15 Daftar Harga Semen Per Saknya di Indonesia

Semen merupakan salah satu material bangunan yang memiliki peran penting dalam sebuah sistem konstruksi. Semen berguna agar bangunan dapat berdiri kokoh dan kuat bertahun-tahun. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih merk semen yang paling bagus namun dengan harga yang bersahabat sehingga rencana anggaran pembangunan rumah Anda bisa tergolong masih aman. 

Sekarang ini, Anda dapat menjumpai berbagai merk semen baik yang merupakan keluaran perusahaan BUMN maupun swasta. Setiap merk semen tentu saja memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga hasil akhirnya juga berbeda-beda.

Nah, Anda jangan tergiur untuk membeli semen yang murah, tetapi kualitas tidak bagus. Nah, ada baiknya Anda mengetahui beragam harga semen 1 sak yang ada di pasaran Indonesia.



Daftar Harga Semen Per Sak dengan Berbagai Merek

Ketahui daftar harga semen per sak dari berbagai merk yang memiliki kualitas bagus sehingga dapat Anda gunakan untuk membangun rumah, berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Semen - Konversi 1 Sak Semen ke Meter Kubik


1. Semen Holcim



Pertama, terdapat merk semen Holcim yang sudah populer digunakan di kalangan masyarakat karena kualitasnya yang sangat bagus. Hal tersebut dikarenakan semen yang satu ini mempunyai sifat micro filter yang dapat digunakan untuk membuat struktur bangunan menjadi kokoh dan kuat.

Semen Holcim di jual di pasaran dengan daftar harga berikut ini:

  • Semen Holcim Portland Composite 40 kg Rp53.000
  • Semen Holcim Portland Composite 50 kg Rp64.500


2. Semen Gresik 



Berikutnya, terdapat merk Semen Gresik yang dikenal sebagai semen dengan kualitas terbaik di Indonesia.  Keunggulan yang dimiliki oleh semen gresik yaitu karakteristiknya kuat, lebih cepat kering, tahan retak, bahkan hasil finishingnya akan terlihat lebih halus.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan merk semen gresik tersebut maka ketahui terlebih dahulu daftar harganya di bawah ini.


  • Semen Gresik Putih 40 kg Rp132.700
  • Semen Gresik Putih Ecer 1 Kg Rp6.100
  • Semen Gresik Abu Abu 50 Kg Rp65.850


3. Semen Tiga Roda



Semen Tiga Roda sudah menjadi produk semen unggulan yang telah diproduksi sejak tahun 1985 sehingga kualitasnya tidak dapat diragukan lagi. Keunggulan yang dimiliki oleh merk semen tiga roda dibandingkan dengan jenis semen lainnya yaitu cocok diaplikasikan dengan apapun jenis beton yang Anda gunakan saat membangun rumah.

Ketahui, harga semen Tiga Roda  per sak dalam ulasan di bawah ini:


  • Semen Putih Tiga Roda (WC) Rp95.850
  • Semen Putih Tiga Roda (WM) Rp85.850
  • Semen Tiga Roda Portland Cement Rp52.850


4. Semen Tonasa



Terdapat merk semen Tonasa yang memang masih asing oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Namun, kualitas dari semen ini jangan diragukan.

Semen Tonasa mempunyai 3 tipe yaitu tipe pertama untuk bangunan biasa, tipe kedua (Portland Komposit) untuk konstruksi beton, dan PPC untuk bangunan bertingkat. Ini dia harga Semen Tonasa per sak terbaru:


  • Semen Tonasa 50 Kg Rp55.000
  • Semen Tonasa 40 Kg Rp45.000


5. Semen Putih


Semen putih menjadi salah satu bahan bangunan yang sering dicari banyak orang untuk mendirikan bangunan berupa rumah atau gedung. Saat menggunakan semen putih maka bangunan tersebut menjadi lebih kokoh, kuat, dan mulus.

Di pasaran semen putih dijual dengan berbagai merk yang berbeda-beda, Yuk ketahui daftar harga semen putih terbaru yang berat tiap saknya adalah 40 kg berikut ini:

  • Semen Putih Tiga Roda (WM) Rp98.850
  • Semen Putih  Panda Rp51.850
  • Semen Putih Tiga Roda (WM) Rp85.000


6. Semen Warna



Semen Warna merupakan salah satu jenis semen dengan berbagai warna yang beragam, jenis semen ini termasuk jenis semen yang merupakan inovasi dari semen biasanya. Oleh karena itu, harga semen warna memang lebih mahal. 

