Inilah Ukuran Lapangan Takraw dan Perlengkapan dalam Bertanding

Sepak takraw merupakan sebuah kompetisi olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang, baik di tempat tertutup (indoor) maupun terbuka (outdoor) dengan ukuran tertentu yang sudah distandarkan. 


Apa itu Sepak Takraw?


Sepaktakraw adalah sebuah pertandingan olahraga yang dilakukan di lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 13,40 m x 6,10 m dan dibagi menjadi dua sama besar oleh net atau garis tengah lapangan sehingga kedua tim bisa saling berhadapan dalam bertanding dengan tujuan utama yaitu untuk mengembalikan bola ke lapangan lawan. 


Ukuran Lapangan Sepak Takraw dan Perlengkapannya

Sepaktakraw ini bisa dikatakan sebagai jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli yang dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis serta pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. 

Berikut ini adalah ukuran lapangan dan perlengkapan dalam bermain sepak takraw:


1. Ukuran Lapangan Takraw

Adapun ukuran lapangan sepak takraw sesuai standar nasional maupun internasional adalah sebagai berikut seperti tertera dalam gambar:



a. Luas lapangan

Luas lapangan sepak takraw adalah 13,40 meter x 6,10 meter yang dibagi dua sama besar oleh garis tengah (centre line) lapangan yang ukuran lebar garisnya 2 cm.

Apabila dimainkan di dalam gedung, maka tinggi loteng (roof) minimal 8 meter dari lantai. Lantai lapangan sepak takraw yang dibangun di sebuah hall sebaiknya terbuat dari kayu yang memiliki kelenturan. Namun, apabila lapangan berada di luar gedung sebaiknya lapangan berupa tanah, bukan rumput/ pasir.

b. Garis pinggir lapangan (lines)

Untuk garis pinggir lapangan yang berada di outdoor dengan permukaan berupa tanah dapat ditandai dengan kapur. Sementara itu lapangan indoor, lines-nya dapat ditandai dengan cat atau lakban dengan lebarnya 4 cm diukur dari dalam lapangan, artinya bahwa garis 4 cm tersebut berada dalam lapangan sehingga apabila bola menyentuh garis maka dinyatakan masuk (gol). 

c. Garis tengah 

Pada kedua sisi garis tengah lapangan, dibuat setengah lingkaran dengan jari-jarinya 91 cm, sehingga akan membentuk 2 buah ¼ lingkaran pada masing-masing sisi garis tepi lapangan yang tegak lurus dengan garis tengah.

d. Lingkaran tempat servis

Daerah servis bola dibuat lingkaran dengan jari-jari 30 cm, ditempatkan pada kedua bagian lapangan. Jarak titik tengah lingkaran servis dengan garis belakang (base-line) adalah 2,45 m, 4,25 meter dari garis tengah lapangan (centre-line), dan 3,05 meter dari garis tepi (side-line).

e. Kedudukan tiang net

Adapun tiang net harus ditempatkan minimal 30 cm dari garis tepi (side line) lapangan, tepatnya di garis tepi pada ujung pangkal garis tengah lapangan.

f. Area bebas

Dalam pertandingan nasional dan internasional, lapangan pertandingan sepak takraw harus memiliki daerah bebas sehingga tidak mengganggu jalannya permainan, yaitu minimal sejauh 3 meter dari batas lapangan kearah luar. 


2. Perlengkapan Permainan Sepak Takraw

Selain lapangan takraw dan ukurannya, untuk melakukan pertandingan sepak takraw juga diperlukan perlengkapan lapangan. Perlengkapan bermain sepak takraw meliputi:

a. Net / Jaring


Net untuk pertandingan sepak takraw terbuat dari nilon atau jenis benang yang kuat, dengan ukuran mata jaring (lubang jaring) adalah 6 - 8 cm. Adapun panjang net adalah 6,1 m, dan lebarnya 70 cm. 

b. Tiang Net / Tiang Jaring

Tiang net sepak takraw terbuat dari besi dengan diameternya 4 cm dan tingginya 155 cm. Dalam pertandingan resmi level nasional ataupun internasional, berikut ini detail tinggi net sepak takraw:

  • Untuk putra, tinggi tiang net di tepi adalah 155 cm dan pada bagian tengahnya adalah 152 cm.
  • Untuk putri, tinggi tiang net di tepi adalah 145 cm dan pada bagian tengahnya adalah 142 cm.


c. Bola Takraw

Awal mula bola sepak takraw terbuat dari rotan, namun dengan seiring perkembangan teknologi saat ini banyak digunakan bola takraw yang terbuat dari plastik (synthetic fibre) atau rotan sintetis

Bola takraw terdiri dari 12 lubang, 20 titik persimpangan, dengan 9 - 11 anyaman. Adapun ukuran bola takraw sesuai standar nasional ataupun internasional adalah sebagai berikut:



  • Ukuran lingkaran bola takraw untuk putra adalah 42 - 44 cm; sementara itu untuk putri adalah 43 - 45 cm.
  • Berat bola takraw untuk putra adalah 170 - 180 gram; sementara itu untuk putri adalah 150 -160 gram.

Rekomendasi merek terbaik yang digunakan digunakan secara resmi dalam pertandingan nasional maupun internasional, yaitu bola takraw merek “Marathon” made in Thailand dan “Gajah Emas” made in Malaysia.

d. Pemain

Sepak takraw dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim memiliki 3 (tiga) orang pemain. Adapaun pemain cadangan terdiri dari satu pemain cadangan di setiap timnya. 

Satu dari tiga pemain diposisi belakang disebut back atau “Tekong” yang juga bertugas sebagai penyepak bola takraw dipermulaan permainan.  

Sementara itu dua pemain yang berdiri di depan pada sebelah kiri tekong dinamakan pemain “Apit kiri” dan yang berdiri di depan pada sebelah kanan tekong dinamakan pemain “Apit kanan”

e. Perlengkapan Pemain

Dalam permainan sepak takraw level nasional maupun internasional, pemain harus menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Baju T-shirt (lengan panjang ataupun lengan pendek) dan celana pendek olahraga elastis.
  • Sepatu karet (cats) yang berpole, namun tidak terlalu tinggi. Pemain harus memakai kaos kaki.
f. Bangku Tempat Duduk Wasit

Dalam kompetisi nasional maupun internasional, setiap pertandingan sepak takraw dipimpin oleh dua orang wasit, yaitu wasit I dan wasit II. Wasit-wasit ini dibantu 6 orang hakim garis (lines-man). 

Ketika pertandingan, wasit I duduk di atas kursi yang tingginya 1,5 m atau kira-kira setinggi net. Dan wasit II duduk di kursi yang lebih rendah ukurannya. Sedangkan hakim garis (lines-man) duduk di kursi bias untuk memudahkan pengawasan bola takraw dan garis pada lapangan.


Itulah ulasan mengenai ukuran lapangan sepak takraw dan perlengkapannya. Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PERSERASI) sebagai induk organisasi hendaknya bertanggung jawab dalam perkembangan olahraga takraw ini terutama dalam hal sarana dan prasarana yang sebaiknya langsung diawasi supaya tidak asal-asalan dalam membangun lapangan berikut dengan perlengkapannya yang ada di pasaran.

0 Response to "Inilah Ukuran Lapangan Takraw dan Perlengkapan dalam Bertanding"

Post a Comment