Mencari dan Mengevaluasi Supplier

Pelaku bisnis atau perusahaan tentunya ingin mencari supplier yang dapat memenuhi kebutuhan bahan produksi atau melebihi persyaratannya. Persyaratan mutu dari perusahaan ini dapat disebut sebagai karakteristik mutu dari produk layanan yang diberikan oleh supplier.



Dalam mencari supplier, pelaku bisnis tidak hanya fokus mengumpulkan informasi mengenai pemberian harga, tetapi juga memerlukan informasi mengenai apakah supplier tersebut tepat dan tepercaya? Maka sebaiknya pelaku bisnis melakukan riset terlebih dahulu terhadap pilihan supplier tersebut. Hal ini juga bermanfaat nantinya bagi pelaku bisnis yang mana konsumen akan mendapatkan produk yang berkualitas.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami memberikan beberapa tips yang dapat digunakan sebagai referensi ketika mencari dan mengevaluasi supplier terbaik untuk perusahaan Anda.

Cara Mencari dan Mengevaluasi Supplier


Tanggung jawab utama sebuah perusahaan adalah mengembangkan hubungan yang baik dengan pihak supplier, dimana supplier merupakan pihak yang menyediakan dan menjual barang dan jasa (bisa berbentuk bahan produksi) yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam beroperasi.

Dengan demikian diperlukan tahapan evaluasi dengan tujuan memilih supplier berkualitas yang dapat diajak bekerja sama dalam bisnis yang akan dilakukan.

Dari sejumlah supplier yang dimiliki dalam daftar, dilakukan proses evaluasi sehingga jumlah pilihan menjadi lebih sedikit. Untuk melakukan hal ini, dapat dilakukan survey untuk memperoleh informasi mengenai kondisi supplier.

Untuk mencari supplier yang tepat, perusahaan perlu mengumpulkan sejumlah informasi meliputi:
  1. Kemampuan supplier dari segi teknis. Informasi tersebut dapat diperoleh dari kondisi operasional, ketersediaan alat-alat produksi, dan kemampuan tenaga ahli.
  2. Cukup tidaknya kapasitas yang tersedia untuk memenuhi pesanan yang diperlukan perusahaan
  3. Supplier memperhatikan aspek pengendalian mutu dan jaminan kualitas barang ataukah tidak.

Dalam mencari dan memilih supplier, umumnya divisi pembelian dari perusahaan menentukan pilihannnya hanya berdasarkan pada harga saja. Padahal jika perusahaan ingin mencapai suatu kemitraan yang baik, kebutuhan perusahaan akan supplier harus terus berkembang tidak hanya dari sekadar harga yang murah saja.

Perusahaan juga harus mempertimbangkan konsep-konsep pengiriman yang dilakukan oleh supplier, hubungan manajemen, dukungan terhadap proyek perusahaan atau ekspansi di masa depan, dan juga pelayanan supplier.

Dan berikut ini adalah kriteria pelayanan supplier yang perlu diperhatikan oleh perusahaan sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam kriteria seleksi:

  • Ketepatan waktu pelayanan seperti waktu pendistribusian bahan produksi atau material.
  • Tingkat keakuratan pelayanan, berkaitan dengan pelayanan yang dapat diandalkan dan meminimalkan kesalahan dalam pelayanan maupun transaksi.
  • Tanggung jawab dalam menangani penerimaan pesanan ataupun keluhan yang disampaikan perusahaan.
  • Kelengkapan sarana dan prasarana, menyangkut tersedianya lingkup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung lainnya yang memadai.
  • Kecepatan layanan, fleksibilitas layanan, dan penanganan permintaan khusus.

Selain itu juga diperlukan keterangan atau informasi yang berkaitan dengan sejarah hubunga supplier dengan pihak industri lainnnya. Misalnya jika terjadi sengketa, langkah apa yang telah diambil oleh supplier.

Sebelum memilih supplier, perusahaan juga perlu mendapatkan informasi mengenai data pelanggan terdahulu seperti reputasi supplier di mata pihak industri lain. Dapat juga dipertimbangkan oleh pihak perusahaan untuk menentukan supplier tersebut layak atau tidak menjadi pemasok bahan produksi apabila dalam riwayatnya pernah menolak atau tidak memenuhi sejumlah pesanan.

