Perbedaan Vendor dan Supplier

Pernahkah kamu berpikir barang atau produk yang kamu beli di toko atau supermarket itu datangnya dari mana? Ya, tentunya dari pabrik. Namun, jika ditelisik lebih dalam barang atau produk tersebut telah mengalami mata rantai distribusi yang cukup panjang yang melibatkan vendor dan supplier.

Vendor dan supplier sama-sama memiliki peran penting dalam proses supply chain management atau SCM (rantai pasokan). Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian vendor dan supplier secara umum dan apa saja fungsi keduanya dalam dunia bisnis, serta perbedaan vendor dan supplier, baca selengkapnya pada artikel di bawah ini.



Perbedaan Vendor dan Supplier



Perbedaan utama vendor dan supplier adalah bahwa vendor merupakan orang atau perusahaan yang menyediakan barang atau jasa dari perusahaan kepada pelanggan. Sedangkan supplier adalah orang atau pelaku bisnis yang menyediakan barang (bahan produksi) atau jasa kepada perusahaan untuk selanjutnya diolah dan didistribusikan kepada pelanggan melalui distributor dan vendor.

Untuk lebih memahaminya, kamu bisa melihat penjelasannya pada gambar dan penjelasan di bawah ini:

Supply chain management (Rantai pasokan) : Pemasok/supplier> Produsen> Distributor> Vendor> Pelanggan/konsumen.




1. Berdasarkan Pengertian

Vendor adalah individu atau pelaku usaha yang berurusan dengan pemesanan dan distribusi barang dari produsen ke pelanggan. Sementara itu supplier adalah individu atau pelaku usaha yang menyediakan sumber produk berupa bahan produksi (bahan mentah dan setengah jadi) dan layanan kepada perusahaan (produsen).

Vendor melakukan pembelian produk berupa barang atau jasa dari produsen atau distributor dan menjualnya kembali langsung kepada pelanggan.

Contoh vendor:

Barang-barang yang biasa dipesan oleh vendor dan dijual kembali bisa berupa bahan baku, bahan penolong, sparepart, barang setengah jadi hingga barang jadi. Selain itu, bentuk lain seperti jasa juga sering dikerjakan oleh vendor.

Sedangkan supplier adalah pemasok, yaitu individu atau pelaku usaha (mulai dari skala kecil hingga skala besar) yang memiliki kemampuan untuk membuat/menyediakan barang atau jasa kebutuhan kepada pelaku usaha lain dalam jumlah besar.

Contoh Supplier :

Petani kapas yang menghasilkan kapas sebagai bahan baku kain.
Pabrik kain yang menghasilkan kain yang dibutuhkan sebagai bahan baku pakaian.

Baca juga: Cara Mencari Supplier yang Berkualitas


2. Berdasarkan Fungsinya

Fungsi vendor dalam rantai pasok adalah sebagai pihak penyedia barang dan jasa dengan tugas utamanya memenuhi segala kebutuhan barang atau jasa ke user atau pelanggan.

Sedangkan fungsi supplier adalah sumber utama dalam rantai pasokan, mereka menyediakan barang dan layanan kepada produsen dalam jumlah besar.

2. Berdasarkan Hubungan Bisnis

Jika vendor memiliki hubungan bisnis langsung dengan user atau pengguna, pihak supplier memiliki hubungan bisnis yang terhubung dari satu bisnis ke bisnis lainnya.

3. Berdasarkan Tujuannya

Vendor memiliki tujuan untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen terakhir (pelanggan), sementara supplier menyediakan barang atau jasa kepada produsen yang membutuhkannya untuk kemudian dijual kembali kepada distributor dan atau vendor.

5. Jumlah produk

Vendor menjual produk dari distributornya dari waktu ke waktu kepada konsuemn dalam jumlah kecil. Sementara supplier memasok jenis barang dan layanan tertentu ke produsen dalam jumlah besar.

Baik vendor maupun supplier mempunyai peranan yang penting sebagai pelaku dalam rantai pasokan. Mungkin sedikit membingungkan, karena memang kadang-kadang pelaku usaha bisa berfungsi sebagai supplier dan juga vendor.

Inilah perbedaan utama yang mungkin bisa lebih memahamkan berdasarkan pada tujuan penjualannya, ketika vendor menjual barang atau jasa kepada pihak lain (bukan end user) untuk tujuan dijual kembali, maka vendor akan disebut sebagai supplier. Begitu juga ketika supplier menyediakan barang atau jasa langsung kepada pelanggan terakhir, maka akan disebut sebagai vendor.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu vendor dan supplier serta perbedaan keduanya. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Perbedaan Vendor dan Supplier"

  1. Dear
    Import Dept/purchasing Kami dari  PT. Samudera Inti Asia , adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik  via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door, Undername Import - Expor, Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.

    I. Jasa Customs Clearance Adapun kegiatan / layanan utama kami saat ini adalah sebagai berikut : 

    - Under Name Export & Import Udara
    - Under Name Export & Import Laut FCL/ LCL
    - Customs Clearance kedua Laut dan kargo Udara ( Ex-Lisensi) 
    - Transportasi Laut FCL/ LCL
    -  Import Borongan (all in)
    - Angkutan Darat ( Inland truk, Kereta Api) 
    - Cargo pengawasan
    - Pergudangan dan penyimpanan
    - Penyelesaian biaya / tagihan asuransi, biaya angkutan ( Darat, Laut, Udara) dan lainnya yang berhubungan dengan Export & Import.
    II. Jasa Undername
    Agar dapat terlaksananya kegiatan importasi diperusahaan Bapak/Ibu yang belum memiliki Lisensi Import atau belum mempunyai IZIN IMPORT dapat menggunakan Undername Perusahaan kami sebagai Consignee.

    Fasilitas Undername yang kami sedia:
    - N P W P - N I B - PI BESI/BAJA- PI KEHUTANAN III. Jasa Transportasion
    PT. Samudera Inti Asia, melayani pengiriman/distribusi barang domestics ke-seluruh Nusantara. Covarage Area Distribusi Domestics. 

    Jakarta - Jawa - Bali - Sumatera - Kalimantan Via Darat, Laut, Udara, dan kami juga mempunyai cabang di beberapa daerah. Catatan :
    - Jasa yang kami ajukan sudah termasuk biaya Transfer EDI (PIB).
    - Bila barang tidak sesuai dengan pemberitahuan/ Packing list diluar tanggung jawab kami.

    Adapun daerah operasional Kami sebagai berikut:
    - Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    - Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Demikian penawaran ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. RUDYEXCECUTIVE IMPORT
    PT. SAMUDERA INTI ASIA 
    Gedung Nucira Lantai G, Jalan MT. Haryono Kav 27, Tebet Timur, Tebet - Jakarta Selatan 12820
    Phone   : 021-2290-6625
    Call/Wa : 082279988480Email    : rudy.import24@gmail.com Website : www.samuderaasia.com

    ReplyDelete