15 Ide Pintu Kaca Geser Frameless dan Biaya Pemasangannya

Pemasangan pintu kaca geser frameless biasanya digunakan untuk perkantoran. Walaupun begitu, saat ini ada banyak rumah yang memanfaatkan pintu kaca geser ini. Nyatanya, penggunaannya juga dapat memberikan manfaat dan membuat rumah terlihat lebih menarik.

Untuk menghadirkan kesan yang lebih minimalis, pintu geser ini dibuat frameless. Sebelum membuat pintu kaca geser, sebaiknya ada mencari tahu ide desain yang sesuai dengan keinginan serta perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan.


Apa itu Pintu Kaca Frameless?


Pintu kaca frameless adalah jenis pintu kaca yang tidak dilengkapi dengan  frame baik aluminium maupun kayu untuk daun pintunya dan juga tidak dilengkapi dengan kusen. Pintu ini dapat diinstall dengan berbagai cara, yaitu ada yang bisa digeser. dorong/tarik, dan juga stacking (ditumpuk) ketika ingin membuka dan menutupnya. 

Untuk daun pintu single biasanya berupa pintu geser (sliding door) sedangkan yang terdiri dua daun pintu berupa pintu kaca yang bisa ditarik dan didorong atau juga sliding door. Kaca yang digunakan biasanya berupa kaca tempered 12 mm sehingga memiliki kekuatan dan keamanan yang baik mengingat daun pintu sangat dinamis terus menerus dibuka dan ditutup.


Ide Desain Pintu Kaca Geser Frameless


Ketika mendesain rumah, kantor, atau bangunan lainnya pastinya Anda berharap hasilnya sesuai dengan bayangan Anda. Oleh karena itu, Anda juga perlu mencari beberapa inspirasi dari desain yang sudah ada. Berikut ini 15 desain sliding door kaca frameless yang bisa dijadikan contoh:


1. Pintu Geser Kaca Area Outdoor

Via openenclosure.com

Bagi Anda yang memiliki area outdoor, lebih baik pilih pintu geser kaca untuk menghubungkan area dalam rumah dan luar rumah. Penggunaan pintu geser kaca ini membuat penghuni rumah bisa melihat ke area luar dan memberikan kesan lebih luas.


2. Pintu Kaca Geser Gelap

Via elegantdoors.co.uk

Pintu kaca tidak harus dibuat menggunakan kaca bening transparan. Anda juga bisa berkreasi dengan kaca yang warnanya lebih gelap, seperti biru. Hal ini akan membuat tampilan ruangan lebih unik dan modern.


3. Pintu Kaca Geser Ruang Keluarga


Via archify.com

Untuk menghadirkan kesan hangat di ruang keluarga, Anda bisa memanfaatkan pintu kaca geser yang frameless ini. Pintu kaca minim bingkai akan membuat ruang keluarga terasa lebih besar dan lapang.


4. Pintu Kaca Geser Area Kolam Renang

Via kparkerjoinery.co.za


Jika Anda memiliki kolam renang, rasanya penggunaan pintu kaca geser frameless adalah hal yang wajib. Pemandangan dari dalam rumah juga tentunya akan terlihat lebih indah dan cantik.


5. Pintu Kaca Geser Minimalis


Via archify.com

Perpaduan antara sliding door kaca dengan perpaduan lantai kayu akan menghadirkan kesan minimalis yang hangat dan natural. Anda dapat menggunakan lantai kayu laminated, solid, ataupun vinyl. Sesuaikan dengan kebutuhan dan konsep dari bangunan tersebut. 

Penggunaan furnitur warna netral juga akan membuat area sekitar sliding door ini lebih minimalis dan sederhana.


6. Pintu Kaca Geser di Kamar Tidur

Via glassmanufacturerchina.com

Penggunaan pintu kaca geser frameless di dalam kamar tidur juga bisa menghadirkan kesan tersendiri. Biasanya, pintu jenis ini digunakan untuk membatasi area kamar tidur dengan kamar mandi sehingga digunakan jenis kaca yang buram.

7. Pintu Kaca Geser dengan Jendela Kaca

Via homeplus.co.nz

Tidak hanya satu bagian saja, kaca di segala sisi juga akan membuat ruangan terlihat lebih unik. Pintu kaca geser frameless ini bisa dikombinasikan dengan jendela kaca besar untuk membuat ruangan transparan.

8. Pintu Kaca Geser Ruang Makan

Via Pinterest

Pemakaian pintu kaca geser frameless untuk area ruang makan akan membuat area ini terasa lebih luas. Apalagi penambahan lampu berwarna orange yang akan membuatnya terkesan lebih hangat di malam hari.


9. Pintu Kaca Geser Area Shower Kamar Mandi

Via residentialproductsonline.com


Pintu kaca geser frameless memang umum digunakan untuk area shower. Hal ini dilakukan agar air tidak membasahi area lainnya di kamar mandi. Frame hitam minimalis membuat pintu kaca juga terlihat lebih elegan.


