Ide Desain Dapur Minimalis 3x2 dan Biaya Anggaran yang Dibutuhkan

Ukuran dapur yang mungil jangan menjadi halangan bagi Anda yang ingin membuatnya terlihat lebih apik. Saat ini sudah ada banyak desain dapur minimalis 3x2 yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat dapur rumah terlihat lebih estetik dan cantik.

Ketika sudah menemukan desain yang ingin diterapkan, Anda juga tentu perlu membuat RAB atau rencana anggaran. Hal ini dilakukan agar renovasi yang dilakukan sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tidak menjadi terlalu besar karena sudah dihitung.





Ide Desain Dapur Minimalis 3x2


Sebelum memutuskan untuk membuat atau merenovasi dapur mungil, lebih baik Anda menemukan desain yang sesuai. Desain ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam melakukan pembangunan. Berikut ini beberapa desain dapur minimalis ukuran 3x2 meter untuk contoh, yaitu:


1. Desain Dapur Minimalis 3x2 Putih Elegan




Jika Anda menyukai desain yang elegan, maka desain dapur minimalis berwarna putih ini bisa dijadikan referensi. Mulai dari lantai dapur, cat tembok, kabinet, sampai furnitur yang ada menggunakan warna putih. Dapur dengan warna putih ini akan terlihat sangat elegan. 

Baca juga: Ide Keramik Lantai Dapur dengan Motif yang Menarik

Meskipun begitu, tentu Anda perlu memberikan perhatian dan perawatan ekstra. Pasalnya, warna putih ini akan cepat kotor apalagi jika diterapkan di dapur. Desain dapur berukuran 3x2 ini akan sangat cocok bagi Anda pecinta warna putih dan menyukai kesan area yang bersih sekaligus luas.

2. Desain Dapur Minimalis Ukuran 3x2 Aesthetic



Penambahan unsur kayu dengan ruangan yang dicat putih akan menghasilkan perpaduan yang menarik. Tidak hanya itu, penambahan karpet dengan motif juga tentu menambahkan kesan yang berbeda. Biasanya, penambahan karpet di dapur ini dilakukan di luar negeri. 

Walaupun begitu, Anda bisa mengganti karpet motif dengan lantai vinyl supaya lebih mudah dibersihkan. 

Baca juga: Rekomendasi Alternatif Lantai Selain Keramik

Sedangkan penambahan aksen warna hitam membuat area dapur terlihat lebih modern, misalnya seperti lampu gantung. 

Untuk membuatnya lebih cerah, dapur juga ditambah jendela besar. Selain membuat sinar matahari masuk ke dalam ruangan, tentu sirkulasi udara juga bisa berlangsung dengan lebih baik. Anda bisa menerapkan desain dapur minimalis 3x2 ini.

3. Desain Dapur Minimalis Ukuran 3x2 Atap Kaca



Supaya cahaya bisa masuk dengan maksimal, Anda bisa membuat dapur dengan atap kaca. Selain lebih terang, area dapur juga akan terlihat lebih luas meskipun dapur hanya berukuran 3x2 meter. Kombinasi warna putih, hitam, dan sedikit aksen kayu akan membuatnya terlihat lebih modern. 

Hal ini juga didukung dengan penambahan sedikit warna emas yang membuatnya terlihat mewah, namun tidak berlebihan. 

Aktivitas memasak juga tentu akan lebih nyaman dilakukan di area yang cerah. Untuk membuatnya lebih unik, dinding dengan motif batu bata warna putih juga bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Baca juga: Harga Atap Kaca Skylight


4. Desain Dapur Minimalis Ukuran 3x2 dengan Mini Bar




Untuk memanfaatkan lahan yang terbatas, terkadang Anda bingung di mana harus meletakkan meja makan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan desain dapur gaya mini bar. 

Selain digunakan sebagai meja untuk menyiapkan bahan makanan, meja ini juga bisa berfungsi sebagai meja makan. Untuk membuatnya lebih aesthetic, gunakan high chair dengan tema serupa. 

Desain dapur 3x2 ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang ingin memanfaatkan lahan, namun tetap memiliki tempat yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga kecil.

