Biaya Pembuatan Kolam Renang

Untuk kamu yang ingin membuat kolam renang, baik kolam renang pribadi ataupun kolam renang untuk umum yang diperuntukan binis, tentunya harus menyiapkan biaya pembuatan kolam renang sebelum pelaksanaan pembangunan dilakukan. 

Untuk mengetahui harga pembangunan kolam renang sebaiknya baca artikel penjelasan di bawah ini sampai selesai karena banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga biaya pembuatan kolam renang.

Kolam renang umum

Lahan kosong di sekitaran rumah dapat dimanfaatkan untuk menjadi kolam renang. Atau bahkan kolam renang didesain berada di dalam rumah juga bisa kamu bangun lho. Karena selain sebagai sarana olahraga, kolam juga dapat digunakan sebagai salah satu tempat yang tepat untuk kamu dan keluarga bersantai di akhir pekan.

Kolam renang membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pembuatannya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui kisaran budget yang diperlukan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar pembangunan lancar dan tidak mandek di tengah jalan.


Faktor Pengaruh Biaya Pembuatan Kolam Renang


Biaya yang diperlukan untuk membuat kolam renang tentu tak dapat ditentukan dengan nilai yang baku. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya. Empat hal di bawah ini merupakan faktor utamanya.


1. Tipe Kolam Renang

Ketika kamu memutuskan akan membuat kolam renang di rumah, sebaiknya tentukan pula tujuannya. Hal ini akan berpengaruh secara langsung terhadap jenis kolam yang akan dibuat. Apabila kamu menginginkan kolam untuk berlatih renang profesional, maka ukuran dan kedalamannya harus sesuai dengan standar.

Biaya untuk membuat exercise pool tentu berbeda dengan jenis play pool yang dibuat tidak begitu dalam. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan jenis kolam yang akan dibuat terlebih dahulu. Selain kedalaman, bentuk kolam pun akan berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan.

Selain dua jenis di atas, masih ada private pool yang biasa ada di rumah-rumah. Kolam ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran umum 4 meter x 8 meter. Kedalamannya disesuaikan dengan keinginan pemilik, mulai dari 100 cm hingga 200 cm.


2. Material Finishing

Faktor berikutnya yang berpengaruh terhadap biaya pembuatan kolam di rumah adalah material finishing. Di Indonesia terdapat tiga jenis material yang biasa digunakan untuk kolam renang, yaitu keramik, mozaik, dan batu alam. Ketiga material ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing.

  • Keramik

Bahan ini merupakan salah satu yang paling populer di Indonesia. Material yang mudah didapatkan dan harganya lebih terjangkau. Namun keramik memang tidak didesain untuk menangung beban berat. Bahan ini akan mudah retak akibat tekanan air di dalam kolam renang.

Baca juga: 10 Ide Keramik Lantai untuk Pilihan Dapur mu

  • Mozaik

Bahan ini mirip dengan keramik namun ukuran kepingannya jauh lebih kecil. satu keping mozaik umumnya memiliki ukuran sekitar 2 hingga 7 centimeter. Material ini lebih tahan terhadap tekanan air di kedalaman sehingga tak mudah retak.

Sayangnya, tak semua daerah di Indonesia telah tersedia mozaik ini. Karena ukurannya yang kecil pula, diperlukan waktu yang lebih lama dalam pemasangan. Dilihat dari tampilannya pun lebih mewah dibandingkan dengan keramik.

  • Batu alam

Di antara ketiga material finishing kolam renang, batu alam menjadi yang paling mahal. Kesan yang ditimbulkan adalah alami dan tradisional. Proses pemasangannya pun tergolong sulit karena permukaannya tidak rata.

Selain pemasangannya yang sulit, batu alam juga memerlukan perawatan ekstra dibandingkan keramik dan mozaik. Mungkin hal ini akan merepotkan kamu sebagai pemilik kolam.


3. Sistem Sirkulasi Kolam

Air di kolam renang tidak boleh diam karena bisa mudah kotor. Untuk mengatasinya, maka diperlukan sirkulasi air untuk membersihkannya. Ada dua jenis sistem sirkulasi yang umumnya dipakai yaitu skimmer dan overflow. Mari pahami perbedaan antara keduanya.

  • Skimmer

Cara kerja sistem sirkulasi adalah menyedot air dari dalam kolam melalui main drain dan skimmer. Setelah itu, air diarahkan menuju filter dan dikeluarkan kembali ke kolam melalui outlet. Sistem ini lebih sering ditemui pada kolam ukuran kecil atau rumahan.

  • Overflow

Pernahkah kamu melihat kolam renang yang airnya selalu tumpah menuju celah di tepian kolam? Nah, kolam jenis menggunakan sistem sirkulasi overflow. Air dibiarkan tumpah ke saluran di sekeliling kolam, kemudian air tersebut ditarik masuk ke dalam filter dan dialirkan kembali ke dalam kolam.

4. Mesin Pompa dan Filter

Faktor penentu besarnya biaya pembuatan kolam renang yang lain adalah mesin pompa air dan juga filter. Pompa dipakai untuk menyedot air dari kolam serta mengalirkannya kembali ke kolam. Jenis pompa dibedakan berdasarkan tenaga yang dihasilkan. Semakin besar tenaga yang dihasilkan maka semakin tinggi pula harganya.

Sedangkan filter dipakai untuk menyaring air dari kotoran yang ada di dalamnya. Peran filter di kolam renang ini sangat penting. Tanpa ada filter, air kolam akan kotor.

Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Kolam renang dengan interior yang bagus


Untuk memahami cara penghitungan serta kisaran biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam, sebaiknya kamu melihat ilustrasi di bawah ini.

Sebuah kolam akan dibuat dengan ukuran 4 meter x 8 meter dan kedalamannya adalah 150 cm atau 1,5 meter. Karena ukurannya yang relatif kecil, maka sistem sirkulasi yang dipakai adalah skimmer.

Kolam tersebut membutuhkan air sekitar 48 meter kubik.

Material yang digunakan untuk konstruksi ini adalah beton site mix. Beton jenis ini dibuat langsung di tempat pembangunan menggunakan campuran semen, pasir, dan air. Finishing kolam menggunakan bahan mozaik, sedangkan bagian top border memakai batu andesit ukuran 30x30.

Dari uraian di atas bisa didapatkan perhitungan kasar seperti berikut.

  1. Biaya pembuatan kolam skimmer per meter adalah sekitar Rp 3.800.000. Luas kolam di atas adalah 4x8=32 meter persegi. 32 x Rp 3.800.000 = Rp 121.600.000
  2. Harga pompa merek Hayward berkekuatan 1 HP dan filternya Rp 21.000.000.
  3. Aksesoris kolam renang meliputi lampu, inlet, pipa, dan serangkaian alat skimmer Rp 15.000.000.
  4. Biaya penanganan air kolam di satu bulan pertama Rp 2.000.000.
  5. Total seluruh biaya pembuatan kolam menjadi Rp 121.600.000 + Rp 21.000.000 + 15.000.000 + Rp 2.000.000 = Rp 159.600.000
Harga di atas belum dengan interior atapnya lho ya yang di seperti gambar di atas. Tentunya penambahan interior dan atap akan menaikan harga yang harus kamu persiapkan untuk membangun kolam renang idaman mu.

Harga di atas hanyalah gambaran umum. Pilihan material yang kamu gunakan mungkin saja akan berpengaruh terhadap biaya pembuatan kolam renang menjadi lebih murah atau lebih mahal.

0 Response to "Biaya Pembuatan Kolam Renang"

Post a Comment