15 Inspirasi Ruang Tunggu Klinik yang Ndak Bikin Bosan Pengunjung

Salah satu bagian penting pada sebuah klinik adalah ruang tunggu. Di tempat ini pasien akan menunggu antrean sebelum melakukan pemeriksaan. Karena fungsinya yang sangat penting, wajar jika Anda perlu memperhatikan desain interior ruang tunggu klinik.

Selain mengutamakan kenyamanan pasien, ruangan ini juga harus mampu memberikan kesan yang menarik sehingga pengunjung tidak merasa bosan ketika sedang menunggu. Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi desain ruang tunggu demi menghadirkan tampilan maksimal, temukan 15 ide ruang tunggu dengan berbagai konsep di bawah ini.

Via Rendia.com


Cara Dekor Ruang Tunggu Klinik

Kendati terkesan simpel, mendesain ruang tunggu bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. Simak cara dekor ruang tunggu berikut ini.

1. Pilih Konsep

Sebelum memulai proses dekorasi, ada baiknya Anda memilih konsep yang ingin digunakan, misalnya gaya minimalis atau modern. Tahap ini sangat penting untuk membantu Anda selama proses dekorasi agar lebih mudah dalam menentukan pemilihan warna hingga furnitur yang tepat.

2. Buat Rancangan

Buatlah rancangan sebelum mulai menata ruangan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui dengan pasti furnitur apa saja yang dibutuhkan dan penempatan yang tepat.

3. Tentukan Furnitur

Beberapa furnitur yang sering digunakan pada ruang tunggu antara lain meja administrasi dan kursi tunggu. Anda bisa menambahkan furnitur lain seperti meja, rak penyimpanan, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

4. Perhatikan Ukuran

Sesuaikan ukuran ruang tunggu dengan kapasitas praktek dokter yang bersangkutan. Biasanya ukuran ruang tunggu pada klinik berkisar antara 10 – 20 meter persegi. Luas area klinik juga berpengaruh pada ukuran ruangan.

5. Gunakan Fasilitas Pendukung

Terkadang pasien merasa bosan ketika menunggu terlalu lama. Oleh karena itu, Anda bisa gunakan fasilitas pendukung seperti televisi, rak majalah, hingga tempat minum. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membuat ruangan khusus sebagai arena bermain untuk anak.

Baca juga: Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama, Berikut Cara Mengurus Izinnya

15 Inspirasi Ruang Tunggu Klinik


Penasaran dengan desain ruang tunggu yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman? Temukan 15 ide unik dan menarik untuk dekorasi ruang tunggu pada klinik di bawah ini.

1. Ruang Tunggu Bernuansa Ungu




Ruang tunggu yang satu ini memiliki nuansa ungu yang sangat kental. Terlihat kursi tunggu hingga meja resepsionis dan aksen dinding menyuguhkan warna ungu yang menawan. Ide dekorasi ruang tunggu ini cocok untuk klinik yang tidak terlalu luas.

2. Arena Bermain di Ruang Tunggu

Menunggu adalah kegiatan yang sangat membosankan, terutama bagi anak-anak. Dengan membuat arena khusus untuk bermain, orang tua tidak perlu khawatir jika harus menunggu giliran pemeriksaan yang lama.

3. Ruang Tunggu Minimalis



Mengusung konsep minimalis, ruang tunggu ini terlihat begitu sederhana dengan kursi tunggu dan poster kesehatan. Ide ini cocok untuk memudahkan mobilitas para pasien.

4. Tanaman untuk Mempercantik Interior

Via plantscapers.com


Tanaman indoor memberikan sentuhan hidup di dalam ruangan. Anda bisa meletakkan tanaman di sudut ruangan agar tidak mengganggu pasien yang datang dan pergi. Pastikan juga untuk memilih jenis tanaman yang tepat.

5. Ruang Tunggu Poli/Klinik Anak Lengkap dengan Tempat Bermain

Via arsiondociptakarya.com

Klinik dokter anak biasanya mempunyai ruang tunggu dengan dekorasi lucu dan unik sehingga anak-anak tidak merasa takut atau bosan. Anda bisa mendekorasi dinding ruangan dengan mural dan meletakkan berbagai jenis mainan untuk mengubah ruang tunggu menjadi arena bermain.

