Jenis Karpet Lantai dan Harganya

Karpet lantai kerap dipilih sebagai perabot yang paling nyentrik, modis, praktis, bermanfaat, dan terbukti meningkatkan suasana gaya interior rumah. Tren penggunaan karpet masih sangat populer hingga saat ini.

Seiring perkembangannya, karpet hadir dalam varian dan harga yang beragam. Agar Anda menemukan karpet yang sesuai dengan gaya rumah Anda, yuk simak artikel ini!



Deskripsi Karpet Lantai dan Keunggulan Menggunakannya


Karpet atau ambal atau permadani adalah perabot penutup lantai yang terbuat dari tekstil. Karpet terdiri dari dua sisi, yaitu sisi alas dan sisi bulu. Beberapa hal yang dipertimbangkan dalam memilih karpet lantai meliputi bahan, warna, serta motif.

Fungsi karpet tidak hanya sekadar pemanis ruangan, sebenarnya karpet mempunyai beberapa keunggulan lain, di antaranya: 

  • Insulasi lantai

Lantai akan terasa dingin jika cuaca sedang tidak bersahabat, misalnya hujan deras atau hujan salju. Lantai yang dingin tentu tidak nyaman. 

Karpet berperan sebagai media pembatas agar rasa dingin yang dihantarkan lantai tidak langsung terkena kaki. Biasanya karpet diletakkan di kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu dan ruangan lainnya.

  • Mengurangi kebisingan

Karpet mempunyai sifat yang mampu meredam suara lebih baik ketimbang lantai lainnya. Oleh karenanya karpet biasa digunakan di ruangan yang membutuhkan kedamaian dan kenyamanan.


  • Bantalan ketika terjatuh

Seperti yang Anda sadari, karpet terbuat dari tekstil lembut yang membuatnya terasa empuk. Bagian alas karpet dilapisi dengan permukaan anti-slip untuk mencegah orang terpeleset. Sekiranya terpeleset, karpet berperan sebagai bantalan untuk mengurangi efek sakit setelah jatuh.


  • Menyembunyikan kecacatan lantai

Sejak lama karpet memang digunakan untuk menambah estetika pada ruangan. Karpet juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kerusakan pada lantai, misalnya lantai retak.

Baca juga: Rekomendasi Alternatif Lantai Selain Keramik


Jenis Karpet Lantai


Pada dasarnya, karpet dibedakan berdasarkan bahan dan motif. Masih-masing karpet mempunyai keunikan tersendiri. Mari, bedah tuntas apa yang membedakan karpet satu dengan karpet lainnya di bawah ini:

1. Berdasarkan bahan pembuat


  • Viskose



Karpet ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan karpet sutra dengan harga yang lebih terjangkau. 


Viskose terbuat dari bahan sintetis, namun memiliki tampilan seperti karpet sutra. Karpet ini mempunyai tekstur yang lembut dan warna yang menarik perhatian mata.

Pilihlah warna karpet yang senada atau harmonis dengan cat dinding interior yang digunakan.

  • Nilon


Karpet yang terbuat dari bahan plastik ini mempunyai durabilitas yang sangat baik. Karpet nilon biasa digunakan di ruang perkantoran. Pasalnya karpet ini praktis, mudah dicuci dan mudah diganti.


Bobot karpet nilon sangat ringan, dengan demikian karpet mudah dilepas-pasang bila kotor atau terdapat kerusakan. Karpet nilon tersedia dalam beberapa pilihan warna dan motif agar ruangan terlihat lebih tegas dan berwarna. Di samping itu, harganya relatif terjangkau.


  • Sutra



Bahan sutra diakui mempunyai tekstur yang sangat lembut serta warna yang sangat menarik. Dengan keunggulan tersebut, ruangan terasa lebih nyaman dan hangat. Karpet sutra asli dijual dengan harga yang cukup fantastis.


  • Sisal


Sisal adalah karpet lantai yang umumnya digunakan untuk melapisi tangga atau menutup seluruh permukaan lantai di ruangan. 


Karpet sisal tidak bisa dicuci, karena sifatnya yang mudah mengembang dan strukturnya kasar. Cara perawatan sisal cukup dengan divakum menggunakan mesin penyedot debu.


