11 Ide Cermin untuk Ruang Tamu Sempit, Ini Do and Don't Saat Memasangnya!

Cermin tidak hanya berfungsi untuk berkaca, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif pada sebuah ruangan. Salah satunya dapat digunakan di ruang tamu yang sempit. Cermin di ruang tamu akan membuat ruang kecil terasa lebih besar dan ruangan gelap tampak lebih terang.

Selain itu, cermin juga membuat ruang tamu nampak elegan dan terasa lebih mewah. Cermin akan memantulkan cahaya dan menyebar ke seluruh sudut ruangan. Jika Anda mencari ide cermin untuk ruang tamu yang sempit, kami telah mengumpulkan daftar 11 ide cermin ruang tamu ini untuk membantu Anda.

Via nimvo.com



11 Ide Smart dalam Menghias Ruang Tamu Sempit dengan Cermin Gantung

Mempunyai ruang tamu yang berukuran kecil memang cukup sulit ketika ingin menghiasnya. Karena sangatlah terbatas.

Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat membuat ruang tamu kecil akan terasa lebih lapang, dengan menggunakan cermin. Cara ini sangatlah solutif dan kreatif yang dapat membantu membuat ruang tamu Anda terasa lebih besar dan cerah.

Mari masuk ke 11 ide cara yang sangat cerdik untuk mendekorasi ruang tamu dengan cermin berikut ini:


1. Letakkan Cermin Di Belakang Furniture


Letakkan cermin di atas sofa atau di belakang beberapa kursi atau meja. Penempatan seperti itu benar-benar dapat mengubah tampilan visual dari ruang tamu Anda.

Cermin besar di belakang sepasang kursi ini akan membuat ruangan terasa luas dan terbuka. 

Tempatkan cermin di belakang sumber cahaya seperti lampu meja, standing lamp atau lampu lantai.

Penempatan lampu tersebut bertujuan untuk memantulkan cahaya kembali sehingga ruangan akan nampak lebih luas.

2. Cermin Bulat Gantung


Via homesandgardens.com


Saat memilih bentuk cermin ruang tamu Anda, mungkin bentuk bulat lingkaran ini bisa dipertimbangkan. Dengan cermin berbentuk bulat, akan membuat ruangan nampak modern.

Terutama ketika bingkai cermin ini berbentuk minimalis, tentu saja membuat cermin Anda terasa seperti terowongan menuju ruangan yang lain.. 

Meskipun pilihan tersebut dapat menambahkan sentuhan kontemporer ke ruang tamu, pilihan ini juga bekerja sangat baik ketika diimplementasikan pada ruang tamu bergaya Skandinavia. Apa pun gaya desain rumah Anda, cermin bundar sederhana bisa menjadi pilihan yang bagus.


3. Gunakan Cermin dengan Pigura Beraksen Emas

Via homesandgardens.com

Cermin berbingkai emas ini tidak hanya cocok diterapkan pada ruang tamu, namun di berbagai ruangan seperti kamar mandi, ruang makan, dan kamar tidur. 

Cermin dengan bingkai emas ini dapat dengan mudah dipadukan pada eleman ataupun furniture mewah lainnya ataupun yang sederhana sekalipun.

Ini akan bekerja dengan baik pada ruangan yang terang dan berwarna hangat. Cermin ini juga cocok dengan ruang tamu dengan cat dinding berwarna hitam atau putih sehingga akan nampak kontras.


4. Cermin Geometris Memberikan Nuansa Art yang Cantik dan Estetik




Tampilan ini dapat membuat ruang tamu kecil Anda sangat menarik. Cermin geometris ini dapat bekerja dengan baik di dalam ruang modern minimalis.

Cermin ini dapat menambahkan sentuhan unik pada ruangan. Bingkainya yang saling terhubung akan membuat dinding polos terlihat sangat menarik dan artistik.

Jika Anda memiliki cermin bulat dengan ukruan yang berbeda-beda, maka ini adalah cara yang bagus dan smart untuk mengatur dekorasi dinding ruang tamu yang sempit.


5. Cermin dengan Bingkai dari Stainless Steel



Cermin ruang tamu dengan bingkai dari stainless steel ini tentu akan menjadi titik fokus ketika para tamu duduk di kursi ruangan. Anda dapat menempatkannya secara horizontal ataupun vertikal. Anda dapat meletakkannya di atas sofa, atau pada dinding ruang tamu.

