11 Jenis Fasum Perumahan yang Seharusnya Tersedia

Sebuah kawasan perumahan, terutama perumahan elit, fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) merupakan hal yang harus ada. Fasum perumahan adalah fasilitas pendukung yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh penghuni perumahan.

Penyediaan fasum perumahan bertujuan untuk mendukung pemenuhan terselenggaranya fungsi bangunan dalam wujud sarana dan prasarana. Fasum dan Fasos tersebut dapat digunakan untuk kepentingan bersama. Untuk memanfaatkannya, masyarakat tidak perlu membayar alias gratis. 

Fasum dan fasos perumahan ini disediakan oleh pemerintah dan juga pengembang (developer) dengan alokasi sebesar 40 persen dari lahan perumahan. Meski demikian, fasum perumahan biasanya juga dibangun oleh penghuni secara swakelola, terutama ketika merasa fasilitas yang disediakan dianggap tidak memadai.

Beberapa contoh fasum perumahan adalah jalan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), jaringan saluran listrik, hingga tempat sampah. Fasilitas umum milik perumahan ini menjadi tanggung jawab bersama yang yang harus dirawat agar bisa digunakan dalam jangka panjang. 





Apa itu Fasum Perumahan?

Fasum perumahan adalah segala sarana publik yang tersedia dan dapat digunakan untuk umum atau masyarakat penghuni perumahan di area tersebut. Jika suatu kawasan dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai tentu saja akan sangat memudahkan semua aktivitas sehari-hari bagi orang yang tinggal di daerah tersebut. Mereka tidak akan repot keluar kawasan perumahan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Sebagai contoh, ketika kawasan perumahan sudah dilengakapi fasum berupa klinik atau bahkan rumah sakit maka mereka tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan. 


Peraturan Pemerintah tentang Fasilitas Umum


Setiap daerah memiliki peraturan pemerintah daerah (pemda) sendiri-sendiri dalam mengatur pengembangan fasum. Fasilitas umum sudah diatur di dalam undang-undang (UU), Permendagri, peraturan pemerintah (PP), dan juga melalui peraturan daerah yang dalam implementasinya dapat dilakukan dengan kerja sama antara Pemerintah Daerah (Pemda), masyarakat maupun pihak swasta. 

Nah, peraturan mengenai fasilitas perumahan tersebut dapat merujuk pada:

  • Undang Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 9 Tahun 2009 Tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana, Utilitas Perumahan dan Permukiman di Daerah
  • Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 11 tahun 2008 tentang Pedoman Keserasian Kawasan Perumahan dan Permukiman
  • Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Dalam aturan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman disebutkan ada sanksi yang cukup tegas, di mana setiap pengembang (developer) wajib menyediakan lahan khusus yang bakal dibangun untuk dijadikan fasum maupun fasos. Contohnya adalah  jalan penghubung, drainase, taman bermain anak, ruang terbuka hijau (RTH), dan tempat ibadah.


Jenis Fasilitas Umum Perumahan yang Seharusnya Tersedia


Setelah mengetahui apa itu fasum perumahan dan peraturan apa saja yang mendasarinya, saatnya Anda juga mempelajari bahwa ada beberapa jenis sarana publik yang seharusnya tersedia di sebuah kawasan perumahan:

1. Jalan




Jalan merupakan fasilitas umum yang harus tersedia di komplek perumahan. Pembangunan jalan tersebut bertujuan untuk memberikan akses bagi penghuni maupun orang luar untuk menuju tempat yang diinginkan.

2. Fasilitas Transportasi

Selain jalan, kebutuhan mobilitas warga juga perlu didukung dengan adanya fasilitas transportasi. Fasilitas ini merupakan tanggung jawab pemerintah ataupun swasta yang mana dapat dilakukan dengan menyediakan angkot, bis, kereta, dan jenis angkutan lainnya.


3. Tempat Ibadah


Tempat ibadah ini selain berguna untuk menjalankan ibadah, juga bisa dimanfaatkan untuk merekatkan silturahmi ataupun sosialiasi antara penghuni komplek perumahan. Sebagai contoh, orang muslim akan bertemu di masjid komplek setiap kali menjalankan ibadah salat-nya. 

