Biaya Membuat Lapangan Futsal: Ini Biaya Konstruksi dan Hitungan Profitnya

Profit dari bisnis sewa lapangan futsal sangatlah menggiurkan. Bisnis ini cocok didirikan di daerah kawasan kampus atau sekolah. Dengan keuntungan yang menjanjikan, sebenarnya berapa sih modal yang dbutuhkan untuk biaya membuat lapangan futsal?

Fasilitas yang biasanya disediakan pada sebuah lapangan futsal cukup beragam. Pelaku usaha dan juga kontraktor harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin membuat lapangan futsal, yaitu mulai dari ukuran lapangan futsal, jenis lantai permukaan lapangan yang digunakan, toilet, mushola, tempat parkir, wifi, gawang, lampu sorot, sistem pembayaran, genset untuk mengantisipasi mati listrik, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, pemilik nantinya juga sebaiknya menyediakan air minum gratis dan menyewakan rompi pemain untuk menarik minat customer agar mau menyewa lapangan futsal di tempatnya. Untuk ulasan lengkapnya, Anda dapat membaca pada ulasan di bawah ini!




Jenis-Jenis Permukaan Lantai Lapangan Futsal yang Sebaiknya Diketahui Sebelum Membuat Lapangan Futsal


Lantai permukaan merupakan bagian terpenting dari sebuah lapangan futsal. Dan hampir 60% biaya dari pembuatan lapangan futsal dialokasikan pada bagian konstruksi yang satu ini.

Syarat dari permukaan lapangan futsal sejatinya harus mulus, rata dan tidak kasar. Penggunaan kayu atau lantai parkit lebih dianjurkan dibandingkan dengan jenis lantai buatan lainnya. Karena jenis lantai tersebut dapat meminimalisir cidera para pemain.

Sebelum mengetahui biaya membuat lapangan futsal secara menyeluruh, sebaiknya ketahui dulu jenis permukaan lantai yang biasanya digunakan untuk pekerasan lapangan futsal di dunia, terutama di Indonesia:

  1. Lapangan futsal berlantaikan vinyl, yaitu jenis permukaan lantai lapangan futsal yang bahannya terbuat dari sejenis karet yang empuk.
  2. Lapangan futsal berlantaikan parquette, yaitu jenis permukaan lantai lapangan futsal yang terbuat dari kayu. Biasanya material ini digunakan di sejumlah Gelanggang Olah Raga (GOR) yang ada di Indonesia.
  3. Lapangan futsal berlantaikan rumput sintetis, yaitu jenis permukaan lantai lapangan yang sejatinya diperuntukkan untuk indoor soccer, bukan futsal. Jenis lantai lapangan ini lebih banyak untuk aktivitas have fun saja, bukan untuk ajang prestasi.
  4. Lapangan futsal berlantaikan semen, yaitu jenis permukaan lantai lapangan yang dibangun dengan konstruksi bahan semen dan bahan agregat lain sehingga membentuk pekerasan beton. 
  5. Lapangan interlock, yaitu jenis permukaan lapangan futsal yang terbuat dari bahan plastik atau polyethyle sehingga pemasangannya dengan cara bongkar pasang.


Rincian Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

Secara umum ada dua jenis lapangan futsal, yaitu lapangan yang bersifat indoor dan outdoor.

Indoor berarti lapangan futsal dibangun di dalam ruangan sehingga dibutuhkan biaya ekstra untuk membuat atap penutup. Sedangkan lapangan futsal outdoor adalah lapangan futsal yang berada di luar ruangan. 

Konstruksi dari lapangan futsal adalah berbentuk persegi panjang. Dengan ukuran panjang 25-42 meter dan lebarnya 15-25 meter.

Sedangkan lapangan futsal yang berstandar internasional (dalam hal ini FIFA) memiliki ukuran panjang 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.

Dari ukuran lapangan futsal tersebut selanjutnya dapat diketahui perkiraan biaya untuk membuat lapangan futsal.

Nah, berikut di bawah ini adalah rincian biaya membuat lapangan futsal baik indoor maupun outdoor:






1. Biaya Membangun Lapangan Futsal Indoor

Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diperlukan untuk membuat lapangan futsal di dalam ruangan adalah:

  • Lapangan futsal indoor dengan menggunakan struktur rangka atap struktur baja WF membutuhkan biaya Rp 700.000,00 /m2.
  • Lapangan futsal indoor dengan menggunakan struktur rangka atap pipa besi membutuhkan biaya Rp 600.000,00/m2.


Misalnya, akan dibangun lapangan futsal berstandar FIFA dengan ukuran 38 m x 18 m, maka bangunan yang dibuat minimal berukuran 41m x 21m atau seluas 861 meter persegi, maka biaya yang dibutuhkan untuk membuat lapangan futsal standar FIFA yaitu:

  • Dengan konstruksi baja WF = 700rb x 861m2 = Rp 602.700.000
  • Dengan konstruksi pipa besi = 600rb x 861m2 = Rp 516.600.000.


2. Biaya Membangun Lapangan Futsal Outdoor

Selanjutnya akan diuraikan berapa biaya membuat lapangan futsal outdoor. Biaya untuk membangun lapangan futsal outdoor jauh lebih murah karena tidak membutuhkan struktur atap dan cenderung tidak dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya. Namun, untuk omzet yang akan didapatkan tidak bisa maksimal. Hal ini disebabkan penggunaanya dipengaruhi oleh cuaca.

Biaya membuat lapangan futsal outdoor = Rp 350.000,-/m2.


Jadi jika akan dibangun lapangan futsal outdoor berukuran 41m x 21m atau seluas 861 meter persegi maka total biaya yang diperlukan adalah:

Anggaran biaya lapangan futsal outdoor = 350rb x 861m2 = Rp 301.350.000.


RAB lapangan futsal indoor dan outdoor tersebut di atas hanya sebagai perkiraan saja, bisa kurang atau lebih menyesuaikan dengan lokasi, waktu, dan fasilitas sarana dan prasarana yang disediakan di lapangan futsal tersebut.

Untuk menghemat biaya pembangunan, maka dapat digunakan bahan-bahan yang lebih murah. Selain itu, dapat juga dibangun secara bertahap untuk memperkecil biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis lapangan futsal ini.


Hitungan Profit Kasar dari Bisnis Sewa Lapangan Futsal


Rata-rata biaya sewa lapangan futsal sebesar Rp 60.000 hingga Rp 140.000 per jamnya. Jika lapangan futsal tersebut buka jam 8 pagi sampai jam 12 malam. Dan per hari rata-rata disewa selama 12 jam maka profit kotornya adalah Rp 1.680.000, jadi selama sebulan dapat Rp. 1.680.000 x 30 hari = Rp 50.400.000. 

Keuntungan bersihnya dapat dikurangi biaya operasional, upah karyawan dan lain-lain anggap saja biaya tersebut sejumlah Rp30juta.

Namun, keuntungan tersebut belum termasuk hasil penjualan minuman ringan, snack, dan lain sebagainya.

Bisnis sewa lapangan futsal merupakan lahan usaha yang cukup menjanjikan saat ini karena minat anak remaja hingga orang dewasa yang besar terhadap olahraga futsal. Jika Anda memiliki lahan yang strategis seperti di daerah kampus, di pusat kota, maka tidak ada salahnya jika membuat lapangan futsal untuk usaha dalam industri olahraga (sport industry).

0 Response to "Biaya Membuat Lapangan Futsal: Ini Biaya Konstruksi dan Hitungan Profitnya"

Post a Comment