5 Ide Desain dan Biaya Pagar Batako: Ini Cara Menghitung Kebutuhannya!

Pagar batako menjadi salah satu pilihan bagi beberapa rumah yang menginginkan privasi dibandingkan besi atau pagar. Baik pagar besi atau kayu keduanya cukup mudah untuk dilihat dari luar. Di sinilah kebutuhan akan pagar batako muncul sebagai pilihan.

Untuk itu persiapkan budget untuk biaya pembuatan pagar batako dengan menghitung jumlah batako yang dibutuhkan dan juga biaya tukang bangunannya.

Batako menjadi bahan yang yang kokoh dan bagus sekali jika Anda ingin rumah dengan privasi. Pagar akan membentuk sebuah dinding besar yang menutup rumah dengan tampilan yang lebih estetik. Selain itu, pagar batako juga dapat dibangun setinggi apapun yang diinginkan dengan pondasi yang tepat.




Apa itu Pagar Batako?


Pagar batako adalah sebuah konstruksi yang terbuat dari batu bata sebagai pelindung rumah, sama seperti pagar lainnya. Pagar terbuat dari batu batako dan memiliki sifat yang tahan lama.

Sebagian besar pagar di Indonesia terbuat dari besi maupun kayu. Kedua bahan tersebut berfungsi sebagai pagar yang dapat mencegah maling melompat ke halaman dan juga dapat digunakan untuk menandai batasan tanah Anda.

Tapi pagar ini mungkin tidak terlalu praktis untuk beberapa orang dan lingkungan. Misalnya, jika Anda menginginkan privasi, maka pagar kayu dan besi tidak bisa dijadikan pilihan. Di sinilah kebutuhan akan batako yang kokoh hadir sebagai dinding pembatas.

Baca juga: Mengenal Ukuran Pagar Panel dan Harga: Ini Kelebihannya!

Ukuran Batako


Sebelum mengetahui cara menghitung kebutuhan dan juga biaya pemasangan batako, maka yang pertama harus diketahui adalah berapa ukuran standar batako. Berikut ini kami sampaikan  tabel ringkasan ukuran batako, namun jika ingin mengetahui ukuran standar batako di pasaran bisa dibaca pada artikel berikut:

Baca juga:  Ukuran Standar Batako Di Pasaran


Jenis

Ukuran

Batako Dinding

40 x 20 x 20 cm

Batako Kolom

29 x 29 x 14 cm

Batako U

29 x 14 x 14 cm

Batako Semen PC

36-40x 8-10x18-20 cm

Batako H

29 x 14 x 14 cm

Batako Pengisi

40 x 10 x 20 dengan tebal 10 cm

Batako Standar

30 x 10 x 15 cm

Batako Beton Lengkung

50 x 30 cm

Batako Beton Balok

300 x 6 x10 cm



Jenis dan Cara Menghitung Kebutuhan Batako


Pagar dari bahan batako sangat tahan lama dan seringnya bertujuan untuk estetika juga. Sebelum mengetahui berapa kebutuhan batako ketika membuat sebuah pagar, ada beberapa jenis batako yang bisa dijadikan pilihan. 

Tiap jenis batako ini akan dapat mempengaruhi besaran biaya pemasangan batako karena masing-masing jenisnya memiliki harga yang berbeda-beda.


1. Batako Trass



 
Pertama, ada batako trass yang terbuat dari kombinasi batu kapur dan trass. Adapun trass sendiri adalah sebuah tanah yang memiliki warna putih dan terdapat air.

Cara membuat batako trass ini hampir sama dengan bata merah, yakni dibakar hingga keras. Itulah mengapa batako trass juga sering disebut dengan istilah bata putih.
 

2. Batako Semen
 




Jenis kedua yakni batako press yang dibuat dari bahan pasir dan semen lalu dicampur dan diaduk menjadi satu. Kemudian luas penampang lubangnya dibuat dengan ukuran seperempat untuk isian batako. Ada juga yang diisi adukan dengan 2 atau 3 lubang.


3. Batako Beton
 



Terakhir ada batako beton yang diproduksi dari semen Portland (PC) dan campuran pasir untuk kemudian dicetak. Batako beton dikenal keras sebab mempunyai daya tahan yang kuat sehingga mampu menahan guncangan apabila ada guncangan maupun gempa.

Nah, pembahasan selanjutnya adalah menghitung jumlah batako yang dibutuhkan untuk pembangunan pagar batako. Sebagai contoh, batako yang akan digunakan adalah batako dinding dengan ukuran 40 cm x 20 cm. Jadi, per satuan batako memiliki luas  800 cm2

Apabila melihat hasil di atas, 800cm2 dikonversi menjadi m2, maka akan ditemukan 0,08 m2. Artinya setiap 1 meter persegi dibutuhkan sekitar 12,5 batako (1/0,08).

