Berencana Pasang Rumput Sintetis? Simak Ukuran dan Rekomendasi Pemasangannya

Ukuran rumput sintetis yang dijual di pasaran sangat bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Rumput sintetis umumnya digunakan untuk mempercantik desain sebuah bangunan, khususnya bagian outdoor atau halaman.

Rumput sintetis bisa menjadi alternatif daripada menggunakan rumput asli yang membutuhkan perawatan yang ekstra. Jika Anda termasuk orang yang tidak begitu memiliki waktu untuk merawat tanaman hidup baik untuk menyiram atau memangkas, maka rumput sintetis cocok untuk Anda.



Kegunaan Rumput Sintetis


Memiliki tanaman sebagai bagian dari pernak-pernik rumah memang sudah menjadi hal yang sangat umum dan wajar. Baik sebagai pelengkap di taman, atau juga menjadi hiasan interior di dalam rumah. Selain itu, keberadaan tanaman di rumah juga memberikan kesan yang lebih segar.

Namun, tanaman hidup tentu memerlukan perawatan, dari mulai menyiram, pupuk, pangkas dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk memelihara tanaman hidup, maka Anda juga harus siap untuk perawatannya.

Nah, di sinilah inovasi rumput sintetis berfungsi sebagai alternatif dari tanaman hidup yang tidak membutuhkan perawatan sebesar itu. Rumput sintetis sendiri adalah rumput hias yang dibuat dengan menggunakan serat sintetis buatan yang sengaja dibentuk menyerupai rumput asli.

Pada awalnya, rumput sintetis biasa digunakan untuk keperluan olahraga, seperti untuk lapangan sepak bola, golf, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sekarang ini, rumput sintetis sudah umum digunakan untuk keperluan pribadi, sebagai bagian dari pelengkap desain sebuah bangunan.


Kelebihan Rumput Sintetis


Dibandingkan dengan yang hidup, rumput sintetis memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:


  • Perawatan Mudah dan Praktis

Rumput sintetis tidak memerlukan perawatan harian yang sama dengan jika Anda merawat rumput hidup. Anda tidak perlu rajin memangkas, karena rumput sintetis tidak akan tumbuh memanjang, juga tidak perlu disiram, karena tidak membutuhkan air.

  • Tampilan Menarik dan Eye-Catchy

Penggunaan rumput sintetis bisa membuat hunian Anda tampak lebih hidup dan segar. Tampilan yang sangat mirip dengan rumput asli, akan membuatnya lebih terlihat sungguhan apalagi jika dilihat dari jauh, Tanpa adanya tanah juga membuatnya lebih bersih.

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Dibandingkan dengan tanaman rumput asli yang memerlukan perawatan yang ekstra, rumput sintetis bisa bertahan bertahun tahun lamanya dengan perawatan yang jauh lebih minim. Rumput jenis ini juga tahan pada segala cuaca jika ditempatkan di area luar ruangan.


Kekurangan Rumput Sintetis


Sedangkan, rumput sintetis juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Beraroma Kurang Sedap

Terbuat dari material sintetis, terkadang rumput sintetis ini mengeluarkan aroma karet yang kurang sedap.

  • Warna Bisa Memudar

Semakin lama masanya dan jika ditempatkan di area outdoor, warna rumput sintetis ini akan memudar hingga tidak secerah saat di awal pemakaian.

  • Tidak Menyerap Air

Rumput sintetis tidak menyerap air layaknya rumput sungguhan, namun rumput jenis ini bisa mengarahkan air ke penampungannya yang bisa digunakan untuk keperluan lain.


Rekomendasi Penempatan Rumput Sintetis


Rumput sintetis bisa Anda gunakan di mana saja sesuai dengan preferensi dan rencana desain hunian Anda. Dengan kehadiran ukuran rumput sintetis yang beragam, maka penempatannya sangat fleksibel. Berikut beberapa rekomendasi penempatan rumput sintetis;


1. Taman atau Halaman


Anda bisa menggunakan rumput sintetis untuk halaman di luar rumah, rooftop atau area outdoor lainnya. Penggunaan rumput sintetis di area luar akan memberikan kesan tanaman sungguhan dengan perawatan yang lebih simpel.