10. Pintu Kaca Geser Lemari Pakaian



Tidak hanya sebagai pembatas ruangan, pintu kaca geser juga bisa digunakan sebagai pintu untuk lemari pakaian. Untuk memberikan kesan yang maskulin, gunakan kaca buram, frame hitam, dengan area lemari kayu. Perpaduan unsur tersebut akan membuat lemari lebih keren dan elegan.

11. Pintu Kaca Geser Walk-in Closet




Bagi Anda yang memiliki banyak pakaian dan aksesoris, bisa membuat walk in closet dengan pintu kaca geser. Keberadaan pintu geser ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari pakaian di lemari. 

Baca juga: Ide Desain Walk in Closet: Perbedaannya dengan Wardrobe

Jika ruangan berwarna putih, Anda bisa menambahkan frame kaca berwarna hitam yang sederhana. Berikan juga lampu penerangan di dalam lemari.


12. Pintu Kaca Geser Nuansa Emas



Untuk membuat kamar mandi yang sederhana namun mewah, Anda bisa menggunakan pintu kaca geser dengan frame dan handle berwarna emas. Warna emas ini akan menghadirkan kesan mewah pada kamar mandi.

13. Pintu Kaca Geser Dekat Taman




Salah satu manfaat dari penggunaan pintu kaca adalah Anda tetap bisa menikmati pemandangan di luar ruangan tanpa harus keluar. Bagi pemilik taman, Anda bisa mencoba menggunakan pintu kaca geser ini agar tetap bisa melihat area taman dari luar. 

Pintu kaca geser sudut ini membuat cahaya matahari bisa masuk maksimal ke dalam rumah.


14. Pintu Kaca Geser Kecil



Pintu kaca geser frameless tidak melulu selalu dibuat besar. Anda juga bisa membuat pintu geser dengan ukuran lebih kecil untuk membatasi ruang di dalam rumah. Gunakan cat dan furniture berwarna putih jika Anda ingin menampilkan kesan rapi dan bersih.

Pintu ini dapat diletakkan di ruang dapur dekat kitchen set. Jadi, ketika Anda membuka atau menutupnya tidak perlu tarik dan dorong, cukup dengan cara menggesernya saja.



15. Pintu Kaca Geser Aesthetic

Via henderson.co.za


Untuk membuat rumah lebih aesthetic, Anda bisa menggunakan pintu kaca geser. Pintu kaca bisa digunakan untuk membatasi kamar tidur dengan area dalam rumah. Tentu saja, tetap terlihat sederhana namun elegan.


Detail Biaya Pemasangan Pintu Kaca Geser Frameless


Bagi Anda yang berniat memasang sliding door frameless, tentu saja perlu tahu detail biaya pemasangannya. Berikut ini asumsi analisa biaya pemasangan yang bisa Anda gunakan dalam mengetahui biaya pemasangan pintu kaca geser besar di kantor atau pertokoan, yaitu:

Komponen

Qty

Harga Satuan

Total

Kaca tempered 12 mm

9,88

900.000/m2

8.892.000

List aluminium U

4,40

39.500/m

173.800

Hardware

Overplanel

2

950.000/set

1.900.000

Floor hinges

2

1.750.000/set

3.500.000

Bottom patch fitting

2

650.000/set

1.300.000

Top patch fitting

2

650.000/set

1.300.000

Pull handle

2

2.250.000/set

4.500.000

Bottom patch lock + cylinder

2

1.250.000/set

2.500.000

Ubah pasang pintu + hardware

2

850.000/daun

1.700.000

Jumlah

25.765.800


 

Detail biaya pemasangan tersebut merupakan sebuah analisa. Anda mungkin akan membutuhkan komponen lainnya dengan jumlah yang berbeda. Analisa ini bisa digunakan sebagai acuan dalam membuat rencana biaya untuk mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Sementara itu, berikut beberapa harga pintu kaca berbagai merk sebagai bahan pertimbangan, yaitu:

Deskripsi

Ukuran

Harga

Pintu Kaca + Kusen, Inkalum

250x180

Rp3.800.000

Pintu Kaca + Kusen, Dacon

250180

Rp3.500.000

Pintu Kaca + Kusen, Alexindo

250x180

Rp4.500.000

Pintu Kaca + Kusen, Alcomexindo

250x180

Rp4.000.000

Pintu Kaca + Kusen, YKK

250x180

Rp4.900.000

Pintu Kaca + Kusen, Inkalum

80x200

Rp2.700.000

Pintu Kaca + Kusen, Dacon

80x200

Rp2.500.000

Pintu Kaca + Kusen, Alexindo

80x200

Rp3.400.000

Pintu Kaca + Kusen, Alcomexindo

80x200

Rp3.000.000

Pintu Kaca + Kusen, YKK

80x200

Rp3.600.000


 

Pemasangan pintu kaca geser frameless di rumah dan di kantor tentu memberikan kesan yang berbeda. Rumah dengan sliding door akan terasa lebih estetik dan unik. Kini Anda memiliki lebih banyak inspirasi dalam membuat desain pintu, tidak hanya bentuk pintu pada umumnya saja.

0 Response to "15 Ide Pintu Kaca Geser Frameless dan Biaya Pemasangannya"

Post a Comment