Tujuan Evaluasi Supplier



Tujuan dari pelaksanaan penilaian supplier adalah untuk :
  1. Menghasilkan pengukuran yang kuantitatif dan objektif terhadap kinerja supplier
  2. Membantu dalam membuat penilaian yang seimbang terhadap kinerja supplier untuk seluruh kategori kebutuhan pembeli
  3. Menyediakan informasi faktual yang sama mengenai kinerja keseluruhan, baik bagi pembeli maupun supplier
  4. Mengidentifikasi hal-hal yang bermasalah sehingga tindakan korektif dapat dikonsentrasikan

Faktor yang Bisa Dijadikan Pertimbangan dalam Mencari Supplier


Perusahaan menginginkan untuk mendapatkan bahan produksi atau material yang tepat waktu dan cepat, dengan harga seminim mungkin dan kualitas yang terbaik. Dari ketiga sasaran tersebut, dapat diuraikan faktor-faktor yang bisa dijadikan pertimbangan oleh perusahaan dalam mencari supplier, yaitu:
  • Penawaran dengan harga yang lebih murah dibanding pesaingnya.
  • Penawaran supplier terkait dengan kecepatan dan kemudahan untuk perusahaan mendapatkan produk yang dibutuhkan.
  • Penawaran kualitas dari produk, contohnya pada supplier fabrikasi, penggunaan bahan dengan mutu yang lebih baik daripada pesaingnya.

Lalu, Darimana Pelaku Bisnis Mendapatkan Supplier?


1. Mengunjungi sentra industri, workshop, dan bazar

Pelaku bisnis atau calon entrepreneur dalam mengembangkan jaringan bisnisnya bisa mengunjungi langsung sentra industri, workshop, dan bazar. Dengan mendatangi supplier langsung ke lokasi produksi atau tempat berjualannya, pelaku bisnis dapat melihat langsung proses produksi barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Selain itu, bagi para pemula bisa secara langsung melihat ownernya sehingga mengurangi risiko tertipu dan menambah trust untuk kedua belah pihak. Bahkan, tidak menutup kemungkinan proses negosiasi harga akan lebih mudah dilakukan sehingga harga yang diberikan oleh supplier lebih rendah daripada pesaingnya.

Dengan rajin mengunjungi bazar, kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan supplier sangat terbuka lebar karena banyaknya pilihan bisnis lain yang mungkin masih relate dengan bisnis yang sudah atau akan dijalankan. Banyaknya jumlah peserta yang mengikuti bazar akan membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan supplier dengan harga terbaik.

2. Menggait supplier melalui toko online atau media sosial

Saat ini batas jarang dan waktu tidak menghalangi pelaku bisnis untuk melebarkan jaringan bisnisnya. Pelaku bisnis dapat mengumpulkan daftar toko online yang siap memasok kebutuhan barang produksi atau material yang mereka butuhkan. Dengan mengunjungi online shop supplier atau media sosialnya, pelaku bisnis juga akan mendapatkan banyak pilihan dengan beragam harga yang ditawarkan. Ini tentunya akan memudahkan bagi calon entrepreneur untuk memulai usahanya.

3. Mendapatkan bahan produksi dari marketplace

Selain dari toko online, kini pelaku bisnis juga dapat menemukan calon suppliernya melalui marketplace (mitra pasar daring). Kesempatan untuk mendapatkan supplier yang berkualitas di marketplace biasanya lebih besar karena di sinilah tempat berkumpulnya banyak para pedagang, atau bahkan tangan pertama.

Pelaku bisnis bisa langsung mengecek satu persatu para penyedia bahan produksi atau material yang ada di marketplace untuk dijadikan supplier. Dengan membandingkan harga dan melihat deskripsi tiap barang yang dijual akan membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan harga terbaik, namun tetap berkualitas. Beberapa marketplace yang bisa dijadikan untuk mendapatkan supplier bahan produksi adalah seperti blibli.com, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

4. Mencari supplier dari forum jual beli (bisnis)

Pelaku bisnis dapat mencari bahan produksi atau material melalui forum bisnis online seperti Kaskus, Bersosial.com dan lainnya. Anda dapat mengumpulkan sejumlah informasi dengan cara mengajukan pertanyaan pada thread yang dibuat oleh penjual jika informasi yang dibagikan kurang jelas.

5. Mendapatkan harga terbaik dari supplier melalui website pembanding harga

Meskipun pelaku bisnis disarankan untuk tidak hanya berfokus pada harga yang diberikan supplier, namun tak ada salahnya jika pasar yang Anda targetkan adalah kalangan menengah ke bawah. Anda bisa menggunakan website pembanding harga seperti telunjuk.com, pricearea.com, priceza.co.id, priceprice.com, dan pricebook.com untuk mendapatkan harga terbaik. Anda dapat dengan mudah mencari supplier dengan memasukkan jenis produk, lalu website tersebut akan menampilkan berbagai referensi toko dengan harga yang bervariasi.

Itulah tips dalam mencari dan memilih supplier, serta cara mengevaluasi kinerja supplier sehingga harapannya pelaku bisnis mendapatkan pemasok yang berkualitas.

0 Response to "Mencari dan Mengevaluasi Supplier"

Post a Comment