Yuk Ketahui Ukuran Batako Standar Dan Hitung Kebutuhannya!

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat dinding bangunan. Salah satu yang cukup populer adalah batako. Selain ukuran batako yang cukup besar sehingga bisa mempercepat pekerjaan, dinding batako juga dinilai lebih kuat dan kokoh. 

Orang zaman dulu lebih banyak memilih bata merah sebagai material dinding. Ukuran bata merah yang kecil dinilai tidak cukup efisien untuk mendirikan bangunan-bangunan besar. Sebagai gantinya, kini banyak orang, khususnya di perkotaan, yang lebih memilih batako yang terbuat dari campuran bahan dasar semen, kapur, kricak dan pasir.





Berapa Minimal Umur Batako Boleh Dipasang?


Batako dibuat melalui proses pencampuran bahan dasar yang telah disebutkan di atas, lalu ditambahkan air. Kemudian, dipadatkan dengan bentuk dan ukuran batako pada umumnya dan ditunggu hingga mengeras. 

Jika kalian tahu proses pembuatan antara batako dan juga bata merah, pastinya akan memberikan penilaian bahwa pembuatan batako jauh lebih mudah dibandingkan proses pembuatan bata merah.

Untuk bisa digunakan sebagai material pembentuk dinding, batako harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Permukaan batako tampak mulus, pertemuan antara bidang sisi satu dengan sisi lainya tegak lurus, datar, dan bagian tepinya tidak mudah dirapikan dengan tangan.
  • Sebelum dipasang, umur batako minimal 1 bulan (apabila proses pembuatan dan kondisi perawatannya idak dilakukan dalam ruangan khusus).
  • Selain berumur minimal 1 bulan, batako yang akan dipasang harus cukup kering dengan kadar airnya tidak lebih dari 15% .


Beragam Jenis Batako


Untuk membangun rumah, kamu bisa memilih jenis batako sesuai dengan kebutuhan. Terdapat tiga jenis batako berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu:


1. Batako Trass/Putih


Jenis batako ini terbuat dari campuran trass, batu kapur, dan air. Trass merupakan jenis tanah yang berasal dari lapukan bebatuan gunung berapi sehingga jenis batako ini biasa dikenal dengan sebutan batu cetak kapur trass.

Pembuatan batako trass ini melalui proses pembakaran sampai mengeras sempurna. Ukuran batako standar jenis trass ini adalah memiliki panjang 20cm–30cm, lebar 14cm–20cmm dan dengan ketebalan 8cm–10cm.


2. Batako Press


Batako ini terbuat dari campuran semen dan pasir. Proses pembuatannya adalah, dengan dilakukan teknik penekanan atau press baik dengan mesin ataupun tangan.

Dibandingkan batako trass, ukuran batako ini lebih beragam. Model batako ini biasanya memiliki dua lubang atau tiga lubang pada bagian sisinya untuk diisi oleh adukan pengikat. 

Ukuran batako press kurang lebih memiliki panjang 36-40 cm, lebar 18-20 cm dengan ketebalan 8-10 cm. 


3. Batako Beton


Batako beton merupakan jenis batako yang terbuat dari campuran semen Portland (PC), pasir dan air. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dicetak dengan bentuk ukuran tertentu. Setelah itu, hasil cetakkannya dijemur dan dibiarkan sampai mengeras. Secara umu, ukuran batako beton memiliki standar panjang 30 cm, lebar 10 cm, dan tebal 15 cm.


4. Batako ringan

Batako ringan atau bata ringan atau Aerated Lightweight Concrete (ALC) merukan produk batako yang terbuat dari campuran kapur, pasir, silika, semen, dan air. Pertama kali bata beton ringan ini ditemukan oleh Joseph Hebel yang berasal dari Jerman pada tahun 1943. Oleh karenanya, bata ringan ini juga sering disebut hebel.

Ukuran batoko ringan standarnya adalah memiliki panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalannya 7,5 cm.


Ukuran Batako Standar



Adapun ukuran batako standar tergantung dari jenisnya, Untuk selengkapnya, kamu bisa membaca tabel ukuran batako berdasarkan jenisnya, yaitu:


Jenis Batako

Ukuran Batako Standar (Panjang x Lebar x Tebal)

Ukuran batako SNI

30 cm x 10 cm x 15 cm

Ukuran batako dinding luar

40 cm x 20 cm x 20 cm

Ukuran batako dinding pengisi

40 cm x 10 cm x 20 cm

Ukuran batako betok balok

30 cm x 6 cm x 10 cm

Ukuran batako beton bentuk kolom

29 cm x 29 cm x 14 cm

Ukuran batako beton bentuk H

29 cm x 14 cm x 14 cm

Ukuran batako beton bentuk U

29cm x 14 cm x 14 cm




Cara Menghitung Kebutuhan Batako Per Meter Sesuai Ukuran



Untuk mengetahui jumlah batako yang kamu butuhkan, tentu harus dihitung terlebih dulu. Apalagi ukuran batako berbeda-beda antara merk satu dengan lainnya.

Agar mudah memahaminya, berikut penjelasan lengkap dengan ilustrasinya:

Pak Rudi hendak membangun rumah 1 lantai dengan menggunakan ukuran batako standar SNI, yaitu 30 cm x 10 cm x 15 cm. Dan luasan dinding Rumah Pak Rudi adalah tinggi 4 meter dengan total panjang dindingnya 20 meter. Berapakah kebutuhan batako yang harus dibeli oleh Pak Rudi?

Luas dinding = Total Panjang Dinding x Tinggi Dinding

                      = 20 meter x 4 meter
                      = 80 meter persegi


Karena ukuran batako yang akan dipakai adalah 30 cm x 10 cm x 15 cm, maka per meter perseginya dibutuhkan batako sebanyak:


Umumnya jika dibandingkan dengan bata merah, ukuran batako lebih besar namun bobotnya lebih ringan dengan berat hanya sepertiga dari berat pemakaian bata merah untuk luas permukaan yang sama. Karena permukaan batako cenderung rata dan data, proses pengerjaan bangunan lebih mudah dan hemat waktu. Hal ini disebabkan proses pengerjaan plester dan cat dinding tidak terlalu membutuhkan effort berlebihan. 

0 Response to "Yuk Ketahui Ukuran Batako Standar Dan Hitung Kebutuhannya!"

Post a Comment