Mengenal Ukuran Pagar Panel dan Harga: Ini Kelebihannya!

Pada dasarnya, pagar dibangun untuk membatasi area tertentu dengan area luar demi meningkatkan keamanannya. Berkaitan dengan fungsi inilah, banyak bermunculan berbagai jenis pagar yang dibuat dengan material kuat. Salah satunya adalah pagar panel yang umumnya memiliki ukuran seragam dan presisi.

Meski tidak terlalu dikenal dengan model dan bentuknya, namun kekuatan pagar panel beton sudah sangat terkenal dalam dunia konstruksi. Tidak heran kalau penggunaannya lebih banyak ditemukan pada bangunan komersil dan bangunan yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi dibanding hunian pribadi.

Berikut akan dijelaskan ukuran pagar panel, kelebihan, dan harganya di toko bangunan.




Pengertian Pagar Panel


Pagar panel adalah pagar yang berasal dari susunan bahan beton cetak dan telah diberi penyangga tiang agar bisa diaplikasikan dengan baik. Pagar yang memiliki daya tahan tinggi ini bisa menjadi alternatif pengganti pagar tembok yang proses pembangunannya lebih praktis.

Dalam pemasangannya, pagar jenis panel ini harus disusun terlebih dahulu dengan memasukkan lembaran panel ke dalam kolom beton yang telah dipasang sebelumnya.

Secara umum jenis pagar panel beton dapat dibagi menjadi dua model, yaitu pagar panel polos dan pagar panel motif.

Baca juga: 9 Model Pagar Batu Alam Beserta Keunggulannya

Ukuran Pagar Panel





Karena terbuat dari beton, tidak heran kalau pagar jenis panel ini tidak memiliki banyak variasi ukuran seperti pagar bahan lainnya. Untuk mengetahui ukuran pagar panel beton secara detail, maka komponen pendukungnya seperti tiang dan mutu juga harus diketahui sebelumnya.

Berikut ukuran pagar jenis panel secara terperinci sesuai dengan komponennya.

Komponen Pagar

Dimensi Ukuran

Mutu

Pagar Beton

240 cm x 40 cm x 5 cm (Panjang x tinggi x tebal)

K-225, K-300, K-400

240 cm x 45 cm x 6 cm (Panjang x tinggi x tebal)

240 cm x 40 cm x 8 cm (Panjang x tinggi x tebal)

Tiang kolom pagar

20 cm x 16 cm x 2,25 m (Panjang x lebar x tinggi)

K-225 – K-300

20 cm x 17 cm x 4,25 m (Panjang x lebar x tinggi)


Kelebihan Pagar Panel



Semua benda yang terbuat dari bahan beton biasanya memiliki kelebihan dari kekuatannya yang sangat maksimal. Demikian juga dengan pagar jenis panel yang tersusun atas lembaran-lembaran beton ini. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya, berikut beberapa kelebihan yang harus diketahui.


1. Kuat dan Kokoh

Sering disebut sebagai alternatif tembok, pagar ini memiliki kekuatan yang sangat maksimal sama seperti pagar tembok yang terbuat dari semen dan bata. Bahkan bahan beton yang tersusun di dalamnya bisa membantu pagar untuk berdiri dengan kokoh meski sangat tinggi dan panjang.

Ketika terkena tekanan benda padat yang cukup kuat, pagar tidak akan mudah rusak selama penyusunannya dilakukan sesuai dengan standar.

2. Daya Tahan Tinggi

Pagar ini juga disukai masyarakat karena memiliki daya tahan yang sangat tinggi serta tahan terkena cuaca yang ekstrem. Ini memungkinkan pagar untuk digunakan dalam waktu yang lama tanpa perlu repot mengganti pagar secara berkala.

Dengan ketahanan yang sangat maksimal, tidak heran jika sebagian besar pengguna pagar jenis panel diaplikasikan pada area yang sangat luas dan sering terkena cuaca ekstrem di luar ruangan. Beberapa contoh penggunaannya yang banyak ditemukan adalah pada area pembatas pabrik dan lapangan.

3. Dinamis untuk Semua Model Bangunan

Sekilas pagar jenis panel yang terbuat dari beton memiliki bentuk yang monoton dan tidak bisa divariasikan. Padahal, pagar ini justru memiliki sifat yang sangat dinamis dan bisa menyesuaikan dengan semua model bangunannya.

