9 Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Untuk Rumah yang Homey

Cat dinding ruang tamu harus ditentukan dengan baik karena ruangan ini menjadi pusat perhatian bagi tamu yang sedang berkunjung. Untuk meningkatkan ekstetika sebuah interior rumah, warna cat ruang tamu harus dibuat serasi dengan warna furniture dan juga wara ruangan lainnya.

Menentukan pilihan warna serta merek cat untuk sebuah ruang tamu merupakan salah satu aspek terpenting. Dalam memilih warna sendiri harus dikaitkan dengan faktor psikologis warna dan fungsinya untuk ruang tersebut




Tips Desain dan Dekorasi Desain Ruang Tamu


1. Identifikasi Warna Utama Ruang Tamu

Pertama, kamu perlu menentukan warna utama ruang tamu kamu. Ini kemungkinan besar akan sama dengan warna lantai keramiknya. 

Baca juga: Jenis Keramik Lantai, Dinding, Kamar Mandi, dan Dapur

Pastikan untuk memilih perpaduan yang cocok antara hiasan lantai keramik dan cat tembok ruang tamu. Karena hal inilah yang yang pertama kali harus diidentifikasi sebelum memilih cat tembok ruang tamu kamu.


2. Berikan Sentuhan Aksen Warna lain


Menambahkan warna lain di ruang tamu dalam proporsi yang lebih kecil dari warna utama dinding ruang tamu sangat diperlukan. Kamu bisa menerapkannya pada furniture, gorden, ataupun pada pembatas antara ruang tamu dengan ruangan lainnya.

Ruang tamu bernuansa putih dan abu-abu ini sebagai contohnya. Dapat kamu lihat kalau si pemilik hunian memilih sofa berwarna abu-abu dan bagian ruangan sebelah dari ruang tamu utama yang mencolok dengan warna abu-abu. Maka dari itu, memperhitungkan kedua warna sekunder amatlah penting agar ketika dipadupadankan akan memiliki kecocokan dan nilai estetika yang tinggi.

3. Desain Warna Utama dalam Satu Aksesoris Patterned

Setelah kamu menentukan warna utama dan warna sekunder pada cat dan furniture ruang tamu, sekarang saatnya kamu menyatukan tiga (atau lebih) warna menjadi satu kesatuan yang berpola. Kamu pastinya ingin menempatkan wallpaper, tirai ruang tamu, atau hiasan/lukisan dinding yang memiliki kesamaan warna ataupun keserasian warna dengan tema ruang tamu utama.

4. Pilih Warna Cat

Jika kamu tidak akan menggunakan wallpaper untuk ruang tamu, kamu harus memilih warna cat yang sesuai dengan tema yang akan kamu usung pada ruang tamu kamu. Setelah kamu menemukan furniture dan juga hiasan/dekorasi yang cocok - seperti tirai ruang tamu atau lukisan– bawa ke ruang tamu sehingga tampilan ruang tamu akan tambah ciamik.

9 Rekomendasi Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Homey


Supaya ruang tamu dalam rumah kamu tervisualisasi dengan baik, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah  dengan menentukan cat temboknya. Sebagai referensi dan panduan, inilah warna-warna cat terbaik yang bisa kamu terapkan untuk untuk rumahmu agar lebih homey dan hangat.


1. Warna Cat Dinding Hitam dan Putih



Untuk warna klasik yang elegan dan tetap terlihat mewah, warna hitam adalah warna cat dinding ruang tamu yang mungkin cocok untuk huniamu. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan warna putih, silver, atau emas untuk memberikan kesan mewah. 

Pilihlah lantai dari granit atau marmer dengan gaya metalik untuk pantulan warna hitam yang elegan.

Baca juga: Biaya Jasa Poles Marmer, Ketahui Juga Jenis dan Manfaatnya!


2. Warna Cat Dinding Hijau Lembut



Untuk nuansa yang dekat dengan alam, warna cat ruang tamu yang satu ini bisa kamu pilih. Warna hijau lembut akan memberikan kesan kalem dan tenang pada ruang tamu. 

Kamu bisa kombinasikan dengan beberapa tanaman hidup dalam pot untuk tampilan ruang tamu yang lebih natural, modern, minimalis, dan tidak terlalu mencolok. Warna hijau lembut ini akan cocok dipadukan dengan warna putih atau abu-abu dalam hal campuran warna cat yang akan ada di ruang tamu kamu. Dekorasi kekayuan juga dapat membantu aksen ruang tamu agar terasa lebih homey.