Sementara untuk panjang pagar yang hendak dibuat adalah sekitar 12 meter dan tingginya 2,5 meter. Cara menghitungnya adalah 12 m2 x 12,5 pcs batako, hasilnya yakni 150.

Setelah itu tinggal menghitung kebutuhan tinggi pagar batako. Jika tingginya adalah 2,5 meter, maka tinggal mengalikan saja, yaitu 150 x 2,5 yang mana hasilnya adalah 375 buah. Maka total batako yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pagar adalah 375 pcs.


Cara Memasang Pagar Batako


Jika Anda ingin menekan biaya pemasangan pagar batako, Anda dapat memasangnya sendiri tanpa bantuan tukang. Nah, berikut ini adalah cara memasang pagar batako:


1. Menandai Area untuk Memasang Pagar

Cara pertama, tandai area tanah Anda sendiri karena hal itu sangat penting dalam konstruksi, terutama jika Anda sedang membangun struktur permanen yang tidak mudah dilepas. Selanjutnya, tandai di tanah dengan pita pengukur dan beri kawat untuk mempermudah.

2. Membangun Pondasi Untuk Pagar Bata

Selanjutnya, Anda perlu menggali parit. Kedalaman parit harus sekitar 15 cm jika Anda membangun pagar setinggi 2 meter. Jika Anda berencana untuk membangun dinding pembatas yang tingginya lebih dari 2 meter, maka Anda perlu menggali parit dengan kedalaman sekitar 25 cm.

Setelah itu parit-parit tersebut akan diisi dengan campuran beton dengan perbandingan 1 bagian semen, 
2 bagian pasir, dan 4 bagian kerikil.

Anda dapat memperkuat beton  dengan jaring batang baja tetapi itu tergantung pada kebutuhan. Jika Anda hanya berencana untuk membangun pagar batako setinggi 2 meter saja, maka tidak perlu gunakan jaring baja.

3. Membuat Tiang-Tiang Pagar Bata

Sebagian besar pagar bata dibangun dengan pilar di antara dinding pagar. Tiang-tiang ini biasanya terbuat dari batu bata saja dan tidak menggunakan beton.

Tiang-tiang tersebut dibuat dengan menggunakan dua batu bata berdampingan yang ditempatkan secara bersilangan untuk memberi kekuatan ekstra.

4. Pasang Batako

Selanjutnya isi dinding di antara pilar dengan batako dengan menggunakan semen berkualitas baik untuk memastikan kekuatannya.

Ide Desain Pagar Batako


Berikut ini ada beberapa desain pagar batako  kekinian, tidak monoton hanya sebatas material batako, yang mungkin saja dapat menginspirasi ketika Anda ingin membangun pagar untuk rumah atau gudang/pabrik:


1. Pagar Batako Minimalis





2. Pagar Batako dengan Kombinasi BRC







3. Pagar Batako Unik






4. Pagar Batako Dicat Hitam dan Merah




5. Pagar Batako Asri




Biaya Pemasangan Pagar Batako

 
Memasang batako untuk pagar mungkin bukan pekerjaan yang mudah. Jika hendak menggunakan tukang untuk pemasangan pagar, maka Anda bisa menghitung biaya pemasangannya terlebih dahulu sebagai persiapan.

Adapun biaya borongan yang perlu dikeluarkan ketika hendak pemasangan batako setiap m2 adalah Rp 40.000 sampai Rp 45.000. Jadi, kalau misalnya luas pagar batako rumah Anda ini adalah 30 m2 maka Anda akan mengalikan dengan Rp 40.000 atau Rp 45.000.

Sebagai contoh :
Rp 40.000 x 30m2 = Rp 1.200.000,-

Maka total biaya pemasangan yang perlu untuk Anda keluarkan adalah sebesar Rp 1.200.000 dan biaya tersebut juga belum termasuk dengan material lainnya seperti pasir, semen dan lain sebagainya.

Pagar batako adalah pilihan yang sangat tepat karena dapat mencegah perampok dan pencuri. Jika Anda memasang tembok pembatas yang harus dipanjat perampok, maka pagar tersebut bisa menciptakan rintangan yang tidak diinginkan sehingga rumah jadi lebih aman.

0 Response to "5 Ide Desain dan Biaya Pagar Batako: Ini Cara Menghitung Kebutuhannya!"

Post a Comment