Apa itu Lead Rubber Bearing? Ini Fungsi, Jenis, Harga, dan Contoh Proyek

Dalam pembuatan jembatan, ada sebuah bagian jembatan yang dinamakan bridge bearing. Bride bearing juga sering disebut bantalan jembatan, bagian ini sangat penting untuk menunjang jembatan secara keseluruhan. 

Bridge bearing ini umumnya terbuat dari bahan karet dengan kualitas tinggi sehingga bisa menampung beban yang sangat berat. Elastomer atau bantalan jembatan mempunyai beberapa jenis.

Setiap jenis mempunyai karakteristik tersendiri yang digunakan pada kondisi tertentu. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang salah satu jenis elastomer jembatan yaitu Lead Rubber Bearing (LRB).



Pengertian Lead Rubber Bearing


Lead Rubber Bearing atau yang sering disebut LRB adalah base isolator anti gempa yang banyak digunakan untuk mereduksi gempa pada bangunan dan jembatan. LRB terdiri atas beberapa lapis karet sintetik atau alami yang memiliki nisbah redaman kritis antara 2 sampai 5. 

Fungsi dari lapisan tersebut adalah untuk menahan goncangan dalam skala yang besar. LRB ini bisa mencegah rusaknya jembatan ketika terjadi bencana seperti gempa, banjir, ataupun gelombang pasang. 

Ketika terjadi gempa, LRB menyebarkan getaran gempa sehingga membuat bangunan menjadi lebih tahan terhadap getaran. Hal ini bisa menjadi pedoman dalam membuat desain struktur bawah yang lebih murah.

Lead Rubber Bearing (LRB) juga sering disebut dengan nama Base Isolation Bearing, jenis elastomer yang satu ini sangat sesuai untuk struktur bangunan seismic building atau anti gempa.

Baca juga: Pengertian Abutmen Jembatan dan Beragam Jenisnya

Fungsi Lead Rubber Bearing

Fungsi dari bantalan jembatan seperti LRB adalah untuk menyalurkan beban bangunan bagian atas ke bagian bangunan bagian bawah. Dengan cara ini, beban bisa disalurkan dari bagian atas jembatan ke bagian bawah saat dilewati oleh kendaraan. 

Lead Rubber Bearing (LRB) mempunyai fungsi yang sangat signifikan pada sebuah bangunan maupun jembatan. Berikut ini adalah beberapa fungsi LRB:

  1. LRB bisa meningkatkan ketahanan bangunan dalam menerima gempa. LRB bisa memberikan redaman terhadap gempa yang membuat periode getaran lebih panjang dan menurunkan respon. Demikian juga deformasinya pada jembatan baru dan juga jembatan eksisting.
  2. Mengganti bearing menggunakan LRB pada jembatan yang sudah ada lebih mudah dan bisa dilakukan. Selain itu sudah ada cukup banyak produk LRB dalam negeri yang bisa Anda gunakan.
  3. Bisa membuat bangunan ataupun jembatan menjadi lebih tahan lama terhadap berbagai bencana seperti gempa, banjir, dan gelombang pasang.
  4. Bisa mengembalikan posisi semula setelah terjadinya gempa, tidak perlu melakukan pemeliharaan atau perbaikan tambahan.
  5. Dengan memakai deformasi plastik dari timbal, LRB bisa menyerap dan menyebarkan energi gempa.

Jenis Lead Rubber Bearing (LRB)

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa LRB atau Lead Rubber Bearing adalah salah satu jenis elastomer atau bantalan jembatan. Selain LRB ada juga beberapa elastomer lain yang mempunyai fungsi serta kegunaan masing-masing. 

Berikut ini adalah jenis elastomer jembatan selain LRB:

1. Laminated Elastomeric Bridge Bearing




Elastomer jembatan yang satu ini terdiri atas beberapa lapis karet yang dipisah dengan pelat baja. Bridge bearing jenis ini biasanya berbentuk bantalan yang bisa menampung gerakan deformasi geser ataupun rotasi.

Bantalan jembatan ini bisa digunakan untuk mengatasi kontruksi yang sering mendapatkan banyak gerakan rotasi kecil, transversal, dan longitudinal. Selain itu, laminated elastomeric bridge bearing juga bisa memunculkan isolasi getaran.

Laminated bearing adalah salah satu jenis bantalan jembatan yang mudah dipasang, bantalan ini memakai karet Neoprene pols yang memiliki kemampuan memindahkan beban ke sub struktur jembatan dengan mulus dan merata. 

Selain itu, jenis bantalan ini juga bisa menerima rotasi dari jembatan. Oleh karena itulah bantalan jenis ini bisa mengatasi gerakan lateral dan longitudinal karena kondisi termal.

2. Pot Bearing


Jenis elastomer yang berikutnya adalah pot bearing. Pot bearing cocok untuk jembatan yang tidak memiliki ruang besar untuk elastomer. Pot bearing memiliki kinerja yang bagus untuk jembatan dengan tipe miring atau melengkung dan memerlukan kontrol arah yang tinggi.

Pot Bearing dibuat untuk menerima beban vertikal besar dengan menerapkan sistem piston. Ada dua jenis pot bearing, yaitu yang pertama adalah pot bearing yang menggunakan stainless steel sebagai sub komponennya sehingga menghasilkan pergeseran yang besar, yang kedua adalah gaya sliding komponen sliding plate dengan teflon.  

Nah itulah tadi dua jenis bridge bearing atau bantalan karet selain LRB yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Semua bridge bearing mempunyai fungsinya masing-masing, jadi Anda tidak boleh asal dalam memilih bantalan jembatan. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bangunan.

Baca juga: Apa itu Oprit Jembatan? Ini Fungsi dan Struktur Pendukung Pada Oprit Jembatan

Contoh Proyek LRB 

Teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) sudah diterapkan pada beberapa jembatan yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jembatan yang menggunakan LRB:

  1. Proyek Jalan Tol Layang Ujung Pandang 
  2. Proyek Jalan Tol Layang Ir. Wiyoto Wiyono
  3. Proyek Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated
  4. Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road
  5. Proyek Jalan Tol Trans Jawa
  6. Proyek LRT Jabodetabek


Harga Lead Rubber Bearing (LRB)

Untuk harganya sendiri, Lead Rubber Bearing (LRB) mempunyai harga yang cukup mahal mengingat fungsinya yang sangat luar biasa dan vital dalam sebuah bangunan dan jembatan. Anda bisa cek harga LRB di toko online Alibaba harganya ada yang mulai dari $200-$800, ada juga yang lebih mahal tergantung kualitas dari LRB nya.

Untuk di Indonesia sendiri, kami sudah mencari tahu namun belum menemukan harga yang pasti. Kebanyakan tidak mencantumkan harga dari LRB, jika Anda benar-benar berminat Anda bisa menanyakan langsung lewat kontak yang tertera. 

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan tentang Lead Rubber Bearing (LRB). Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda menambah pengetahuan tentang LRB.

0 Response to "Apa itu Lead Rubber Bearing? Ini Fungsi, Jenis, Harga, dan Contoh Proyek"

Post a Comment