Ukuran Lapangan Futsal: Ini Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman dan semakin sempitnya lahan kosong, permainan sepak bola telah dimodifikasi sedemikian rupa, salah satunya dalam bentuk permainan pertandingan futsal. 

Mungkin, hampir semua yang sedang membaca di sini sudah tahu perbedaan yang paling mencolok antara futsal dengan sepak bola, yaitu futsal memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan sepak bola

Lalu, apa saja sih perbedaan lainnya antara sepak bola dan futsal? Dan berapa ukuran lapangan futsal sesuai standar nasional dan internasional? Baca selengkapnya pada penjelasan berikut untuk lebih detailnya.



Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Pertandingan futsal hampir mirip dengan permainan sepakbola, yaitu para pemain mengandalkan kaki dalam pertandingannya, tetapi untuk penjaga gawang tidak boleh menggunakan tangan untuk menggagalkan terciptanya gol. Yang membedakan dalam kedua permainan ini ialah ukuran lapangan, jumlah pemain, dan aturan dalam permainannya (termasuk lama permainan dan spesifikasi bola yang digunakan). Berikut ini selengkapnya mengenai perbedaan pertandingan sepak bola dan futsal, tersedia di dalam tabel:

Sepakbola

Futsal

Pemain utama: 11, salah satunya kiper

Pemain utama: 5

Pemain cadangan: 5-6 orang

Pemain cadangan: 7 orang

Penggantian: 3

Penggantian: tidak ada batasan

Lemparan ke dalam (throw-in)

Tendangan ke dalam (kick-in)

Durasi: 2 x 45 menit

Durasi: 2 x 20 menit

Ada off side

Tidak ada off side

Goal kick pakai tendangan

Goal clearance dengan Lemparan

Kartu merah, tidak diganti

Bisa diganti, setelah 2 menit

Eksekusi tunggu peluit

Eksekusi maksimal 4 detik

Sepatu harus berpul

Menggunakan sepatu yang rata (tidak berpul) dan lunak.

Terdiri 1 wasit, wasit utama yang berada di dalam lapangan dan 2 asisten wasit yang masing-masing berada di dua sisi panjang lapangan

Terdiri dari 2 wasit, yaitu sebagai wasit utama dan wasit kedua. Keduanya berada di sisi panjang lapangan. Ada juga pencatat foul dan seorang pencatat waktu.


Bagi pecinta sepak bola yang dikarenakan kondisi fisiknya yang mulai menurun atau tidak tersedianya lapangan besar untuk bermain sepak bola dengan lokasi yang dekat, maka olahraga futsal bisa menjadi alternatif bagi para pecinta sepak bola untuk tetap melakukan olahraga. Karena, biasanya banyak tersedia lapangan futsal yang bisa disewa untuk bermain futsal secara bersama-sama.


Ukuran Lapangan Futsal dan Sarana Prasarana Perlengkapannya


Jika kamu ingin membuat lapangan futsal atau menjadi panitia penyelenggara pertandingan futsal, maka berikut ini adalah ukuran lapangan dan sarana prasarana yang harus kamu ketahui dalam melengkapi permainan futsal: 


1. Lapangan




Lapangan futsal harus berbentuk persegi panjang. Dengan ukuran lapangan yaitu, panjang 25-42 meter, lebar 15-25 meter, kamu sudah bisa membuat lapangan futsal.

Sementara itu ukuran lapangan futsal yang berstandar internasional (dalam hal ini FIFA) adalah memiliki panjang 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.

Lingkaran tengah memiliki diameter 6 meter.

Jarak titik pinalti dengan garis gawang adalah 6 meter dan area tersebut disebut daerah penalty dengan bentuk seperempat lingkaran yang digabungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 meter, yang sejajar dengan gawang. 

Permukaan lantai lapangan futsal harus rata, bersih, dan tidak licin. Permukaan lapangan futsal bisa terbuat dari kayu atau bahan buatan yang lain, kecuali bahan dari beton.



2. Gawang

Penempatan gawang harus berada di tengah garis gawang pada kedua sisi garis gawang. Gawang futsal seperti halnya gawang sepak bola sama-sama memiliki dua tiang gawang yang dihubungkan dengan mistar gawang secara horizontal (cross bar).

Gawang futsal memiliki ukuran lebar 3 meter dengan tingginya adalah 2 meter. Lebar tiang gawang dan palangnya adalah 8 cm, serta diberi jaring (net) yang terbuat dari bahan yang halus dan lembut, seperti rami atau nilon.

Dalam permainan futsal, gawang harus didesain kuat dengan stabilitas yang baik sehingga dapat mencegah bergeser atau terbaliknya gawang. 

Sementara itu untuk pewarnaan gawang, sebaiknya tidak sama dengan permukaan lantai lapangan, hal ini untuk memudahkan pemain agar dapat melihat dengan jelas target yang akan dituju.

3. Bola

Berikut ini adalah spesifikasi bola yang digunakan dalam permainan futsal, yaitu:
  • Berbentuk bulat;
  • Terbuat dari kulit atau bahan serupa;
  • Keliling 62-64 cm dengan berat 400-440 gram; dan
  • Memiliki tekanan udara 0,4-0,6 atmosfer (400-600 gram/cm).

Jika kondisi bola rusak atau pecah saat berlangsungnya pertandingan, maka akan dihentikan sementara. Dan untuk memulainya, bisa diawali dengan menjatuhkan bola di posisi dimana bola mengalami kerusakan sebelumnya.

5 Perlengkapan Pemain

Perlengkapan pemain dasar dalam pertandingan futsal yang harus dipenuhi adalah :

  • Seragam futsal atau kostum beserta celana pendek
  • Kaos kaki panjang
  • Pelindung kaki atau tulang kering (shinguards)
  • Sepatu terbuat dari bahan kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet.


Jumlah Pemain dan Lama Permainan Pertandingan Futsal


Selain ukuran lapangan futsal, FIFA juga menetapkan peraturan mengenai jumlah pemain dan lama permainan pertandingan futsal, yaitu sebagai berikut:


1. Jumlah pemain (per regu)
  • Jumlah maksimal pemain futsal per regunya adalah 5 pemain dengan salah satunya adalah penjaga gawang.
  • Jumlah pemain cadangan maksimal 7 orang.
  • Jumlah wasit 2 orang.
  • Batas pergantian pemain : tidak terbatas.
  • Metode pergantian : dengan persetujuan wasit pergantian semua pemain boleh kapan saja, kecuali kiper atau penjaga gawang boleh diganti ketika bola tidak sedang dimainkan.

2. Lama permainan
  • Lama normal 2 x 20 menit.
  • Lama istirahat 10 menit
  • Lama perpanjangan waktu 2 x 10 menit
  • Adu penalty dilaksanakan apabila kedua tim memiliki jumlah gol yang sama sedangkan perpanjangan waktu sudah selesai.
  • Waktu pergantian babak maksimal 10 menit



Itulah ulasan mengenai ukuran lapangan futsal dan prasarananya. Federasi Futsal Indonesia sebagai induk organisasi hendaknya bertanggung jawab dalam perkembangan olahraga futsal ini terutama dalam hal sarana dan prasarana yang sebaiknya langsung diawasi supaya tidak asal-asalan dalam membangun sarana-prasarananya.

0 Response to "Ukuran Lapangan Futsal: Ini Perbedaan Sepak Bola dan Futsal"

Post a Comment