20 Ide Ruang Tamu di Desa Sederhana dan Ukurannya

Ingin membuat tampilan ruang tamu terlihat lebih menarik tanpa menguras kantong? Konsep ruang tamu di desa sederhana bisa jadi pilihan tepat. Selain mudah diterapkan, konsep yang satu ini juga bisa memberikan kesan pertama yang tak terlupakan bagi setiap tamu yang berkunjung.

Mengadopsi tema pedesaan yang sederhana, Anda tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk membeli perabotan yang mahal. Cukup gunakan perabotan yang ada dan lakukan sedikit penyesuaian seperti cat ulang jika dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut.



Cara Dekorasi Ruang Tamu Sederhana

Meskipun mengusung konsep sederhana, ternyata menciptakan ruang tamu bernuansa pedesaan tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ruang tamu Anda terlihat semakin indah, antara lain:

1. Gunakan Furnitur Sederhana

Pilihlah perabot dengan potongan yang simpel agar ruangan tidak terlihat sesak. Pilih warna netral seperti putih atau warna gelap sehingga menambah nuansa pedesaan yang Anda usung.

2. Pilih Perabot Multifungsi

Terutama jika Anda mempunyai keterbatasan ruang, tidak ada salahnya menggunakan perabot multifungsi. Hanya dengan membeli satu perabot, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

3. Hias Dinding dengan Wallpaper

Wallpaper atau hiasan dinding tidak hanya digunakan untuk ruang tamu berkonsep modern. Anda juga bisa menggunakan wallpaper atau hiasan dinding untuk menguatkan nuansa pedesaan.

4. Berikan Ruang Kosong

Tidak seperti rumah-rumah perkotaan yang berukuran kecil, rumah pedesaan cenderung berukuran besar. Tapi jika Anda terkendala lahan, ada trik khusus untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu. Caranya adalah dengan menyisakan sedikit ruang kosong agar ruang tamu tidak terlihat sesak.

5. Tambahkan Cermin untuk Hiasan Ruang Tamu

Saat ini cermin tidak hanya digunakan sebagai media untuk berkaca, namun juga dapat digunakan sebagai perabot hiasan pada sebuah ruangan, tak terkecuali pada ruang tamu. Keberadaan cermin di ruang tamu akan membuat ruangan nampak luas dan bersih. 

Rekomendasi Ukuran Ruang Tamu


Memiliki rumah ideal tentunya menjadi impian semua orang, termasuk Anda. Selain desain yang sesuai keinginan, ukuran setiap ruangan juga menjadi patokan ideal atau tidaknya sebuah rumah. Lantas, berapa ukuran ideal sebuah ruang tamu?

Ruang tamu ideal biasanya berukuran 3 x 3 meter atau memiliki luas 9 meter persegi. Ukuran ini dianggap cukup nyaman untuk menerima tamu dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu, pemilik rumah juga bisa lebih leluasa dalam mengatur interior ruangan.

20 Inspirasi Ruang Tamu di Desa Sederhana


Penasaran dengan ide ruang tamu bernuansa pedesaan yang sederhana? Berikut ini 20 inspirasi ruang tamu yang mengusung konsep desa sederhana yang sayang untuk dilewatkan.

1. Nuansa Monokrom

Via donpedrobrooklyn.com

Nuansa monokrom mampu menciptakan kesan cantik dan sederhana. Ruang tamu ini didominasi oleh warna putih dengan perpaduan lantai kayu sehingga menghadirkan suasana yang hangat dan nyaman.

Meskipun di pedesaan, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan permadani pada ruang tamu Anda. Kombinasikan dengan sofa agar tuang tamu menjadi semakin nyaman.


2. Ruang Tamu Rumah Pedesaan Pesisir



Jika Anda berencana untuk mendirikan rumah yang letaknya di sekitaran pantai, maka buatlah jendela dan pintu yang didominasi kaca. Material ini akan memberikan pencahayaan alami pada ruang tamu pedesaan yang satu ini. Dengan ini Anda bisa lebih menghemat biaya listrik terutama saat siang hari.

Selain itu, dengan menambahkan kaca bisa jadi cara paling mudah untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas. Pilih kaca berbentuk bulat atau segi empat tanpa bingkai untuk menghadirkan kesan tak terbatas.


