7 Tips Desain Kamar Tidur Tanpa Jendela, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Kamar tidur yang ideal tentu saja harus dilengkapi dengan jendela sebagai sirkulasi udara. Namun, karena keterbatasan lahan membuat desain kamar tidur dibuat tanpa jendela. Biasanya ruang tidur tanpa jendela ini ditata untuk kamar yang berada di apartemen tipe studio, basement, loteng, dan lain sebagainya. 

Jendela bukan hanya berfungsi sebagai bukaan untuk pencahyaan alami agar masuk ke dalam ruangan, tetapi juga dipakai sebagai elemen dekoratif yang dilengkapi dengan gorden. Seringkali jendela berfungsi sebagai titik fokus sebuah ruangan, termasuk ruang kamar tidur.

Selain itu, jendela dapat menawarkan pemandangan yang indah, meskipun sayangnya tidak selalu demikian, tetapi jika rumah Anda menghadap ke laut atau pepohonan dengan daun hijau yang memberikan kesejukan, ini tentu akan berkontribusi pada relaksasi dan suasana hati yang baik jika sebuah ruang kamar tidur dilengkapi dengan jendela. 

Namun, ada kalanya kamar tidur tidak memiliki jendela sama sekali. Lalu, bagaimana ide desain kamar tidur tanpa jendela yang terbaik? Yuk ketahui tips dan ide desain kamar tidur tanpa jendela berikut ini.



Kelebihan dan Kekurangan Kamar Tidur Tanpa Jendela

Sebuah ruang kamar tidur yang tidak memiliki jendela sama sekali ternyata mempunya sejumlah kelebihan lho. Berikut ini adalah sejumlah keuntungannya:

1. Elemen interior kamar tidur akan lebih awet

Keuntungan pertama dari sebuah kamar tidur tanoa jendela adalah elemen-elemen interiornya yang meliputi penutup dinding dan juga lantai, tidak akan mudah pudar karena panasnya sinar matahari tidak mengenainya secara langsung.

2. Hemat Biaya

Kamar tanpa jendela biasanya berukuran kecil, yang berarti Anda dapat melengkapi furniture minimalis yang tidak menguras kantong. Anda juga tidak akan menghabiskan biaya untuk pembuatan dan perawaratan jendela.


Semenata itu kekurangan kamar tidur tanpa jendela adalah sebagai berikut:

1. Miskin Cahaya

Di ruang kamar tidur gelap tanpa jendela dan terkesan sempit, karena tidak ada cahaya matahari alami.  Jelas, desain ruangan seperti itu harus didekati dengan perhatian khusus, jika tidak, maka kamar tidur akan suram dan tidak nyaman. 

Ada beberapa teknik dan trik desain yang dapat membantu Anda seperti yang akan dijelaskan di bawah nantinya.

2. Kurang Ventilasi

Masalah utama kamar tidur tanpa jendela adalah kurangnya ventilasi. Dengan satu atau lain cara, udara segar harus masuk ke dalam ruangan, dan di kamar tidur tanpa jendela, ini lebih sulit diwujudukan. Ruang kamar tidur tanpa jendela akan menjadi gelap, bahkan di siang hari – yang berarti Anda akan membutuhkan banyak lampu penerangan. 

Hanya beberapa tamanan tertentu yang dapat diaplikasikan untuk hiasan kamar tidur dan sekaligus sebagai tumbuhan pembersih udara, karena sulit bagi tanaman untuk bisa hidup tanpa adanya sinar matahari dan oksigen dalam jumlah yang besar.

7 Tips/Ide Desain Kamar Tidur Tanpa Jendela


Mendesain kamar tidur tanpa jendela cukup mengandung sejumlah permasalahan yang perlu Anda pertimbangkan dan rencanakan. Terutama terkait dengan ukuran dan bentuk ruangan, serta ketinggian plafon kamar tidur. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan ventilasi yang tepat. 

Yuk cari tahu bagaimana tips cara mendesain kamar tidur yang nyaman dan menarik tanpa jendela. 

1. Meningkatkan Kualitas Ventilasi Udara

Karena didesain tanpa jendela, kamar tidur ini harus memiliki aliran udara segar secara teratur, karena ini akan membantu menjaga tingkat kelembaban yang optimal dan mengurangi risiko jamur dan lumut pada dinding kamar.

Caranya adalah dengan menghubungkan kamar tidur tanpa jendela ke sistem ducting yang ada dan menambahkan ventilasi. Cara lain untuk meningkatkan ventilasi udara adalah dengan memasang AC pada kamar tidur ini.

Via Pinterest


AC ini tidak hanya akan mendinginkan/memanaskan udara, akan tetapi juga dapat menjadi alat yang efektif untuk ventilasi ruang kamar tidur tanpa jendela. 

