Kolam

Kolam ikan bentuk persegi umum diterapkan pada area formal seperti di depan kantor/instalasi, kolam elips akan cocok untuk rumah mewah dan elegan, sedangkan bentuk bebas lebih banyak diaplikasikan pada penginapan hotel atau villa. 

Namun, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini, jadi sebenarnya Anda bisa memilih bentuk apa saja sesuai keinginan / selera.

4. Proses Membuat 

Setelah tiga hal di atas siap, sekarang mulailah membangun kolam dengan menggali tanah, mengecor, memasang batu bata, dan diakhiri dengan plaster / pengacian. 

Pada tahap plester, tambahkan zat merguson sebagai pengeras, lapisi epoxy agar kadar zat alkali pada semen bisa hilang, dan lapisi dengan cat agar kolam tidak mudah bocor.

5. Finishing

Tambahkan filter kolam, pencahayaan, batu-batuan kali, tumbuhan hijau, atau hiasan lain apapun yang dibutuhkan. Selama 1-2 minggu awal, jangan isi kolam dengan ikan. Kuras dulu kolam sesering mungkin dan tambahkan obat kutu dan pembunuh jamur.

Pada minggu ketiga, masukkan probiotik dan tunggu selama 1 minggu. Pada minggu keempat, ikan sudah bisa dimasukkan.

Pilihan Cat Terbaik untuk Kolam Ikan Koi

Selain memperindah, cat juga berfungsi mencegah bocor dan lumut. Beberapa pilihan cat terbaik adalah:

1. Aquaproof

Merk ini sudah populer sejak lama dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Aquaproof anti bocor, tahan leleh, dan tahan lama hingga 5 tahun. 

2. Flexycoat Waterponding

Cat ini diklaim anti lumut dan memang dibuat khusus untuk dasar serta dinding kolam. Meski diklaim cocok untuk ikan sensitif seperti koi, tapi sebaiknya biarkan kandungan kimia pada cat hilang sepenuhnya dengan mendiamkan kolam sekitar 1-2 minggu.

3. No Drop

No Drop adalah cat anti bocor yang cocok untuk penggunaan eksterior seperti pada tembok luar, pagar rumah, dan juga kolam ikan koi yang terkena sedikit cahaya matahari.

Baca juga: Biaya Pembuatan Pagar Rumah

4. Bondall Aquatite 

Cat ini memiliki daya tahan cukup bagus terhadap air sehingga membuat kolam tidak mudah bocor. Merek ini juga diklaim bisa bertahan hingga 10 tahun.

5. Glotex

Glotex adalah cat khusus kolam (kolam renang atau ikan) yang diklaim anti jamur, anti lumut, dan cocok untuk air tawar atau asin.

Instalasi Filter Kolam Ikan Koi


Fungsi filter adalah mencegah air kolam keruh, mencegah bau tak sedap pada air, mencegah lumut, dan mencegah tercemarnya bakteri pada ikan yang mati. Cara membuat dan memasang filter adalah:

  1. Siapkan pompa air, wadah kosong berukuran besar, pasir silika, ferrolite, karbon aktif, kapas filter, dan batu zeolit.
  2. Masukkan kapas filter ke wadah kosong di bagian paling bawah, letakkan batu zeolit di atas kapas, dan tambahkan lagi kapas di atas batu.
  3. Setelahnya tambahkan karbon aktif ke atas kapas, lalu tambahkan lagi kapas di atas karbon, dan bagian paling atas adalah ferrolite. Setelah ferrolite, tambahkan lagi kapas.
  4. Sekarang filter bisa disambungkan dengan selang pada kolam.


Instalasi Sistem Pencahayaan Kolam

Jika ingin tampilan lebih dramatis saat malam hari, Anda bisa tambahkan pencahayaan pada kolam dengan cara:

  1. Siapkan satu atau lebih lampu LED dan perlengkapan pencahayaan lain yang tahan air.
  2. Siapkan transformator dengan daya besar jika jumlah lampu Anda cukup banyak.
  3. Siapkan juga dimer agar intensitas sinar dari masing-masing lampu bisa diatur.
  4. Anda juga bisa tambahkan photocell untuk membantu menghemat listrik yang bisa membuat lampu di kolam hanya menyala ketika gelap (saat malam).
  5. Setelah semua bahan siap, pasang lampu khusus kolam di area yang Anda inginkan dan sambungkan dengan listrik di rumah.
  6. Untuk menghindari resiko kerusakan, masukkan transformator ke sebuah wadah tahan air, kemudian sambungkan ke lampu dan photocell
  7. Jika semua tahapan instalasi di atas sudah selesai, cobalah untuk menyalakan lampunya.

6 Ide Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

  • Kolam dan Tanaman 




Jika Anda memiliki halaman cukup luas dan suka dengan nuansa alami, Anda bisa membuat kolam koi sebagai titik utama dan hiasi dengan tanaman hijau favorit Anda.

  • Kolam Ikan Koi dengan Desain Setengah Lingkaran




Bentuk kolam unik setengah lingkaran seperti gambar di atas akan cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan kolam yang unik. Kolam ini tidak begitu banyak makan tempat/lahan dan cocok jika jumlah koi tidak begitu banyak. 

  • Kolam Ikan Koi dengan Air Mancur 




Air mancur tidak hanya bisa diaplikasikan pada kolam renang tapi juga kolam ikan koi seperti gambar di atas. Desain ini cocok untuk diterapkan di dalam ruangan (indoor) dengan bangunan bertema tropis dengan batu-batu kali.

  • Kolam Ikan Koi dengan Dinding Kaca  





Tampilan cantik sekaligus estetik bisa didapat jika Anda membuat kolam ikan berdinding bata yang dikombinasikan dengan kaca lalu dihias dengan sejumlah tanaman.

  • Kolam Ikan Koi dengan Dekorasi Batu Alami 



Jika ingin tampilan alami, Anda bisa menghias tepi kolam dengan batu-batu besar, tambahkan air mancur dan juga beberapa tanaman hijau.

  • Kolam Ikan Koi dengan Lantai Decking


Untuk menciptakan kolam ikan koi yang asri Anda dapat mendekorasinya dengan memberikan penutup lantai decking kayu. Pilihlah kayu yang keras yang tahan terhadap cuaca dan air, seperti kayu bengkirai dan kayu ulin.

Desain kolam ikan koi minimalis yang beragam bisa disesuaikan dengan berbagai gaya / desain rumah yang tidak hanya menjadi penyalur hobi bagi Anda yang suka pada ikan hias tapi juga bisa mempercantik halaman. 

0 Response to "6 Desain Kolam Ikan Koi: Teknik Pengerjaan, Instalasi Filter dan Sistem Pencahayaan"

Post a Comment