Bangunan tempat ibadah tersebut tidak harus besar dan megah. Ukuran standar tempat ibadah yang bisa menampung 40 orang sudah cukup layak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Standar Ukuran Masjid: Ini Ukuran Mimbar, Ruang Salat, Tempat Wudu, Toilet, dan Lainnya


4. Fasilitas Kesehatan


Fasum perumahan selanjutnya adalah berupa tempat pelayanan kesehatan yang dapat berwujud klink ataupun rumah sakit. Klinik ataupun rumah sakit ini termasuk ke dalam fasilitas komersial. Jadi, bukan merupakan fasos. Untuk memastikan apakah suatu perumahan menyediakan fasilitas kesehatan ini, Anda dapat melakukan pengecekan site plan-nya di pihak pengembang atau pemda setempat. Jika pengembang tidak menyediakannya sesuai site plan, maka warga yang tinggal di komplek perumahan tersebut dapat menuntut atau bahkan melakukan gugatan class action.

5. Fasilitas Olahraga




Berhubungan dengan kesehatan, keberadaan fasum tempat olahraga menjadi sangat penting. Hal ini akan sangat berguna untuk mereka yang ingin berolahraga aman dan nyaman. Sarana olahraga ini minimal bisa digunakan untuk lari seperti menyediakan track untuk jogging.

Biasanya developer perumahan akan menyediakan lapangan badminton yang bisa juga digunakan untuk olahraga voli, futsal, ataupun basket sehingga lebih memiliki daya guna.

Baca juga: Biaya Membuat Lapangan Futsal: Ini Biaya Konstruksi dan Hitungan Profitnya

6. Fasilitas Kebersihan


Kualitas kebersihan lingkungan komplek perumahan perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan penghuni komplek bersama dengan anggota keluarga lainnya. Nah, cocknya fasum yang sebaiknya disediakan adalah adanya tempat pembuangan sampah di setiap depan rumah dan juga mempekerjakan tenaga kebersihan yang bisa membantu menjaga lingkungan.


7. Fasilitas Pendidikan

Akses fasilitas pendidikan harusnya bisa berjalan dengan baik karena undang-undang menjamin hal itu. Untuk menjawabnya, perumahan dapat menyediakan kemudahan akses kepada penghuninya dalam mendapatkan akses pendidikan publik seperti sekolah mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. 

Dengan adanya kemudahan akses pendidikan ini, beberapa hal yang bisa dirasakan oleh para penghuni komplek perumahan adalah membuat orang tua makin tenang dan nyaman. Selain itu, anak akan mendapatkan tempat pendidikan terbaik tanpa perlu jauh-juah.

8. Taman

Selanjutnya fasum perumahan adalah tersedianya taman atau area hijau baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Keberadaan taman dan juga arena bermain anak di dalam lingkungan perumahan sangat sangat berguna untuk dijadikan tempat bagi anak-anak bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman seusianya. 

Selain itu fasum ini juga dapat menjaga kualitas udara tetap baik sehingga mampu tercipta kawasan yang asri. Dengan kondisi tersebut, maka penghuni komplek akan merasa nyaman ketika melakukan aktivitas seperti jogging di pagi atau sore hari.


9. Fasilitas Keamanan 24 Jam



Developer komplek perlu mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kemalingan, dengan cara membangun pos keamanan 24 jam. Pos ini juga berfungsi sebagai tempat lapor jika ada kasus kriminal terjadi di lingkungan hunian tersebut.

Selain menyediakan pos keamanan, pihak pengelola juga perlu menyediakan CCTV 24 jam. Hal ini berguna sebagai alat untuk memantau dan sekaligus barang bukti apabila terjadi tindakan kriminal di wilayah yang dipasangi CCTV


10. Fasilitas Komersial


Setiap orang tentu memerlukan makanan dan minuman untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, fasilitas seperti warung sembako, minimarket, supermarket, hingga department store merupakan sederet fasum komersial yang bisa dijadikan upaya memenuhi konsumsi warganya.

Selain fasilitas untuk tempat jual-beli tersebut, fasum penyediaan jasa kesehatan dan kecantikan termasuk juga fasilitas komersial.


11. Fasilitas Hiburan


Pembangunan fasilitas hiburan merupakan solusi yang tepat untuk membantu masyarakat keluar dari penatnya rutinitas kerja sehari-hari. Beberapa contoh fasum perumahan yang berhubungan dengan hiburan adalah adanya taman kota, kolam renang, taman bermain, hingga area wisata.


Itu tadi pembahasan seputar fasilitas umum perumahan yang sebaiknya tersedia. Informasi tersebut juga sebagai wawasan bagi Anda yang mencari tempat tinggal dan ingin memastikan apakah developer telah menjalankan peraturan dari pemerintah terkait dengan fasum perumahan ataukah tidak. Dengan mempertimbangkan ketersediaan fasum tersebut tentu bisa menciptakan rasa aman, nyaman, dan tentram jika Anda memutuskan untuk tinggal di satu komplek perumahan tertentu.

0 Response to "11 Jenis Fasum Perumahan yang Seharusnya Tersedia"

Post a Comment