Aluminium Foil Atap: Pengertian, Fungsi, Jenis, Ukuran, Cara Pemasangan, dan Harga

Aluminium foil atap sangat ideal untuk isolasi bagian atas rumah dengan tarif yang ekonomis dan efisien Aluminium foil untuk atap memantulkan lebih dari 96% panas radiasi dan mudah untuk dibentuk. Material satu ini juga dan kompatibel dengan banyak desain arsitektur.

Kinerja insulasi panas aluminium foil untuk atap tidak tertandingi.  Saat ini, aluminium foil untuk atap bisa disesuaikan dengan model rumah untuk keperluan insulasi panas. Mau tahu lebih lanjut mengenai aluminium foil untuk atap? Apa saja jenis dan bagaimana cara pemasangannya?




Apa itu Aluminium Foil Atap?

Aluminium foil adalah insulasi atap yang telah diadopsi secara luas di seluruh dunia. Bahan-bahan yang diperlukan tersedia dengan mudah di pasaran.

Pemanasan global adalah salah satu krisis besar yang mempengaruhi dunia. Tingkat suhu yang terus meningkat menyebabkan gangguan iklim di seluruh dunia. Kehidupan manusia pun mulai terancam dan untuk itulah peran aluminium foil untuk atap sangat dibutuhkan.

Aluminium foil sebagian besar adalah bahan alternatif yang bisa digunakan untuk menahan panas. Pemasangannya di rumah bisa meningkatkan kinerja efisiensi energi untuk memenuhi kebutuhan panas yang berbeda.

Energi matahari memanas dan menembus atap karena emisivitas yang tinggi. Hal ini akan mempengaruhi suhu dan selanjutnya menyebabkan perolehan panas. Di negara tropis, hingga 93% transmisi panas dilakukan melalui radiasi.  


Perbedaan Aluminium Foil Single dan Aluminium Foil Double


Produk aluminium foil atap dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu aluminium foil single dan double? Nah, berikut ini adalah perbedaan aluminium foil single dan aluminium foil double:


  • Aluminium Foil Single, yaitu ditandai dengan hanya permukaan atasnya yang mengkilap berlapis aluminium.
  • Aluminium Foil Double, yaitu kedua sisinya berlapis aluminium foil sehingga terlihat lebih mengkilap pada kedua sisinya.


Fungsi Aluminium Foil Atap


Aluminium foil untuk atap dirancang dan dipasang dengan beberapa fungsi dan kegunaannya. Berikut adalah fungsi dari aluminium foil atap :


1. Meredam Panas



Bahan ramah lingkungan ini sangat menghemat anggaran dengan mencegah kehilangan panas yang tidak perlu. Aluminium foil untuk atap dengan mudah memantulkan panas radiasi karena emisivitasnya yang rendah. Bahan memungkinkan radiasi termal minimal untuk mengurangi panas.


Aluminium foil untuk atap menciptakan penghalang yang melindungi bangunan dari panas lingkungan eksternal dan melindungi hilangnya panas dari dalam. Penghalang radiasi terdiri dari lapisan luar reflektif dan inti isolasi panas.


Saat suhu turun, penghalang yang dibuat oleh aluminium foil untuk atap membantu menahan panas di dalam gedung dengan mencegah perpindahan panas ke lingkungan eksternal. Terlepas dari kemampuan isolasi panas, aluminium foil untuk atap ringan dan mudah ditangani.


2. Mencegah Atap Bocor


Aluminum foil juga bisa berfungsi sebagai penghalang yang memberi tekanan minimal pada atap. Lapisan aluminium penting untuk melindungi atap dari kebocoran dan kebakaran, terutama dari konveksi dan konduksi.


Saat memasang aluminium foil untuk atap, bahan penguat yang diaplikasikan tidak boleh menyebabkan kerusakan pada bagian yang rapuh untuk melindungi bangunan dari resiko kebakaran.


Kebutuhan aluminium foil adalah untuk mengurangi panas dari area permukaan yang terbuka. Memasang alumunium foil bisa memberikan lingkungan kerja yang efisien dan nyaman pada bangunan rumah Anda dan bisa menjadi solusi atap yang lebih sehat.


3. Penghalang Radiasi


Aluminium foil atap terbuat dari dua lapisan film gelembung udara tahan api yang dilaminasi dengan kedua sisi aluminium foil murni. Dikenal karena sifat insulasi termalnya yang baik, aluminium foil sangat berguna dalam mencegah sebuah ruangan kehilangan panas.