2. Hiasan Dinding



Rumput Sintetis juga bisa difungsikan layaknya wallpaper, sebagai hiasan dinding yang bisa dipasang di ruangan mana pun sesuai selera.

Baca juga: Harga Wallpaper Dinding per Meter


3. Interior rumah


Selain itu, rumput sintetis juga bisa dijadikan karpet di ruang tengah, atau dekorasi interior rumah lainnya.


Jenis-Jenis Rumput Sintetis


Sedikitnya ada 3 jenis rumput sintetis yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan Anda. Tiap jenisnya memiliki keunggulan dengan material utama pembuatan yang berbeda. Apa saja jenisnya?


1. Rumput Sintetis Jepang





Rumput jenis ini terbuat dari material utama monofilament. Memiliki tampilan yang paling mirip dengan rumput asli. Tingginya hanya sekitar 20 mm, jadi Anda tidak perlu memangkasnya lagi, karena sudah pas dan tidak akan bertumbuh semakin panjang.

Rumput ini juga dinilai lebih awet daripada rumput sintetis golf, yakni mampu bertahan selama 9-10 tahun di area indoor, dan 5-8 tahun untuk area outdoor.


2. Rumput Sintetis Swiss



Rumput Swiss terbuat dari bahan polyethylene yang memiliki kualitas tinggi. Teksturnya yang lebih lembut, awet dan tahan pada segala cuaca. Anda bisa menggunakan rumput jenis ini untuk keperluan lapangan olahraga.

Tinggi ideal untuk ukuran rumput sintetis ini adalah 30 mm, namun Anda bisa juga menjumpai rumput sintetis Swiss dengan ukuran antara 20-40 mm dengan mudah di pasaran. Biasanya akan dijual ukuran rumput sintetis per rol atau per meter.


3. Rumput Sintetis Golf




Kemudian, yang terakhir ada rumput sintetis yang biasanya digunakan untuk keperluan lapangan golf. Tingginya mencapai 10 mm, teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan rumput golf yang alami.

Rumput sintetis golf mampu bertahan selama 9-11 tahun untuk pemakaian indoor, sedangkan 7-8 tahun untuk penggunaan di area outdoor. Meski namanya rumput sintetis golf, Anda juga tetap bisa menggunakan jenis rumput ini untuk keperluan lainnya.


Harga dan Ukuran Rumput Sintetis



Sebetulnya, Anda bisa menyesuaikan ukuran rumput sintetis yang dibutuhkan dengan lahan atau area yang akan dipasang rumput sintetis. Namun, rumput jenis ini memiliki ukuran standar yang sering dijumpai dengan di pasaran, yaitu 1 m x 1 m serta 26 m x 50 m.

Untuk harga dari rumput sintetis sendiri tergantung pada jenis dari rumputnya juga ukuran yang Anda perlukan. Berikut daftar harga rumput sintetis terbaru beserta ukurannya;


Jenis Rumput Sintetis

Ukuran

Harga

Rumput Sintetis Jepang (ketebalan 3 cm)

100 cm x 100 cm

Rp. 240.000

Rumput Sintetis Swiss (ketebalan 3 cm)

100 cm x 100 cm

Rp. 195.000

Rumput Sintetis Golf (ketebalan 1 cm)

100 cm x 100 cm

Rp. 285.000


Harga yang tertera di atas mungkin akan berbeda antar daerah dan periode waktu. Ukurannya pun bisa berbeda beda. Namun, rata-rata ketebalan rumput sintetis berkisar di 3 cm.

Pilihlah jenis rumput sintetis yang cocok dengan kebutuhan Anda supaya bisa sesuai dengan bayangan desain yang diinginkan. Ukuran rumput sintetis pun beragam bisa disesuaikan dengan keperluan area yang akan dipasang.

0 Response to "Berencana Pasang Rumput Sintetis? Simak Ukuran dan Rekomendasi Pemasangannya"

Post a Comment