Berapa Biaya Membuat Pagar Rumah

Dengan adanya pagar rumah akan membuat desain hunian menjadi lebih terlihat menarik, selain itu pagar juga dapat menjadi media untuk menjaga keamanan rumah. Biaya pembuatan pagar rumah berdasarkan jenisnya dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Kini, banyak variasi pagar rumah untuk berbagai model, tetapi sekarang yang menjadi favorit model minimalis.

Nah, Anda dapat memilih desain pagar yang mempunyai model yang senada dengan seluruh bagian rumah agar terlihat menarik menggunakan tema yang senada. Karena bagaimana pun pembuatan pintu gerbang rumah seringkali dianggap menjadi bagian yang penting untuk menunjukkan kemewahan sebuah hunian. 

Apabila Anda sedang merencanakan anggaran pembuatan pagar rumah,maka harus disiapkan biayanya sesuai dengan model yang Anda inginkan nantinya.

Via www.advantagelumber.com



Daftar Harga Pagar Rumah Minimalis Sesuai dengan Jenis Material 


Terdapat beberapa jenis pagar rumah berdasarkan materialnya dengan harga yang berbeda-beda. Beragam enis pagar rumah tersebut akan dapat membuat rumah Anda terlihat lebih indah yang berkolaborasi dengan indahnya fasad bangunan, berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Pagar Besi Minimalis  

Pagar Besi


Pagar besi minimalis saat ini menjadi pagar terfavorit yang akan membuat rumah terlihat menarik dan modern. Pagar besi ini mempunyai harga yang sangat terjangkau. Tak hanya itu, jenis pagar yang satu ini juga mempunyai kelebihan dengan jumlah usia pakai yang awet karena memiliki daya tahan yang tinggi dan perawatanya pun cukup mudah.

Nah, saat Anda memilih menggunakan pagar besi dalam penggunaan yang cukup lama maka disarankan untuk melakukan cat ulang agar selalu terlihat lebih bagus setiap tahunnya. Biasanya pagar besi yang terkena paparan sinar matahari secara terus menerus memang akan memudar warna catnya.

Sebelum memasang pagar besi ini, sebaiknya ketahui dahulu biaya pembuatan pagar besi yang sering digunakan untuk menghiasi rumah minimalis agar terlihat lebih indah dan eksotis ini, berikut ulasannya.


  • Pagar besi dalam satuan m2 = 400.000 – 500.000. 
  • Pintu pagar = 450.000 – 650.000. 
  • Pagar besi balkon = 400.000 – 500.000. 
  • Pagar tempa = 750.000 – 1.250.000. 
  • Teralis tempa = 300.000 – 550.000.
  • Teralis minimalis = 250.000 – 350.000.


2. Pagar Kayu Rumah Minimalis

Pagar Kayu Rumah Minimalis


Di era sekarang ini ternyata penggunaan pagar kayu masih sering digunakan untuk menghiasi rumah hunian agar nampak vintage namun tetap terlihat mewah. Nah, sebaiknya Anda memilih aksen pagar kayu jika ingin mendapatkan suasana tradisional nan modern.

Bahkan, di era sekarang ini berbagai model rumah minimalis juga kerap dipadukan dengan pagar kayu agar tetap terlihat nuansa kekiniannya. Nah, pagar kayu ini dapat digunakan untuk menjaga privasi Anda dengan bentuk yang lebih tertutup. Pagar kayu ini tersedia dengan berbagai model yang bervariasi. 

Biasanya, pagar kayu dibuat dari kayu ulin yang sudah teruji kekuatannya sehingga kualitasnya memang sangat unggulan karena dapat bertahan dalam waktu yang lama dan anti keropos. Nah, Anda dapat membuat pagar kayu dengan estimasi biaya Rp. 1,7 juta sampai Rp2,5 jutaan.


