Model Plafon Lambersering dan Biaya

Jika Anda tertarik dengan desain rumah minimalis nuansa kayu pastinya sudah tidak asing lagi dengan plafon lambersering atau yang bisa disebut juga sebagai lumber ceiling. Produk dan model plafon lumber ceiling ini menjadi alternatif lain selain eternit, gypsum, atau triplek yang umumnya memiliki model monoton.

Dari segi tampilan, lumber ceiling ini cocok bagi Anda yang menginginkan rumah estetik, elegan, bahkan unik. Kesan yang hadir dari deretan kayu ini terlihat sangat indah saat dipandang. Jika diperhatikan, desain lambersering terlihat seperti gaya kuno dengan sentuhan modern.

Via homebnc.com


Deskripsi tentang Lambersering


Di antara jenis plafon yang cukup bermacam-macam, lambersering menjadi salah satu yang lumayan banyak digunakan. Produk plafon kayu atau yang disebut juga lumber ceiling ini digunakan untuk menggantikan material plafon lain, misalnya eternit, triplek, atau gypsum.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Plafon, Hollow, dan Gypsum, Serta Biaya yang Dibutuhkan

Jenis plafon ini dibuat menggunakan kayu olahan dalam bentuk lembaran-lembaran. Ukurannya juga bermacam-macam dengan lebar 1-1,2 cm dengan panjang kira-kira 100-390 cm. Ketika proses finishing, material lumber ceiling ini akan diplitur menggunakan warna alami kayu alami. 

Hal ini dilakukan supaya kesannya lebih natural. Selanjutnya, lembaran kayu akan dikeringkan supaya kadar air menyusut. Dengan begitu, saat proses pemasangan, papan lambersering tidak mengalami proses penyusuran. 

Plafon kayu lambersering ini banyak digunakan pada rumah yang ingin menonjolkan kesan yang elegan dan alami sekaligus. Bentuknya memanjang dan dipasang di dinding maupun plafon rumah supaya menghasilkan kesan yang unik dan khas.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk lumber ceiling. Kayu yang dipakai merupakan jenis kayu ringan dan berkualitas. Hal ini dilakukan karena kayu harus bisa menempel kuat tanpa takut mengelupas atau menimpa orang di dalamnya.

Enam Model Plafon Lambersering


Plafon kayu ini terbuat dari berbagai macam jenis kayu yang berbeda, misalnya kayu ulin dan kumea. Walaupun begitu, motifnya seragam dan dapat menciptakan desain yang menarik untuk langit-langit. Berikut ini beberapa model plafon kayu lambersering yang bisa digunakan sebagai inspirasi Anda:


1. Plafon Lambersering pada Ruang Kerja

Via bobvila.com

Ruang kerja atau kantor yang menggunakan plafon lambersering tentu akan membuat orang yang bekerja di ruangan tersebut merasa lebih nyaman. Plafon kayu ini menambah kesan hangat. 

Kehadiran kayu di tengah-tengah yang membatasi juga berguna untuk membuat kesan langit-langit yang tidak terlalu tinggi. Perpaduan karpet dan sofa juga akan membuatnya lebih bagus dan menarik ketika dilihat.


2. Plafon Lambersering Untuk Ruang Makan Nuansa Prancis

Via bobvila.com


Plafon kayu memang cocok ditempatkan di bagian rumah mana saja, termasuk ruang makan. Ruang makan yang terinspirasi dengan gaya Prancis ini terlihat semakin menawan dengan plafon kayu berwarna cerah dan furnitur dengan tema yang sama. 

Apalagi penggunaan lantai kayu dengan warna yang lebih gelap, akan memberikan kesan ruangan yang lebih mewah. Ruang makan juga akan terlihat lebih cerah dan furnitur yang digunakan bisa terlihat lebih menonjol.

3. Plafon Lambersering Vintage Mewah

Via digsdigs.com

Tidak harus minimalis, plafon kayu juga akan sangat cocok untuk rumah bergaya vintage. Plafon kayu dengan pembatas tersebut akan menambah sentuhan yang terlihat apik dan membuat ruangan lebih menarik. 

Plafon kayu ini biasanya diterapkan di rumah-rumah pedesaan luar negeri. Gaya ini memang tidak terlihat sederhana. Namun, cocok bagi Anda yang ingin membuat plafon rumah terkesan mewah dan elegan.