6. Ruang Tunggu dengan Desain Modern




Nuansa modern selalu cocok untuk diadopsi di manapun, termasuk ruang tunggu. Didominasi oleh warna putih, ruangan ini memberikan kesan bersih dan modern sehingga setiap pengunjung pasti betah berlama-lama di tempat ini.

7. Ruang Tunggu Klinik Kecantikan dilengkapi Meja Minimalis




Biasanya ruang tunggu tidak dilengkapi dengan meja. Namun Anda bisa menggunakan meja dengan desain unik untuk mempermudah pengunjung saat ingin meletakkan barang atau mengerjakan sesuatu. Yang terpenting, kehadiran meja bisa memberikan aksen manis pada ruangan.

8. Ruang Tunggu dengan Sofa




Bosan dengan kursi tunggu yang biasa? Anda bisa menempatkan sofa tanpa sandaran demi memastikan kenyamanan pasien. Dan yang tak kalah penting, sofa ini juga bisa mempercantik tampilan ruang tunggu Anda.

9. Ruang Tunggu Koridor




Meskipun klinik berukuran kecil, Anda tetap bisa menciptakan suasana ruang tunggu yang nyaman dan eye-catching. Gunakan sofa yang nyaman sebagai tempat duduk bagi calon pasien dan tambahkan beberapa fasilitas seperti air minum serta majalah.

10. Ruang Tunggu Kombinasi


Via posercontent.com 

Ruangan ini didesain dengan menggabungkan arena bermain dan ruang tunggu orang dewasa. Sambil menunggu antrean pemeriksaan, anak-anak bisa tetap aktif bermain sehingga tidak merasa bosan. Inspirasi ruangan ini cocok untuk klinik tumbuh kembang anak.

11. Ruang Tunggu Gaya Rustic




Mengusung gaya rustic, ruang tunggu ini menonjolkan kesan hangat dengan dinding kayu yang cukup luas. Dengan pencahayaan serta pemilihan warna furnitur yang tepat, bukan tidak mungkin pengunjung justru tidak mau beranjak dari ruangan yang satu ini.

Baca juga: Sistem Tata Pencahayaan Dalam Interior Yang Bagus

12. Ruang Tunggu Klinik Bergaya Kontemporer




Ruang tunggu bernuansa kontemporer ini bisa jadi spot Instagrammable bagi para pengunjung. Anda bisa menempatkan beberapa stools dan sofa sebagai tempat duduk yang nyaman. Tambahkan stiker dinding untuk menambah kesan manis pada keseluruhan ruangan.

13. Ruang Tunggu Sederhana




Klinik yang tidak terlalu besar dengan kapasitas pasien tidak terlalu banyak bisa menggunakan ide ruang tunggu yang satu ini. Kendari memiliki desain sederhana dengan tempat duduk terbatas, pasien tetap bisa merasa nyaman saat menunggu antrean pemeriksaan di ruangan ini.

14. Desain Ruang Tunggu Klinik Gaya Natural

Via drnina.ca

Ruang tunggu dengan gaya naturalis ini bisa jadi referensi bagi Anda dengan kapasitas ruangan terbatas. Dengan menempatkan beberapa kursi tunggu, tanaman indoor, dan hiasan dinding, Anda sudah bisa menciptakan ruang tunggu yang nyaman bagi setiap pengunjung.

15. Ruang Tunggu Lantai Kayu

Via careinnovations.org

Bagi Anda yang memiliki budget lebih, tidak ada salahnya merenovasi ruang tunggu dengan lantai kayu. Jenis lantai ini mampu memberikan kesan hangat pada ruangan. Tidak hanya itu, lantai kayu juga mampu mempercantik tampilan interior secara keseluruhan.

Ruang tunggu klinik mana yang jadi favorit Anda? Dengan begitu banyak ide yang bisa ditemukan, kini Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan desain ruang tunggu yang paling sesuai dengan klinik Anda.

0 Response to "15 Inspirasi Ruang Tunggu Klinik yang Ndak Bikin Bosan Pengunjung"

Post a Comment