Dengan menggunakan semen warna tersebut maka Anda tak perlu memberi cat warna pada objek yang diplester atau diberikan nat. Ketahui daftar harganya berikut ini:


  • Semen warna Prima Grout 1 kg Rp15.000
  • Semen Nat Keramik Semen Warna Putih Rp15.000


7. Semen MU



Merk semen MU juga tidak begitu populer seperti jenis semen yang lainnya, biasanya semen tersebut digunakan untuk merekatkan bata putih atau hebel. Hal tersebut dikarenakan jenis semen ini mempunyai daya rekat yang lebih kuat sehingga pemasangan hebel akan menjadi lebih kencang jika dibandingkan dengan jenis semen biasa.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Hebel

Ini Dia Daftar Harga Semen MU dengan berat 25 kg per saknya:

  • MU-460 Perekat Keramik Daerah Basah Rp460.500
  • MU-470 White Tile Adhesive Rp404.300
  • MU-840 Finish Coat Repair          Rp341.300


8. Semen Instan Grand Elephant



Semen Instan Grand Elephant mempunyai daya rekat dengan kualitas yang tinggi sehingga akan membuat rumah Anda semakin kokoh. Semen merk ini dibuat dengan campuran formula yang paling sempurna. 

Jenis semen ini, tak hanya berkualitas tetapi juga praktis, irit sehingga penggunaan semen Elephant sangat direkomendasikan. Ketahui daftar harga semen Grand Elephant berikut ini:

  • Semen Elephant 50 Kg Rp55.000
  • Semen Elephant 40 Kg Rp45.000


9. Semen Batu Raja



Semen Batu Raja dapat dijumpai di pasaran dengan mudah, merk yang satu ini dapat Anda gunakan untuk membangun rumah yang kualitasnya juga tak kalah dengan merk semen ternama lainnya. Ini dia daftar harga Batu Raja:


  • Semen Batu Raja 40 Kg Rp43 ribu
  • Semen Batu Raju 50 Kg Rp56 ribu


10. Semen Bima



Semen Bima merupakan jenis semen yang sudah terbukti keunggulannya karena Semen Bima memiliki tekstur yang lebih halus, mudah lekat, tidak mudah retak, dan cepat kering dalam waktu yang stabil. Ketahui daftar harga semen Bima satu sak berikut ini:


  • Semen Bima 40 Kg Rp 38 ribu
  • Semen Bima 50 Kg Rp 47 ribu


11. Semen Jakarta



Semen Jakarta mempunyai harga yang terjangkau, tetapi harganya juga lebih hemat, kokoh, tahan lama, dan cepat kering. Ketahuilah bahwa hasil adonan semen tersebut lebih halus sehingga permukaan fondasi hasil akhir semen tidak akan mudah retak. Ketahui daftar harga semen Jakarta per sak di bawah ini.


  • Semen Jakarta 40 Kg Rp 39 ribu
  • Semen Jakarta 50 Kg Rp 54 ribu


12. Semen Merah Putih



Semen Merah Putih terbuat dari material pozzolanic sehingga dapat membuat ketahanan bangunan menjadi lebih kuat dan lama. Tak heran, banyak orang yang menggunakan merk semen tersebut. Yuk, ketahui daftar harga semen Merah Putih dalam ulasan di bawah ini.


  • Semen Merah Putih 40 Kg Rp 52 ribu
  • Semen Merah Putih 50 Kg Rp 63 ribu


13. Semen Bosowa


Semen Bosowa merupakan grup semen terbesar keempat di Indonesia dan satu-satunya yang dikelola oleh pihak swasta di Indonesia. Bahkan, semen dengan kualitas standar Eropa ini dieskpor ke berbagai negara di Asia dan Afrika. Dengan kualitasnya yang kokoh dan tanpa retak ketika diaplikasikan pada bangunan, semen Bosowa ini laku di pasar internasional.

Lokasi produksi semen Bosowa ini ada dua tempat, yaitu di pabrik Maros, Sulawesi Selatan dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Harga semen Bosowa dipatok mulai Rp 46.500/saknya. 


14. Semen Puger



Secara kualitas semen Puger tergolong sangatlah baik dengan kekuatan yang maksimal. Hal ini disebabkan komposisi utama dari semen Puger ini adalah gamping/ batu kapur. Semen Puger ini secara khusus menggunakan gamping dari daerah Puger di Jember yang sejak puluhan tahun lalu sudah terkenal sangat bagus.


Untuk satu sak ukuran 40 Kg semen Puger dibandrol dengan harga Rp. 46.000,- sementara untuk yang 50 Kg senilai Rp. 56.000,-. Harga ini terbilang ekonomis dibanding semen merk lain.


15. Semen Kupang



Semen Kupang merupakan semen yang diproduksi oleh PT Semen Kupang, NTT. Kualitas semen ini telah melebihi standar nasional, jadi sangat layak untuk melayani kebutuhan pembangunan di semua provinsi Indonesia, khususnya di NTT dan daerah sekitarnya.

Harga semen Kupang terbilang lebih murah jika dibandingkan merk semen lain, seperti Tonasa, Bosowa, dan Tiga Roda. Sayangnya, masih banyak daerah yang berlum terjangkau untuk pendistribusian semen Kupan inig. Hal ini disebabkan angkutan/logistik yang masih minim.


Demikianlah informasi mengenai harga semen 1 sak dari berbagai merk yang populer dan sering digunakan dengan keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

0 Response to "15 Daftar Harga Semen Per Saknya di Indonesia"

Post a Comment