11 Ide Desain Rumah Hebel Tanpa Plesteran Untuk Gaya Industrial

Keunggulan bata ringan atau hebel utnuk membangun sebuah rumah atau gedung sudah tidak diragukan lagi. Tampilan rumah hebel tanpa plester sudah cukup menarik asalkan mengetahui porsi dan cara pemasangannya.

Bata ringan atau hebel tersebut dipasang tanpa plesteran biasanya diaplikasikan pada bagian-bagian yang sedikit dilihat oleh orang. Meskipun begitu sebenarnya Anda bisa menerapkan bata ringan tanpa plester di ruang mana pun karena memiliki tampilan yang menarik dengan gaya industrialnya.

Dinding hebel pada sebuah rumah atau gedung yang tanpa dilakukan plesteran sebenarnya sah-sah saja. Namun, ada kondisi yang harus dipenuhi agar hasilnya maksimal. 

Misalnya, karena dibuat tanpa plester maka ada pantangan yaitu tidak diperkenankan menggabungkan bata hebel dengan bahan lain yang tidak bisa menyatu saat dipasangkan dengan adonan semen.

Nah, jika Anda menginginkan rumah hebel tanpa plester, berikut ini ada beberapa informasi yang semoga dapat membantu.


Rumah Hebel Tanpa Plester Hemat dan Murah Biaya Bangunnya


Mungkinkah Sebuah Rumah Hebel Tanpa Dilakukan Plesteran?


Sudah sering kita jumpai dinding bata merah yang dibuat ekspos (telanjang). Jika dibandingkan dengan bata merah atau batako maka permukaan bata hebel ini jauh lebih rata lho. Jadi, sangat bisa sebuah dinding rumah hebel tanpa plester. 

Tahapan plesteran sendiri sebenarnya digunakan untuk meratakan permukaan dinding sebelum dilakukan pengecatan. Selain itu, plesteran juga berfungsi untuk menahan air agar tidak merembes sehingga dinding tidak mudah mengalami kelembaban.

Jika tidak dilakukan plesteran maka sebaiknya juga tidak di-aci karena pasti bakal sulit untuk diaplikasikan dan hasilnya akhirnya pun akan jadi bergelombang. Pun demikian, hindari untuk mengecat tembok hebel tanpa plesteran.


Baca  juga: Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan/Hebel, 1 Kubik Isi Berapa Hebel?Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan/Hebel, 1 Kubik Isi Berapa Hebel?


Tips Bangun Rumah Hebel Tanpa Plesteran

Apabila ingin membangun dinding rumah hebel tanpa plester, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilih produk atau merk hebel yang berkualitas.
  2. Pilih supplier yang paling dekat sehingga proses pengirimannya tidak akan mengalami banyak kerusakan.
  3. Desain dinding rumah hebel tanpa plesteran sebaiknya dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan proses pengerjaan.
  4. Tidak disarankan untuk menggabungkan bata hebel dengan beberapa bahan lain yang tidak bisa menyatu ketika dipasangkan dengan adonan semen.
  5. Proses pemasangan bata ringan harus benar-benar rapi, karena akan ditampilkan terekspos tanpa plesteran dan acian.


Baca juga: Kalsiboard Vs Bata Ringan: Manakah Yang Jadi Juaranya Untuk Dinding?


Ide Desain Rumah Hebel Tanpa Plester


Ide rumah hebel tanpa plester mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk desain rumah Anda. Dengan mengusung rumah model seperti ini, tampilan rumah akan memiliki konsep bergaya industrial minimalis yang menitikberatkan pada finishing kasar.

Sebelum memutuskan untuk membuat rumah hebel tanpa plester sebaiknya pilih ide desainnya terlebih dahulu agar tampilannya terlihat stand out dan tidak berantakan. Untuk itu, penting sekali untuk mencoba perbanyak referensi sebelum memulai menerapkannya.

Di bawah ini adalah 11 desain dinding rumah tanpa plesteran dan acian, yaitu:

 1. Rumah Hebel Tanpa Plester Tampak Indah dengan Gaya Industrialnya




Anda bisa membuat rumah hebel tanpa plester yang mirip seperti yang tertampil pada gambar di atas. Rumah ini nampak minimalis seperi desain industrial tapi tetap nyaman. apalagi terlihat ketika menjelang malam. Bagian ruang tamu dihiasi dengan jendela kaca yang langsung menghadap ke area halaman depan rumah.

2. Rumah Hebel Tanpa Plester dengan Taman Dalam Lengkap Berdinding Kaca



Tampilan dinding hebel tanpa plester akan membuat tembok terlihat kotak-kotak dengan susunan yang estetik. Agar tidak terlihat gersang dan monoton Anda dapat memadukannya dengan beberapa elemen, seperti menanami pohon atau tumbuhan di dekatnya. 

Selain itu, elemen logam seperti besi/aluminium untuk kusen pintu dan jendela juga memberikan tampilan clean/simple look pada eksterior maupun interior rumah.