Selain itu, Anda juga dapat menambahkannya dengan kipas langit-langit atau kipas portabel. Ini adalah cara untuk memberikan sirkulasi udara yang konstan. Cara sederhana lainnya untuk meningkatkan sirkulasi udara di ruang kamar tidur tanpa jendela adalah dengan mengurangi jumlah furnitur. Ketika ruangan dipenuhi oleh furniture, aliran udara dapat terhambat.


2. Menambahkan Tanaman Pemurni Udara



Via technoluxpro.com

Letakkan beberapa tanaman pembersih udara di sudut-sudut ruangan yang dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi udara pada kamar tidur tanpa jendala. Adapun tanaman tersebut, misalnya adalah pakis Boston (Nephrolepis exaltata), spider plant (Chlorophytum comosum), sirih gading (Epipremnum aureum), Peace Lily (Spathiphyllum), tanaman sri rejeki (Aglaonema simpletum), lidah ibu mertua (Sansevieria rifasciata), tanaman hias philodendron (Philodendron), dan lain sebagainya.


2. Penggunaan Lampu


Via Pinterest

Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk kamar tidur tanpa jendela. Berikan pencahayaan yang cukup terang dan nyaman.

  • Anda dapat memilih lampu gantung yang dipasang tepat di tengah langit-langit ruangan– Semakin kecil kamar tidur, semakin kecil lampu gantungnya. 
  • Lampu sorot dapat digunakan bersama dengan lampu gantung dan memungkinkan Anda untuk dapat menyoroti area tertentu, misalkan sebagai hiasan.
  • Lampu meja – satu atau dua lampu meja sangat cocok. Pencahayaan dekoratif


4. Pilih Skema Warna yang Harmonis


Via Pinterest


Memilih skema warna yang tepat sangatlah penting agar tampilan interior dari kamar tidur tanpa jendela ini bisa harmonis. Saat memilih skema warna untuk ruangan seperti itu, sebaiknya pilihlah  warna yang memberikan kesan terang dan tenang. 

Desain yang paling sukses pastinya adalah warna cat putih. Namun, untuk kombinasi warnanya, Anda harus hati-hati memilih furnitur yang kontras dan dekorasi yang cerah untuk menghindari tampilan yang monoton dan membosankan. 

Misalnya, seperti kamar tidur bayi di atas, Anda dapat mengkombinasikan warna cat dinding putih dan hitam, kemudian memilih furniture dengan nada kuning yang menenangkan dan terlihat ceria. Warna-warna ini tentu disukai anak-anak dan membantu Anda rileks lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.


5. Memilih Furniture

Via Pinterest


Apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih furnitur untuk kamar tidur tanpa jendela? Hindarilah furnitur yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan furniture tersebut dapat menghalangi sirkulasi udara dan membuat ruangan terlihat berantakan. 

Ranjang untuk tidur dan beberapa rak penyimpanan sudah cukup. Rak kecil atau meja nakas sangat ideal di ruang kamar tidur seperti ini. Untuk efesiensi, Anda dapat membuat custom tempat tidur yang bagian bawahnya sudah dilengkapi dengan ruang penyimpanan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rak besi siku yang diletakkan di dinding. Hindari untuk memilih furnitur yang berwarna gelap. Sebaiknya gunakan furniture, misalnya lemari, dengan permukaan glossy, dilengkapi dengan kaca/cermin karena bersifat reflektif sehingga ruangan akan terlihat lebih besar ukurannya.

6. Tambahkan Cermin sebagai Hiasan

Via technoluxpro.com


Aksesori dan gorden ataupun wallpaper dinding dapat menambah tekstur dan warna pada interior kamar tidur tanpa jendela. Satu cermin besar atau banyak cermin kecil di dinding akan membuat kamar tidur lebih besar secara visual. 

Jika memungkinkan, letakkan cermin di depan pintu. Sifatnya yang reflektif terhadap benda-benda di sekelilingnya juga akan menjadi cara yang efektif untuk memperbesar kamar tidur secara visual. 

Baca juga: Harga Wallpaper Dinding Per Meter Berdasarkan Jenis


7. Aksen Dinding


Via brickunderground.com


Jangan lupakan aksen dinding. Tips ide desain ini sangat berhasil untuk membuat ruangan kecil jadi lebih hidup. Berbagai elemen dekoratif seperti lukisan dinding, vas bunga, bingkai foto, pot bunga, dll dapat memainkan peran aksen yang indah dan cerah. Namun, di kamar tidur yang berukuran kecil, apalagi tanpa jendela, Anda tidak boleh memiliki banyak aksesori, jadi cobalah untuk membatasi jumlah elemen dekoratif.

0 Response to "7 Tips Desain Kamar Tidur Tanpa Jendela, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!"

Post a Comment