Aluminium hanya memiliki emisivitas termal 0,03, yang berarti menyerap dan mengeluarkan 95% energi panas radiasi.


Bahan buram di bagian bawah aluminium membuat panas menghilang, dan sedikit yang tersisa untuk didistribusikan ke seluruh rumah.


Jenis Aluminium Foil Atap




Aluminium foil atap menjadi salah satu properti penghalang radiasi  yang sangat bagus menurunkan perpindahan panas. Bagian aluminiumnya yang mengkilap sangat efektif dalam mentransfer panas kembali ke atas sehingga tidak menyebar ke seluruh rumah. Lalu apa saja jenis alumunium foil?


1. Single Sided


Jenis aluminium foil untuk atap yang pertama adalah single sided yang artinya pada bagian reflektif ini hanya tersedia di satu sisi saja. Bagian reflektif hanya muncul pada satu muka di lembaran sementara sisi bagian bawahnya lebih buram.


2. Double Sided


Sementara untuk jenis kedua ini mempunyai dua sisi yang reflektif di bagian depan dan bawahnya. Jauh lebih efektif untuk mengurangi panas.


3. Bubble


Sesuai namanya, maka jenis aluminum foil satu ini mempunyai pola gelembung yang terletak di permukaannya. Dengan gelembung di permukaan aluminium foil, maka itu bisa menambah kemampuan untuk memantulkan panas menjadi lebih baik.


Adapun jika dilihat dari material dasarnya, aluminum foil dibagi menjadi dua yaitu :

  • Kertas
  • Plastik


Apabila atap rumah sudah dilapisi dengan alumunium foil, maka beban AC akan semakin sedikit sebab efek dingin yang dihasilkan oleh AC akan menjadi lebih terasa. Selain itu, AC juga menjadi jauh lebih tahan lama dan Anda juga menjadi hemat masalah biaya listrik.


Ukuran Aluminium Foil Atap


Aluminium dengan emisivitas rendah mengurangi perpindahan panas, membuatnya ideal untuk rumah yang berada di daerah tropis atau panas.

Adapun ukuran dari alumunium foil atap per rollnya sendiri adalah panjang sekitar 120 cm dan lebarnya 25 cm.


Cara Pemasangan Aluminium Foil Pada Atap


Menjadi material yang bagus dalam mengurangi panas, aluminium foil atap merupakan bahan penting yang bisa dijadikan alternatif untuk renovasi rumah. Berikut adalah cara pemasangannya :


  • Cek berapa lebar rangka reng yang ada di atap rumah Anda
  • Selanjutnya, potonglah aluminium foil dengan disesuaikan pada panjang bentangan
  • Pasanglah secara vertikal maupun horizontal untuk dicocokkan dengan bidang miring pada atap rumah
  • Setelah itu, Anda bisa membentangkan aluminium foil pada atas rangka kaso di area yang ingin kamu pasang
  • Selanjutnya, Anda bisa menarik erat dan menjepit aluminium foil menggunakan reng dengan cara disekrup ataupun dipaku.
  • Bentangkanlah lagi aluminium foil di sisi samping bidang yang sebelumnya telah terpasang dan ulangi dengan cara yang sama.
  • Terakhir, pada bagian sambungan alumunium foilnya, Anda bisa meng-overlap sedikit dengan lebar 1 cm saja. Kalau bisa, Anda bisa tambahkan aluminium tape untuk merekatkannya.

 

Harga Aluminium Foil Atap


Aluminium foil adalah material yang hemat energi dan sangat penting sebagai upaya pelestarian lingkungan karena mampu menyalurkan panas pada rumah atau bangunan.


Dengan aluminium foil, maka siapapun menjadi lebih hemat listrik. Adapun harga aluminium foil sendiri adalah Rp2,3 jutaan per rolnya.


Aluminium foil atap menjadi pilihan bagi beberapa orang yang ingin meminimalisir panas dalam rumah. Materialnya yang tahan pada radiasi panas menjadikannya alternatif yang sangat tepat untuk diaplikasikan di atap rumah.

0 Response to "Aluminium Foil Atap: Pengertian, Fungsi, Jenis, Ukuran, Cara Pemasangan, dan Harga"

Post a Comment