  • Polypropylene


Karpet polypropylene terbuat dari bahan sintetis, sehingga harganya lebih terjangkau. Karpet ini cukup diminati karena kelembutan dan kenyamanan yang ditawarkan. 


Karpet ini mudah untuk dibersihkan, karpet cukup dicuci dengan air seperti biasa. Namun sebaiknya dilakukan secara hati-hati, sebab benang-benang karpet mudah putus dan terlepas dari jahitannya. 

Karpet polypropylene tersedia dalam beberapa pilihan warna, sayangnya warna tersebut mudah pudar seiring waktu.


  • Kulit


Salah satu alasan orang cukup menyukai karpet kulit adalah usia pemakaian dan durabilitas yang sangat baik. Kulit memang dikenal sebagai bahan yang berkualitas. 



Akan tetapi karpet kulit sulit untuk dibersihkan, oleh karenanya jauhkan karpet di tempat yang mudah kotor. Apabila diletakkan di ruangan, karpet kulit menawarkan kehangatan dan kelembutan.


  • Wol



Karpet yang terbuat dari bahan bulu domba ini sangat lembut. Kenyamanan dan kehangatan yang ditawarkan tidak lagi diragukan. 

Selain itu, karpet wol dapat bertahan lama jika dirawat baik. Perawatan yang ideal untuk karpet ini adalah dengan menggunakan penyedot debu atau jasa cuci dry cleaning.


2. Berdasarkan motif 


  • Motif modern



Seni gaya modern dikenal memprioritaskan desain yang simpel dan modis. Karpet lantai motif modern biasanya memadukan bentuk geometris atau garis-garis dengan warna yang modern. Dengan desain yang stylish, karpet modern cocok sebagai daya tarik di setiap ruangan.


  • Motif klasik



Karpet dengan motif klasik ini dihiasi dengan ornamen-ornamen mewah dan relatif ramai. Anda bisa menemukan karpet motif klasik pada karpet-karpet Persia. Perpaduan corak dan warna karpet ini akan memberikan kesan mewah pada suatu ruangan.

Daftar Produk Karpet Lantai dan Harganya


Umumnya harga karpet dipengaruhi oleh material pembuatnya. Kisaran harga karpet biasanya dimulai dari Rp100 hingga Rp150 ribu. Sebagai referensi, berikut disajikan daftar harga beberapa jenis karpet:


  • Bahan velvet





Velvet atau beludru atau beledu adalah bahan yang sangat lembut. Karpet velvet dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda biasa mendapatkan karpet 90x200 cm dengan harga Rp40 ribu.


  • Karpet bulu rasfur



Selain karpet velvet, karpet lantai bulu rasfur juga menawarkan kelembutan yang sangat baik. Karpet bulu domba hadir dalam pilihan warna nyentrik dan kekinian. Karpet dengan ukuran 200x150x3 cm biasanya ditawar mulai dari Rp180 ribu.

  • Karpet tahan air



Bahan kain laken dan polyfoam adalah bahan yang tahan air. Keunggulan tersebut menjadikan karpet ini dihargai dengan nilai yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp250 ribu. Dengan harga tersebut Anda bisa mendapatkan karpet berukuran 200x200 cm yang empuk dan mudah dibersihkan.

  • Karpet hitam minimalis modern



Karpet dengan desain ini cukup diminati akhir-akhir ini. Corak karpet yang minimalis memberikan nuansa yang elegan dan memikat hati. Anda bisa mendapatkan karpet ini dengan harga mulai dari Rp150 ribu dengan ukuran 180x150x1 cm.


  • Motif geometri



Karpet di atas menawarkan kesan modern yang kekinian, cocok untuk digunakan di ruang tamu maupun ruang makan. Karpet motif geometri tersedia dalam banyak pilihan motif.

Untuk karpet ukuran 100x150 cm dari bahan serat nilon dibanderol dengan harga Rp150 ribu saja. Karpet nilon motif geometri di atas cukup awet dan tahan lama.


Minat akan karpet lantai jarang sekali mengalami penurunan. Pasalnya, ruangan kurang terasa lengkap tanpa pemanis seperti karpet. Penggunaan karpet dijamin menambah estetika dan kenyamanan suatu ruangan.

0 Response to "Jenis Karpet Lantai dan Harganya"

Post a Comment