6. Gunakan Cermin Sunburst Untuk Menambah Keceriaan di Ruang Tamu Anda



Cermin sunburst merupakan pilihan populer untuk cermin ruang tamu karena tampilannya yang unik. Dengan tampilan yang cerah dan ceria, cermin ini dapat membuat penataan ruang tamu nampak elegan.

Anda dapat menempatkannya lebih dari satu cermin sunburst jika Anda suka mendekorasi dengan banyak cermin. Atau Anda dapat menggunakan satu saja, yang sangat bagus jika Anda membutuhkan ide cermin untuk ruang tamu kecil.


7. Pilih Cermin Kayu untuk Tampilan Pedesaan (Rustic)



Ruang tamu dengan gaya rustic sangat cocok jika diimplementasikan cermin berbingkai kayu dalam desainnya. Cermin kayu sangat cocok dengan palet warna netral kayu yang natural. 

Desain cermin di atas tidak terlalu sederhana, karena memiliki banyak warna dan pola segitiga yang unik. Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk membuat ruang tamu lebih menarik, ide ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda.

Baca juga: 20 Ide Ruang Tamu di Desa yang Sederhana, Namun Menarik 


8. Tambahkan Sentuhan Unik Dengan Cermin Quatrefoil



Bagi sebagian orang menganggap bahwa Quatrefoil merupakan simbol keberuntungan karena bentukya berupa semanggi berdaun empat. Dengan kehadiran cermin ini pada ruang tamu Anda, akan menjadikannya sebagai titik fokus.

Cermin ini dapat dikombinasikan dengan berbagai elemen lain, seperti wallpaper atau funitur.


9. Jadikan Ruang Tamu Anda Lebih Terang Dengan Cermin LED



Cermin LED bukanlah suatu yang umum, namun dapat menjadi pilihan yang bagus jika Anda ingin menambahkan cahaya. LED terang dan terlihat seperti cahaya alami, menjadikan cermin pilihan yang sempurna untuk ruang tamu yang redup.

Tampilannya akan sangat menonjol dengan sangat baik di dinding ruang tamu berwarna gelap, sehingga memberikan kontras yang luar biasa.


10. Pilih Cermin Kristal untuk Tampilan Mewah



Jika Anda ingin menambahkan sentuhan kemewahan ke ruang tamu Anda, cermin kristal ini bisa menjadi alternatif pilihannya. Bentuknya yang melingkar sederhana dengan aksen kristal membuat ruangan nampak elegan dan modern.


11. Cermin Heksagonal untuk Ruang Tamu



Umumnya cermin berbentuk persegi panjang atau lingkaran, tetapi ketika Anda mencari ide cermin ruang tamu, tidak terbatas pada kedua bentuk tersebut. Anda dapat menemukan di toko bentuk cermin heksagonal atau segi enam untuk menambahkan sentuhan modern pada ruang tamu, tanpa terlihat berlebihan.

Pilihlah ukuran yang sesuai sehingga akan nampak ideal dengan ruang tamu Anda.


Do and Don't Dalam Menempatkan Cermin di Ruang Tamu


Penasaran dengan bagaimana cara menempatkan cermin di ruang tamu? Berikut sejumlah tips do and don't ketika menggantung cermin di ruang tamu Anda.

  1. Letakkan pada area yang aman sehingga terlindung dari siapa pun yang mungkin secara tidak sengaja menyikutnya.
  2. Jika Anda ingin memaksimalkan kualitas pantulan cahaya cermin, letakkan pada tempat yang akan mengumpulkan dan memancarkan banyak cahaya alami, seperti di dekat jendela. 
  3. Jika Anda memiliki hiasan seperti lukisan, tanaman, atau yang lainnya yang sangat Anda sukai di satu dinding, maka menempatkan cermin di seberangnya bisa menjadi solusi sehingga Anda dan tamu yang datang dapat menikmatinya dari segala arah (dua tempat), di cermin dan tampilan aslinya.
  4. Hindari untuk menempatkan cermin yang berukuran besar dengan cara menyandarkannya pada dinding. Hal ini sangat beresiko jatuh dan pecah.

Nah itulah cara mendekorasi ruang tamu dengan cermin yang dapat membuat perbedaan besar pada tampilan ruang tamu. Keberadaan cermin pada dinding membuat ruang tamu Anda terasa dua kali lebih besar dan sekaligus ruangan akan tampak cerah, ceria, dan elegan. 

0 Response to "11 Ide Cermin untuk Ruang Tamu Sempit, Ini Do and Don't Saat Memasangnya!"

Post a Comment