3. Warna Cat Dinding Lavender



Untuk kesan feminim, pilih lavender untuk warna cat ruang tamu kamu. Warna ini juga bisa menunjukkan kemewahan atau keanggunan. Hindari warna pastel sebagai aksen tambahan untuk ruang tamu berwarna lavender untuk hasil maksimal. Cocok untukmu yang menginginkan tampilan ruang tamu yang kalem dan menenangkan. 

Warna ini dapat memberikan kesan trendi ke ruang tamu kamu. Tambahkan wewangian lavender ataupun pot yang diisi dengan bunga lavender agar makin sesuai tema!


4. Warna Cat Dinding Oranye



Cat dinding warna orange untuk ruang tamumu bisa membawa kesan natural, terutama untuk oranye rustik. Perabotan monokrom hitam dan putih dan mengarah ke warna kayu bisa menambahkan kesan minimalis modern. 

Furniture berwarna putih juga akan menambahkan kesan kontras yang elegan.


5. Warna Cat Dinding Kuning


Warna yang satu ini dapat memberi kesan hangat dan cerah untuk ruang tamu kamu. Tone dari warna kuning yang cukup pop ini bisa memberi nuansa nyaman ke ruang tamu yang cenderung sempit. Jangan mengecat seluruh ruangan rumah dengan warna kuning, hal ini untuk menghindari kesan monoton. 

Tambahkan warna putih pada beberapa bagian ruangan lain agar ruang tamu utama nampak nyaman.

6. Abu-abu




Warna abu-abu menjadi warna andalan bagi setiap orang yang menginginkan agar ruangan tidak mudah kotor. Warna klasik ini akan memberikan kesan yang menyegarkan. Selain itu, pemilihan warna abu-abu untuk cat ruang tamu ini juga memudahkanmu untuk mengkombinasikannya dengan berbagai tekstur lainnya dari barang-barang yang ada di ruang tamu. Hal ini disebabkan warna abu-abu sangat mudah nge-blend dengan beragam warna lainnya.

7. Krem



Warna cat dinding krem untuk ruang tamu ini sangat cocok untuk kamu yang mencari warna minimalis dengan suasana yang cukup terang. Tambahkan furniture warna coklat yang akan menambahkan aksen dan memberi rasa hangat pada ruang tamu kamu.

Tambahkan pengharum ruangan sehingga ruang tamu akan memberikan kesan yang menenangkan bagi para tamu yang datang. Aksen coklat di furniture juga bisa menjadi tambahan yang menarik untuk palet warna ruang tamu kamu.


8. Blue



Warna biru pada cat dinding akan membebaskan pikiran penghuninya dari kesuraman dan keseriusan yang berlebihan. Memang belum terlalu sering dipakai orang untuk ruang tamu, namun bisa cocok untuk kamu yang lagi-lagi mencari warna kuat namun kalem.

Kesegaran juga merupakan efek psikologis yang akan didapat penguni dan juga tamu yang berkunjung ke rumah jika menggunakan cat warna biru pada dinding ruang tamu. Pastikan juga dekorasi dan furniture ruang tamu memiliki warna yang kalem untuk dikombinasikan dengan biru.


9. Pink



Warna pink ini akan memberikan kesan kalem, minimalis, modern, elegan, ceria, dan mungkin mencitrakan pemiliknya yang mendominasi adalah pihak istri. 

Warna pink untuk cat dinding ruang tamu ini juga bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih nyaman dan luas. Agar tidak merasa gelap, kamu bisa mengecat tembok ruangan sebelahnya atau menaruh furniture, tirai, dan perabot lain warna putih. Warna pink ini tentu menjadi pilihan yang cocok dan cukup nyentrik untuk beberapa orang!

Demikian warna cat ruang tamu rekomendasi kami, beserta tips memilih warna cat dan desain ruang tamu. Pilihlah sesuai dengan keserasian warna ruangan lainnya secara keseluruhan. Kamu juga dapat berkonsultasi pemilik toko bangunan atau penjual cat dinding untuk hasil yang maksimal.

0 Response to "9 Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Untuk Rumah yang Homey"

Post a Comment