3. Hiasan Dinding Bernuansa Alami

Via thecottagemarket.com

Salah satu elemen yang tidak boleh Anda lewatkan di ruang tamu rumah pedesaan adalah hiasan dinding. Pilih lukisan atau wall art dengan nuansa alami untuk memperkuat kesan pedesaan yang diusung.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan wallsticker. Wallsticker merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghias ruang tamu sederhana. Kabar baiknya, ada banyak sekali pilihan stiker yang bisa Anda gunakan.

4. Taruh Tanaman dalam Pot yang berukuran Medium

Via town-n-country-living.com

Jangan ragu untuk membawa tanaman hidup ke dalam ruang tamu Anda. Cara ini justru efektif untuk memberikan kesan alami pada ruangan tamu di rumah pedesaan. 

5. Pilih Furniture Sederhana


Tidak perlu membeli perabot baru untuk ruang tamu Anda. Cukup gunakan perabot sederhana yang Anda miliki dan percantik dengan cat baru jika dibutuhkan.

6. Meja Tamu Kecil


Ruang tamu pedesaan tidak membutuhkan meja besar. Cukup gunakan meja kayu berukuran kecil untuk menghemat ruangan. Jangan lupa percantik ruangan dengan berbagai pajangan.

Furnitur kayu sangat erat dengan nuansa pedesaan. Alih-alih memilih furnitur dengan finishing pelitur, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada perabot tanpa finishing.

7. Lampu Gantung Bernuansa Country

Via town-n-country-living.com

Agar semakin memperkuat kesan sederhana di ruangan tamu, Anda bisa memasang lampu gantung bernuansa industrial atau country pada ruang tamu. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran lampu dengan ruang tamu.

Selain lampu gantung, Anda juga dapat mendekorasi pada bagian meja, yaitu misalnya dengan menambahkan vas bunga atau pernak-pernik. Sesuaikan ukuran hiasan dengan ukuran meja agar terlihat semakin estetik.


8. Sediakan Ruang Antar Perabot



Jika Anda memiliki ruang tamu yang cukup luas, pastikan untuk memberikan sedikit ruang antar furnitur. Cara ini cukup efektif untuk menciptakan kesan luas, nyaman, dan tidak sesak.

Ruangan tamu yang luas ini dapat Anda hiasi dengan lukisan sehingga akan menambah kesan homey. Tonjolkan jiwa seni Anda dengan memasang lukisan abstrak pada dinding ruang tamu. Atur tata letak hiasan dinding agar menjadi pusat perhatian tamu yang berkunjung.

9. Tirai Jendela Bernuansa Country

Via bigcommerce.com

Jika ruang tamu Anda memiliki jendela, tambahkan tirai kain bernuansa country untuk menambah suasana pedesaan. Pastikan untuk memilih motif kain yang sesuai.

10. Lantai Kayu Terlihat Hangat

Via Sprucepointinn.com

Lantai kayu bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki budget lebih. Selain terlihat alami, lantai ini juga membuat ruangan nampak hangat.

11. Dekorasi Ruang Tamu dengan Meja Kecil


Kehadiran meja kecil di samping sofa bisa jadi aksen menarik untuk ruang tamu Anda. Perhatikan bentuk dan desain meja agar senada dengan elemen lain di ruang tamu.


12. Ruang Tamu di Desa dengan Meja Rotan



Meja rotan bisa jadi pilihan tepat untuk menghiasi ruang tamu Anda. Pilih meja dengan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Jika tidak menemukan rotan yang asli, Anda bisa mencari furniture dari rotan sintesis sebagai penggantinya.

Baca juga: Perbedaan Rotan Asli Dan Sintetis

13. Dekorasi Ruang Bernuansa Pedesaan dengan Tirai Bambu

Via Pinterest


Selain estetik, tirai bambu juga berfungsi untuk mengatur pencahayaan di ruang tamu. Anda bisa mengkombinasikannya dengan tirai kain.

14. Pilihan Cat Tepat untuk Suasana Hangat Pedesaan

Via behr.ca

Jika Anda tidak ingin ribet, ganti cat ruang tamu dengan warna yang menggambarkan nuansa pedesaan. Selain mudah, cara ini juga hemat biaya.

Ada banyak sekali ide ruang tamu di desa sederhana yang bisa Anda gunakan. Yang mana ide favorit Anda?

0 Response to "20 Ide Ruang Tamu di Desa Sederhana dan Ukurannya"

Post a Comment