3. Pagar Rumah Lipat Aluminium Stainless Steel

Biaya Pagar Rumah Aluminium Stainless Steel


Berikutnya, ada jenis pagar aluminium stainless steel yang banyak diaplikasikan untuk rumah hunian masa kini. Dengan menggunakan pagar aluminium tersebut pastinya memiliki kelebihan dari segi desainnya yang lebih rapi sehingga akan membuat rumah minimalis Anda terlihat estetis. Selain itu, adanya tambahan aksen aluminium akan memberi kesan mewah.

Nah, penggunaan pagar aluminum stainless steel tidak hanya membuat rumah hunian Anda menjadi lebih menarik tetapi pagar aluminum tersebut juga dapat dirancang menggunakan berbagai model dan desain sehingga akan terlihat serasi dengan sisi depan rumah Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan model pagar aluminum stainless steel maka Anda dapat menyiapkan budgetnya terlebih dahulu dengan referensi harga mulai dari Rp350,000 sampai dengan Rp2,250,000. Apabila Anda ingin memperindah pagarnya maka tambahkan railing balkon set mulai dari harga Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 750.000.


Baca juga: Katalog Produk Pagar Stainless Steel Paling Banyak Diminati


4. Pagar Rumah Tembok

Pagar Tembok Minimalis


Memilih untuk membangun pagar rumah tembok memang dinilai lebih aman karena bagian sisi depan maupun sisi samping rumah Anda menjadi tertutup rapat. Dengan demikian maka akan membuat tingkat keamanan rumah menjadi lebih tinggi.

Namun, untuk tren saat ini pagar tembok didesain minimalis sehingga fasad bangunan akan tampak dari luar.

Pagar rumah tembok juga dinilai memiliki estimasi biaya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis pagar rumah yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan harga per meternya sudah sekaligus dengan biaya tukangnya.

Nah, biaya per meter pemasangan bata atau dinding tembok untuk pembangunan pagar adalah Rp. 85.000,00. Semakin tinggi dan lebar tembok yang dibuat maka biayanya semakin tinggi.


5. Pagar Rumah Batu Alam

Pagar Rumah Batu Alam


Jika ingin membuat rumah terlihat lebih menyatu dengan alam maka Anda dapat menggunakan desain rumah batu alam yang juga akan membuat rumah hunian terlihat semakin eksotis.

Pemasangan batu alam untuk pagar rumah juga memiliki harga yang relatif murah seperti pagar rumah tembok yaitu per meternya sekitar Rp. 85.000,00. Namun, hal ini juga tergantung dengan jenis batu alam yang digunakan. Semakin langka keberadaan jenis batu alam tersebut, maka semakin mahal harganya.

Baca juga: Jenis-Jenis Batu Alam, Keunggulan dan Cara Memasangnya


Cara Menghitung Kebutuhan Pagar Rumah Minimalis


Sebagian harga yang sudah dijelaskan pada paragraf di atas merupakan biaya per satuan meter sehingga Anda dapat menghitungnya sesuai dengan kebutuhan rumah untuk memperkirakan budget yang Anda butuhkan baik untuk bangunan rumah baru maupun dalam bentuk renovasi. 

Apabila Anda ingin membuat pagar rumah minimalis dengan material besi yang berukuran panjang 4 meter dan tinggi 3 meter, kemudian harga pagar per meter persegi sekaligus tukang las memiliki estimasi Rp500.000/m2, maka akan didapatkan biaya pembuatan pagar rumah adalah:


  • Luas pagar = Panjang x Tinggi = 4 meter x 3 meter = 12 meter persegi
  • Biaya yang dibutuhkan = harga per meter x luas pagar = Rp500.000 x 12 m2 
  • Total biaya = Rp6.000,000,-


Itulah ulasan mengenai biaya pembuatan pagar rumah berdasarkan jenisnya yang dapat Anda pilih untuk memperindah hunianmu.

0 Response to "Berapa Biaya Membuat Pagar Rumah"

Post a Comment