Fungsi, Ukuran, dan Model Meja Nakas Serta Tips Memilihnya

Meja nakas merupakan salah satu jenis mebel yang penempatannya sering diletakkan di dekat sisi ranjang tidur. Oleh karenanya, desain dari nakas ini sering dibuat dengan sistem knockdown agar user friendly

Pada dasarnya, nakas adalah sebuah furnitur berupa meja atau lemari kecil yang diletakkan di sisi ranjang. Nakas juga sering disebut sebagai meja samping ranjang tidur. Biasanya, penghuni rumah akan meletakkan lampu tidur, vas bunga, telepon, atau alat tulis di atas meja ini. 



Apa saja Kegunaan Meja Nakas?

Meja nakas umumnya digunakan untuk meletakkan barang-barang yang digunakan sebelum tidur dan sesudah tidur. Sebagai contoh adalah kacamata, smartphone, arloji, remote AC, dan lain sebagainya. 

Menaruh benda-benda tersebut di atas nakas sangatlah praktis jika dibandingkan harus meletakkannya di sebelah bantal. Selain itu, meja nakas juga bisa difungsikan sebagai tempat untuk menaruh lampu tidur. 

Di samping fungsi utama seperti yang telah disebutkan di atas, meja nakas yang disertai dengan laci ini juga mempunyai fungsi estetika. Didukung dengan konsep interior kamar tidur yang ciamik, nakas ini akan mampu menyempurnakan desain kamar tidurmu. 

Nakas cocok untuk segala tema dekorasi kamar tidur, tidak terbatas kamar tidur minimalis saja. Akan tetapi, kamu juga dapat menerapkannya di kamar tidur yang bertemakan aesthetic, K-Pop, polaroid, kamar tidur bertemakan kartun anak-anak, dan lain sebagainya.

Ukuran Nakas Pada Umumnya


Agar cocok untuk ditempatkan di kamar tidur maka nakas harus memiliki ukuran yang ideal. Tingginya biasanya berkisar 0,5m atau sejajar dengan tinggi permukaan kasur.

Dengan ukuran nakas seperti ini, penghuni akan lebih mudah saat meletakkan dan mengambil barang yang diletakkan di atas nakas atau yang berada di dalamnya. Kamu tidak perlu membungkuk ataupun beranjak dari posisi tidur saat menjangkau furniture minimalis ini. 




Model Meja Nakas

Setelah menentukan ukuran nakas yang ideal, saatnya kamu memilih model yang sesuai dengan keinginan. Adapun model meja nakas yang ada di pasaran adalah:

1. Nakas Bulat



2. Nakas Persegi



3. Nakas Persegi Panjang


Via Fabelio.com

4. Nakas Hexagonal




Cara Memilih dan Memanfaatkan Meja Nakas yang Tepat


Terdapat beberapa material yang digunakan untuk membuat nakas, yaitu seperti kayu, kaca, keramik, dan bahan atau material lainnya. Pilihlah material nakas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu sering menaruh gelas minuman di atasnya, pilihlah meja nakas yang terbuat dari kaca. Material kaca ini akan memudahkanmu ketika membersihkannya. Namun, jika nakas akan ditempatkan pada kamar anak, gunakan nakas dari kayu. Hindari penggunaan meja nakas bermaterial kaca atau keramik karena berpotensi pecah dan melukai anak-anak.

Tips lainnya terkait dengan memilih dan mendekorasi meja nakes yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah meja nakas yang bersifal mobile, dan terdapat roda di bawahnya sehingga dapat digeser sesuai dengan kebutuhan ruang yang ada, selain itu dapat dipindahpindah untuk mengganti suasana ruang.
  2. Pilih meja nakas yang memiliki fungsi untuk meletakkan barang dan terdapat laci didalamnya yang berfungsi untuk menyimpan barang.
  3. Untuk material nakas, kamu dapat memilih bahan baku kayu solid dan multiplek, sedangkan untuk finishingnya berbahan HPL (high preasure laminating). 
  4. Pilihlah meja nakas yang memiliki kombinasi warna yang sesuai dengan nuansa warna kamar tidur kamu.
  5. Meski fungsinya untuk menaruh benda-benda yang sering digunakan, kamu tetap perlu mendekorasi meja nakas lho. Adapun dekorasinya cukup sederhana saja, kamu bisa meletakkan di atas meja nakas berupa lampu tidur, vas bunga, bingkai foto keluarga, atau jam beker.
  6. Gunakan satu meja nakas untuk kamar tidur yang digunakan sendiri. Tidak ada salahnya untuk memasang dua nakas yang diletakkan di sisi kanan dan kiri jika ranjang yang kamu gunakan berukuran king dan digunakan oleh dua orang. Untuk kamar anak yang dihuni 2 orang, coba gunakan nakas minimalis yang memanjang dan letakkan di antara kedua ranjang. 

Itulah ulasan mengenai meja nakas dan fungsinya. Keberadaan nakas di samping ranjang bukanlah menjadi sebuah kewajiban. Namun, jika dirasa perlu, maka sebaiknya pilihlah nakas sesuai dengan budget dan desain kamar tidurmu. Dengan nakas, tentu saja kamar tidurmu akan lebih terasa nyaman.

0 Response to "Fungsi, Ukuran, dan Model Meja Nakas Serta Tips Memilihnya"

Post a Comment