Harga Kayu Ulin dan Cara Cek Keasliannya: Berikut Kelebihannya

Kayu ulin atau yang familiar dengan sebutan kayu besi ini merupakan jenis kayu yang banyak tumbuh di Kalimantan Timur. Kayu ini sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan tentang berapa harga kayu ulin. 

Kayu ini dianggap sebagai material bangunan paling favorit karena mempunyai karakteristik bagus dan kuat. Dengan demikian, maka bangunan akan jauh lebih awet dan tahan lama dari berbagai macam kondisi cuaca.

Nah, berikut akan kami ulas mengenai harga kayu ulin dan cara mengecek keaslian kayu ulin agar Anda tidak mudah tertipu ketika membelinya.



Deskripsi Kayu Ulin 

Kayu ulin merupakan jenis kayu yang dengan mudah diperoleh dari pohon ulin di hutam Kalimantan Timur. Kayu ini mempunyai karakteristik kuat dan keras, berwarna gelap serta sangat tahan terhadap air. Ketinggian pohon ulin dapat mencapai hingga 50 meter dengan diameter 120 cm. 

Biasanya pohon ini tumbuh agak terpisah dengan pohon-pohon lain yang berada di sekitarnya dan dapat ditandai dengan adanya lubang pada bagian bawah. Struktur kokoh dari pohon ulin yang tidak mudah lapuk itulah yang menyebabkannya sangat digemari untuk kebutuhan bangunan. Misalnya, sebagai decking; lambersering; lisplang kayu; perabot/furniture seperti meja dan kursi; dan lain sebagainya.


Karakteristik Kayu Ulin 

Memiliki Ketahanan Air yang Baik, Cocok untuk Decking Via rajawaliparquet.com


Kayu ulin dikenal sebagai jenis kayu yang sangat digemari untuk kebutuhan bahan bangunan. Hal tersebut karena jenis kayu ini sangat awet dan tidak mudah lapuk. Di samping itu, kayu ulin memiliki beberapa karakteristik seperti berikut yang memudahkan Anda nantinya untuk mengecek keaslian kayu ulin:

1. Bertekstur Keras dan Kasar 

Kayu ulin mempunyai tekstur yang ketas dan cenderung kasar. Karena karakteristik inilah, maka kayu ulin kerap diandalkan untuk material pembuatan pondasi suatu rumah. Sayangnya, karena karakteristik itu  juga kayu ulin cukup sulit untuk dipotong menggunakan gergaji. Bahkan hanya untuk dipaku saja sulit. 

Inilah yang menjadi alasan mengapa membuat pondasi rumah dari kayu ulin cukup lama dibandingkan dengan membuat pondasi dari jenis kayu lainnya. Akan tetapi, jika melihat tentang kualitasnya, tentu hal ini bukan lagi menjadi persoalan bagi Anda. 

2. Nilai Ekonomi Cukup Tinggi 

Melihat kualitas kayu ulin yang bagus, tentu hal tersebut sebanding dengan harga yang ditawarkan. Setiap ada barang bagus, pasti akan diimbangi dengan harga yang bagus pula. Jika dibandingkan dengan harga kayu lainnya, maka kayu ulin cenderung lebih mahal.

Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat permintaan kayu ulin di pasaran menurun. Malah justru sebaliknya. Permintaan akan kayu ulin terus meninggi. Banyak yang mempercayai kekokohan kayu ulin sebagai konstruksi bangunan yang mampu bertahan dalam waktu lama. 

3. Daya Tahan Bagus 

Kayu ulin memiliki daya tahan yang cukup bagus terhadap penyakit kayu. Misalnya, serangan rayap hingga ancaman lapuk karena adanya perubahan kelembapan maupun perbedaan suhu. Kandungan alami dari kayu ulin mampu membuatnya tahan banting.

Di samping itu, kayu ulin juga sangat tahan terhadap sejumlah faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu, kayu ini tidak akan mengalami perubahan bentuk seperti patah maupun melengkuk hanya karena faktor lingkungan saja. 

4. Mampu Mempertahankan Ekologi Alam

Tahukah Anda bahwa kayu ulin juga pernah menjadi salah satu jenis kayu yang dilindungi oleh pemerintah. Bukan hanya karena faktor pertumbuhannya yang melambat. Akan tetapi, pohon ulin juga menjadi salah satu rumah favorit bagi primata orang utan yang ada di hutan Kalimantan.

Saat rumah orang utan dirusak, tentu hal tersebut akan berpengaruh kepada habitat dan ekosistem mereka. Di samping itu, orang utan juga akan memakan daun-daun pohon ulin yang masih muda. Untuk lingkungan, pohon ulin juga berguna untuk menjaga kadar air sehingga mampu mencegah longsor.  