3. Rumah dengan Kombinasi Dinding Hebel dan Kayu Tanpa Plester




Ide rumah hebel tanpa plester berikutnya adalah dinding bata ringan yang dikombinasikan dengan material kayu. Pada bangunan rumah ini, terlihat lantai dua menggunakan material kayu. Begitu juga dengan tangganya. 

Penggunaan material kayu tidak hanya sampai di situ. Pada bagian kusen jendela dapat kita temui juga memanfaatkan material kayu dan kaca.


4. Belakang Rumah Hebel Tanpa Plester



Ide rumah hebel tanpa plester selanjutanya adalah digunakan untuk area belakang rumah. Dinding belakang rumah ataupun pagar bagian belakang rumah bisa menggunakan material bata ringan ini. Anda dapat memadu padankan dengan penutup atap selain dari genteng. Pemilihan atap spandek atau galvalum untuk area belakang rumah seperti gambar di atas dapat menambah kesan seperti rumah-rumah di luar negeri. 

5. Bata hebel pada kamar mandi



Dinding hebel tanpa plester tidak hanya dapat digunakan untuk ruang tamu, loteng, dan area belakang rumah saja. Anda juga dapat menggunakan hebel pada dinding kamar mandi. 

Model dinding ini tidak saja nampak estetik namun juga memberikan nuansa sejuk di dalam kamar mandi. Kombinasi lantai keramik dengan dinding hebel ekspos dapat membuatnya terlihat sederhana, namun masih memberikan kesan yang menarik ketika dilihat.

6. Pagar Rumah dengan Hebel Tanpa Plesteran



Tidak hanya diaplikasikan untuk bagian utama rumah, hebel biasanya juga digunakan untuk dinding pagar rumah. Nah, Anda pun juga bisa membuatnya tanpa plesteran. 

Untuk tampilan yang lebih menarik, cobalah untuk menambahkan tanaman merambat. Dengan mengusung konsep seperti ini suasana hunian akan terlihat segar dan sejuk baik ketika di luar pagar maupun di dalam rumah.

Pilihlah model bata hebel yang berlubang pada bagian tengahnya. Dengan begitu, angin yang berhembus ke arah pagar dapat masuk ke dalam area rumah yang menambah kesejukan bagi orang yang berada di dalamnya.


7. Dinding dan Meja Dapur dari Hebel



Inspirasi desain rumah hebel tanpa plester berikutnya adalah penggunaan meja dapur dari bata ringan. Area dapur akan nampak seperti bangunan industrial. Nah, ketika Anda memasak akan terbawa seperti suasana di pabrik yang penuh dengan semangat untuk menghasilkan produk terbaik.


8. Rak Buku terbuat dari Bata Hebel


Tak hanya mejad dapur, bata hebal juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lemari permanen. Ya, lemari ini tidak bisa dipindah dan digunakan untuk menaruh buku bacaan. Buatlah lemari ini tidak lebih tinggi dari tubuh Anda. Tingginya sekitar 60 cm dari lantai. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan area bagian atas lemari untuk digunakan sebagai tempat meletakkan pot bunga atau aksesoris lainnya.


9. Kamar Tidur Hebel Tanpa Plester



Jika kamar mandi saja bisa digunakan dinding hebel tanpa plester, pastinya kamar tidur pun juga sangatlah bisa. Tampilan kamar tidur di atas sangatlah menarik, bukan?

Dinding kamar tidur yang nampak setengah jadi tanpa finsihing plesteran, acian, dan pengecatan ini sangat cocok untuk kamar cowok.


10. Rooftop dengan Bata Hebel



Rumah hebel tanpa plester sangat pas jika digunakan untuk area rooftop yang jarang orang melihatnya. Ruangan di area rooftop ini bisa Anda gunakan sebagai gudang ataupun kamar. Bagian depan bisa Anda letakkan pot tanaman karena area ini memang mendapatkan sinar matahari secara langsung yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Namun untuk menjaga kondisi tanaman tetap sehat, Anda dapat menambahkan kanopi sehingga ketika siang hari tanaman di atas rootop ini masih bisa terlindungi dengan baik.


11. Ruang Tamu/Lobby/Ruang Kantor dengan Dinding Bata Hebel




Warna tembok yang abu-abu membuat ruang tamu atau lobby hotel yang didesain seperti di atas terasa lebih adem. Anda juga akan menghemat biaya cat untuk bata hebel. Ya, karena memang tidak pakai plesteran, acian, dan cat sama sekali.

-----

Pemilihan bata hebel untuk sebuah bangunan tentu bukan tanpa alasan. Pengerjaan yang bisa diselesaikan dengan lebih cepat menjadi salah satu alasan, misalnya. Tak hanya itu, bagi sebagian orang sengaja memilih rumah hebel tanpa plester untuk tampilan bangunan yang lebih estetik. Pengerjaan pun akan jauh lebih hemat biayanya. Bagimana, Anda tertarik kah untuk membangun rumah dengan bata hebel/ringan tanpa dilakukan plesteran?

0 Response to "11 Ide Desain Rumah Hebel Tanpa Plesteran Untuk Gaya Industrial"

Posting Komentar