Caranya dengan memberikan hiasan plesteran atau langsung membeli panel beton yang sudah dilengkapi dengan motif. Dengan variasi ini, semua model bangunan mulai dari yang klasik, modern, hingga rustic bisa dilengkapi dengan pagar jenis panel beton.

4. Perawatan Mudah

Kalau pemasangan pagar ini sudah dilakukan sesuai dengan standarnya, maka perawatannya menjadi lebih mudah dibandingkan bahan lainnya. Jika pagar lainnya harus dirawat dengan cara khusus demi menjaga keutuhan warna dan motifnya, maka pagar ini bisa dibersihkan dengan cara basah ataupun kering.

Bila kotoran berupa debu bisa langsung di lap, sementara kotoran membandel boleh langsung dibasahi dengan air tanpa khawatir terjadi kerusakan pada komponennya.

5. Komponennya Presisi

Komponen panel beton ini memungkinkan pagar tidak mudah rusak karena ukurannya yang presisi. Dengan metode pemasangan komponen yang lebih rapat, risiko kerusakan akibat guncangan ataupun pukulan benda keras tidak akan merusak pagar. 

6. Pemasangan Praktis

Dengan sifatnya yang mirip pagar tembok, panel menyediakan lebih banyak kelebihan karena lebih praktis dengan kekuatannya maksimal. Karena ukuran pagar panel dibuat seragam, maka proses pemasangannya cukup mudah dan cepat. Pekerja hanya perlu menyusun per lembar dan disesuaikan dengan kolom tersedia yang sudah diukur sebelumnya.

Proses pemasangan ini tentu jauh lebih praktis dibandingkan memasang pagar tembok yang membutuhkan waktu lama untuk menyusun dan mengeringkannya.

7. Mudah Dibongkar Pasang atau Dipindah

Kelebihan terakhir adalah mudah dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Jika pemilik menyukai pagar ini dan ingin pindah lokasi, pagar bisa dibawa ikut serta untuk diaplikasikan di tempat yang baru.

Dengan kekuatannya yang maksimal dan mudah dibongkar pasang, tentu pagar jenis panel memiliki kelebihan yang jauh lebih menguntungkan dibanding pagar tembok yang sifatnya permanen.

Harga Pagar Panel



Bagi Anda yang tertarik dengan segala kelebihan pada pagar jenis panel ini, tentunya harus mengetahui kisaran harganya sebagai bahan persiapan sebelum mengaplikasikannya. Adapun kisaran harga dari pagar jenis panel beton bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Baca juga: Biaya Membuat Pagar Rumah  

Mutu Pagar

Jenis Pagar

Dimensi dan Ukuran

Harga per Lembar

Mutu K-225

Polos

240 cm x 40 cm x 5 cm

Rp123.000,00 – Rp130.000,00

Mutu K-225

Polos

240 cm x 45 cm x 5 cm

Rp136.000,00 – RP140.000,00

Mutu K-225

Motif

240 cm x 40 cm x 5 cm

Rp138.000,00 – Rp145.000,00

Mutu K-300

Polos

240 cm x 40 cm x 5 cm

Rp132.000,00 – Rp135.000,00

Mutu K-300

Polos

240 cm x 45 cm x 5 cm

Rp146.000,00 – Rp150.000,00

Mutu K-300

Motif

240 cm x 40 cm x 5 cm

Rp140.000,00 – Rp145.000,00


Tabel di atas adalah kisaran harga rata-rata pagar panel beton dengan ukuran 240x40x5 cm. Harga bisa saja lebih mahal atau lebih murah tergantung produsen atau supplier yang menjualnya. Harga juga bisa berbeda sesuai dengan lokasi pembeliannya.

Segala kelebihan yang dimiliki pagar panel dibanding pagar lainnya bisa menjadi alternatif pagar yang kuat, aman, dan tentunya lebih estetis. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya pada hunian pribadi demi meningkatkan keamanan rumah yang sifatnya permanen dalam waktu lama. Jangan lupa memilih harga dan ukuran pagar panel beton yang sesuai dengan RAB dan spesifikasi yang telah ditetapkan bersama dengan kontraktor ataupun arsitek.

0 Response to "Mengenal Ukuran Pagar Panel dan Harga: Ini Kelebihannya!"

Post a Comment