4. Plafon Lambersering Tema Pantai

Via digsdigs.com


Sebelum dipasang, mungkin saja Anda akan melihat lembaran kayu lambersering ini kurang menarik. Pasalnya, warna kayu umumnya terlihat lusuh dan tidak bersih yaitu warna putih dengan corak-corak. Namun, setelah dipasang menjadi plafon, kesan yang didapatkan adalah unik dan indah. 

Plafon lambersering ini sangat cocok diterapkan di bagian ruangan tamu atau ruang tengah untuk menghadirkan ruangan dengan tema pantai. Hal ini dikarenakan warna kayu yang terlihat seperti warna pasir pantai putih. 

Kombinasikan juga dengan beberapa furnitur berwarna putih, coklat, dan abu-abu.

5. Plafon Lambersering Warna Coklat Muda

Via digsdigs.com


Plafon kayu lambersering tidak harus selalu berwarna coklat gelap. Anda juga bisa memilih plafon kayu dengan warna coklat muda yang terlihat lebih terang. Hal ini juga tentu akan memberikan dampak pada kesan keseluruhan ruangan. 

Ruangan dengan nuansa putih serta plafon lambersering berwarna cerah akan menambah kehangatan. Tentu saja siapapun yang tinggal akan merasa lebih nyaman di dalamnya.

6. Plafon Kayu Lambersering Gaya Skandinavia





Rumah gaya skandinavia akhir-akhir ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin melakukan desain ulang rumah. Pasalnya, gaya ini terlihat minimalis dan elegan dengan kombinasi material kayu di dalamnya. Tidak hanya furnitur kayu, material kayu juga bisa diterapkan pada plafon. 

Selain plafon, tembok juga diberi nuansa kayu agar terasa lebih hangat. Bentuk atap segitiga ini akan membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Cahaya matahari yang masuk mengenai material kayu juga akan terlihat semakin cantik.

Biaya Pemasangan Detail Harga Bahan Lambersering dan Tukangnya



Via advantagelumber.com

Jika Anda ingin menggunakan plafon kayu atau lambersering ini sudah pasti perlu mengetahui harganya, baik harga bahan dan harga pemasangan. Hal tersebut sangat penting diketahui supaya Anda bisa memperkirakan budget yang Anda butuhkan untuk pembuatan plafon lembersering.

Baca juga: Harga Kayu Ulin dan Cara Cek Keasliannya

Berikut daftar harga bahan plafon kayu:


Bahan/Plafon

Ukuran

Harga/m2

Plafon Kayu Kruing

1x8x100 cm

Rp280.000

Plafon Kayu Ulin

1x8,5x150 cm

Rp350.000

Plafon Kayu Bengkirai

1x13,5x210-330 cm

Rp320.000

Plafon Kayu Sungkai

1x9x130 cm

Rp210.000

Plafon Kayu Momala

1x7x160 cm

Ro240.000

Kayu Nyatoh

1,2x8x60-180 cm

Rp350.000

Kayu Merbau

1,2x9x60-180 cm

Rp350.000

Kayu Palapi

1,2x9x60-180 cm

Rp200.000

Mix Meranti Merah

1,2x9x60-180 cm

Rp200.000



Selain harga bahan, tentu saja ada biaya pasang atau biaya tukang yang perlu dibayarkan. Berikut adalah harga pasang:
  • Biaya pasang dengan bahan melamin standar impra dengan metode sprayer, kisaran harga Rp200.000/m2.
  • Biaya pasang dengan bahan finishing latsur exterior, kisaran harga Rp170.000/m2.
  • Pemasangan profil Rp20.000/m2.
  • Pemasangan adu manis Rp200.000/m2.
  • Pembuatan lubang lampu Rp15.000/m2

Keterangan:

  • Harga ini berlaku untuk pemasangan di atas 20m2. Jika pemasangan di bawah volume tersebut, harga kondisional.
  • Harga plafon kayu tidak termasuk dengan biaya pasang dan finishing.
  • Standar ketinggian area pemasangan plafon 2,5 meter. Untuk ketinggian area pemasangan plafon di atas 3,5 meter, harga kondisional.
  • Custom warna akan dikenakan biaya Rp20.000 dari harga satuan.
 

Setelah melihat beberapa model plafon lambersering dengan harga lengkap, pastinya Anda sudah tidak terlalu bingung. Anda juga bisa memperkirakan berapa biaya yang kira-kira akan dihabiskan untuk membuat plafon kayu di rumah agar terlihat semakin estetik. 

0 Response to "Model Plafon Lambersering dan Biaya"

Post a Comment