5. Desain Dapur Minimalis Ukuran 3x2 Nuansa Kayu





Desain dapur dengan nuansa kayu memang sedang banyak diminati. Untuk dapur mungil, akan lebih baik jika ditempatkan di bagian belakang rumah yang memiliki akses keluar. Hal ini dilakukan agar dapur memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Supaya peralatan di dapur terlihat rapi, gunakan juga kabinet penyimpanan. Selain itu, perhatikan juga peralatan masak yang akan digunakan. Jangan sampai peralatan masak terlalu banyak disimpan di luar karena hanya akan membuatnya terlihat berantakan.

RAB Pembuatan Dapur Minimalis


Ketika akan melakukan renovasi atau pembuatan ruangan tertentu, Anda perlu memikirkan mengenai biaya yang dikeluarkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar biaya yang benar-benar dikeluarkan tidak terlalu besar. Berikut adalah contoh rencana anggaran biaya yang bisa digunakan:

  • Tukang Bangunan (2 orang untuk 5 hari) = Rp100.000/orang = Rp100.000 x (2x5 hari) = Rp1.000.000
  • Keramik Dinding: Rp300.000
  • Cat Tembok: Rp500.000
  • Kawat: Rp20.000
  • Granit Meja: Rp400.000 x 2 = Rp800.000
  • Besi 8: Rp35.000 x 2 = Rp70.000
  • Pelapis Meja: Rp30.000
  • Semen (2 sak): Rp80.000
  • Pasir: Rp300.000
  • Batu Bata: Rp1.000 x 30 = Rp30.000
  • Nat Khusus Hitam: Rp15.000
  • Bata Tempel = Rp125.000/dus x 2 = Rp250.000
  • Wastafel atau Bak Cuci: Rp300.000


Baca juga: Contoh RAB Rumah Minimalis dan Lantai 2

Berdasarkan rincian ini, maka rencana anggaran yang dibuat adalah Rp3.695.000. Perlu diketahui untuk mengantisipasi dana tidak terduga, lebih baik siapkan dana lebih dari yang sudah dianggarkan. Harga tersebut tentu saja bisa berbeda-beda, tergantung beberapa faktor.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Dapur Minimalis





Dalam pembuatan dapur kecil atau minimalis dengan ukuran 3x2, ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya yang dikeluarkan. Berikut ini beberapa faktor yang berpengaruh dalam pembuatan dapur kecil:

1. Desain Dapur

Untuk rumah sederhana, lahan yang ada juga tentu lebih kecil dan terbatas. Dengan begitu, Anda perlu memanfaatkan semua lahan yang ada, termasuk untuk area dapur. 

Ketika membuat desain perhatikan juga sirkulasi dan pencahayaan. Hal ini dilakukan agar dapur tidak terasa pengap akibat tidak ada sirkulasi.

2. Pemakaian Cat Dinding

Cat dinding juga menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pilih warna sesuai mood supaya penghuni rumah bisa memasak dengan nyaman di dapur. 

Pilih warna yang cerah seperti putih supaya dapur minimalis terkesan lebih luas. Harga yang perlu dikeluarkan untuk cat dinding berkisar Rp400.000 sampai Rp500.000.

3. Upah Tukang Bangunan

Terkadang terlewat, upah tukang bangunan tentu saja harus masuk dalam rencana anggaran biaya. Biasanya untuk merenovasi dapur dibutuhkan dua orang tukang, satu sebagai mandor dan satu sebagai kenek. 

Upah mandor biasanya Rp100.000 per hari dan kenek Rp70.000 per hari serta mendapat jatah makan satu kali. Anda bisa melakukan survey harga tukang bangunan di lingkungan tempat tinggal Anda.

4. Pemakaian Batu Tempel dengan Meja Granit

Supaya tampilan dapur terlihat lebih berbeda, Anda bisa menambahkan dapur tempel atau meja granit. Pemakaian batu tempel yang ditempatkan di bagian depan akan menambah kesan estetik. 

Sementara itu, meja granit perlu diletakkan di bagian pinggir dan harus dihaluskan dulu sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya tidak membuat penghuni rumah terluka akibat tergores.

 

Untuk membuat dapur minimalis yang lebih nyaman digunakan, pilihlah rak piring gantung atau memesan kitchen set secara custom. Saat ini sudah ada banyak desain dapur minimalis 3x2 untuk referensi membuat dapur yang cantik dan estetik. Ukurannya yang mungil bukan berarti dapur akan terlihat membosankan dan monoton. 

0 Response to "Ide Desain Dapur Minimalis 3x2 dan Biaya Anggaran yang Dibutuhkan"

Post a Comment