5. Mempunyai Manfaat Kesehatan yang Bervariasi 

Bukan hanya dapat dipakai sebagai bahan bangunan saja. Namun, pohon ulin juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat bervariasi. Daun pohon ulin dapat dipakai untuk kesehatan tubuh sebagai bahan makanan. Hal ini karena daun-daunnya mengandung zat fitokimia layaknya pada sayuran dan buah.

Biji pohon ulin juga bermanfaat untuk pengobatan. Saat dihaluskan, maka biji pohon ulin bisa digunakan untuk obat bengkak maupun menghitamkan rambut. Buahnya juga bisa digunakan untuk merawat rambut dari kerontokan dan ketombe. 

Baca juga: Teknik Menyambung Kayu

Cara Cek Keaslian Kayu Ulin


Beragamnya jenis orang membuat kemungkinan adanya kayu ulin palsu di pasar sangatlah mungkin terjadi. Mereka menjual kayu lain (bukan ulin), namun mengatasnamakan kayu ulin. Biasanya kayu yang diklaim sebagai kayu ulin adalah kayu kruing yang memiliki motif dan serat yang hampir sama. 

Nah, berikut ini kami bagikan cara menentukan keaslian kayu ulin agar Anda tidak mudah tertipu ketika ingin membelinya:

  1. Kayu ulin memiliki serat lebih halus jika dibandingkan kayu kruing. Anda dapat mengeceknya melalui hasil potongan bekas mesin potong yang akan terlihat kehitaman, di mana menandakan kerapatan kayu yang sangat padat.
  2. Cek keaslian kayu ulin dengan menggunakan air, yaitu ketika kayu ulin disimpan di dalam air maka akan tenggelam karena berat jenis kayu ulin lebih besar dibanding air. 


Kelebihan dan Kekurangan Kayu Ulin

Via gudangparquet.net


Sama seperti jenis kayu lainnya, kayu ulin juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Hal ini bisa menjadi faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilihnya sebagai bahan konstruksi bangunan. Beberapa kekurangan dan kelebihan kayu ulin, diantaranya:

1. Kelebihan 

  • Jenis kayu ulin terbilang sangat awet, kuat dan tentunya sangat tahan lama dipakai untuk jangka waktu panjang. Cocok sekali bagi Anda yang mau membangun konstruksi untuk kebutuhan usaha dan sebagainya. 
  • Sangat kebal terhadap serangan rayap maupun penyakit kayu lain yang umum menyerang jenis kayu lainnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kayu ulin sangat disukai oleh perancang bangunan manapun. 
  • Karena materialnya yang sangat kuat, maka kayu ulin sangat direkomendasikan untuk membuat pondasi dari suatu bangunan.
  • Dapat dijadikan sebagai cinderamata sebagai berbagai macam jenis kerajinan. Mulai dari gelang, jam, batu cincin dan sebagainya.
  • Dapat digunakan untuk bahan bangunan jembatan, perkapalan hingga tiang listrik sekalipun.


2. Kekurangan 

  • Mengingat banyaknya permintaan terhadap kayu ulin, maka saat ini jumlah kayu ulin di habitat aslinya Kalimantan Timur menjadi berkurang. 
  • Kayu ini cukup sukar dipaku dan digergaji karena terlalu kuat serta keras. Akan tetapi, jika menggunakan mesin bantu, maka memotong kayu ulin tidak akan sulit dilakukan.


Daftar Harga Kayu Ulin 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kayu ulin, maka jangan lupa untuk mencermati harganya terlebih dahulu. Harga kayu ulin tentunya sangat bervariasi. Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan konstruksi. 

Jenis dan Ukuran dari Kayu Ulin

Detail Harga Kayu Ulin

2 x 10 x 200 cm

Rp.250.000,00/batang

17 x 80 x 1200 mm

Rp.375.000,00/meter persegi

18 x 80 x 1200 mm

Rp.450.000,00/meter persegi

19 x 80 x 1200 mm

Rp.500.000,00/meter persegi

20 x 10 x 1200 mm

Rp.750.000,00/meter persegi

19 x 100 x 1200 mm

Rp.700.000,00/meter persegi

19 x 90 x 1200 mm

Rp.650.000,00/meter persegi


Kayu ulin tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk konstruksi bangunan Anda. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui harga kayu ulin sebelum membelinya. Dengan demikian, Anda juga bisa menyesuaikan berapa total harga keseluruhan kayu ulin dengan rencana konstruksi nantinya.

0 Response to "Harga Kayu Ulin dan Cara Cek Keasliannya: Berikut Kelebihannya"

Post a Comment